Lengkapi Vitamin Ibu Hamil Ini Agar Janin Kuat dan Sehat

Wanita pada saat-saat tertentu membutuhkan asupan lebih bagi dirinya. Seperti saat hamil, banyak zat-zat yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil dengan vitamin ibu hamil. Zat-zat tersebut tentu saja sangat berperan dalam kestabilan dan keberlangsungan kehamilan yang sehat. Kehamilan yang sehat akan berefek baik untuk calon ibu dan janin yang sedang dikandung. 

Kekurangan zat-zat dan nutrisi tentu dalam masa kehamilan dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan. Dalam artikel ini akan dibahas apa saja manfaat vitamin untuk ibu hamil. Kemudian nutrisi apa yang dibutuhkan oleh ibu hamil. Lalu hal-hal apa yang mungkin terjadi bila ibu hamil kekurangan nutrisi atau zat-zat tertentu. 

Ibu hamil memang seharusnya mengetahui nutrisi apa yang paling dibutuhkan olehnya demi kesehatan janin yang dikandung. Juga tentu saja agar tetap bugar kondisi sang calon ibu. Pengetahuan tentang ini tidak sulit didapatkan kok. Diinternet banyak bertebaran info-info penting untuk tentang vitamin ibu hamil. 

Agar tidak tersesat carilah info di situs-situs yang memang terpercaya. Situs yang memang membahas tentang kesehatan. Atau situs khusus perempuan. Situs-situs yang banyak membahas tentang parenting atau kebidanan. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat apa sebenarnya manfaat vitamin ibu hamil. 

Manfaat Vitamin Ibu Hamil

Mencegah cacat bayi saat dilahirkan

Tentu tak ada orang tua yang menginginkan anaknya lahir dalam kondisi tidak sempurna namun hal itu mungkin terjadi bila sang ibu dan jabang bayi kekurangan vitamin saat hamil.

Membantu menyeimbangkan nutrisi yang dibutuhkan

Kondisi hormon kehamilan membuat ibu hamil seringkali mengalami gangguan pada pola serta selera makan. Bahkan aroma makanan yang paling disukai saat sebelum hamil bisa jadi menjadi aroma yang tidak disukai saat hamil. Itulah sebabnya tidak jarang nutrisi yang dibutuhkan oleh janin menjadi kurang seimbang, karenanya vitamin dibutuhkan untuk kondisi khusus seperti ini.

Membangun tulang yang kokoh baik untuk ibu maupun bayi

Perkembangan tulang di kemudian hari saat tergantung kecukupan nutrisi saat seseorang masih di dalam kandungan. Makanya ibu hamil wajib tahu makan apa yang baik untuk kesehatan tulang. 

Meningkatkan kecerdasan bayi

Seperti halnya tulang, perkembangan otak seseorang amat sangat ditentukan saat ia masih berada dalam kandungan. Nutrisi yang baik serta makanan bergizi tinggi membantu mengatasi masalah yang terjadi akibat kekurangan nutrisi tertentu 

Mengurangi komplikasi kehamilan

Komplikasi pada kehamilan bisa disebabkan oleh stres saat hamil. Selain itu permasalahan ketidakseimbangan gizi saat kehamilan dapat menggangu proses tumbuh kembang janin di dalam kandungan karena itu gizi yang seimbang harus dipastikan terpenuhi.

Menyehatkan ibu hamil

Selain untuk kesehatan janin, vitamin-vitamin serta mineral-mineral yang baik serta bervariasi dan meningkatkan kekuatan ibu hamil dalam menjalani proses kehamilan dengan kebahagiaan dan dalam kondisi yang sehat. Sehatnya ibu hamil tentu akan berdampak baik bagi kesehatan janin yang dikandung.

Kandungan vitamin ibu hamil

Biasanya vitamin ibu hamil terdapat vitamin tersebut di bawah. 

  • DHA untuk perkembangan otak janin dan sistem saraf yang baik. DHA merupakan asam lemak omega-3 dan fungsinya sangat vital dalam kehamilan. Dha banyak terkandung di dalam ikan. Pilihlah ikan yang bebas dari merkuri agar gangguan janin dapat dihindari.
  • Folat atau vitamin B9 membantu tubuh  meningkatkan fungsi otak serta membangun struktur DNA. Selain itu perannya juga membantu pertumbuhan sel secara normal.
  • Zat besi dibutuhkan untuk membangun sel darah merah. Kebutuhan zat besi mengalami peningkatan saat kehamilan karenanya dibutuhkan zat besi tambahan.
  • Kalsium sangat penting dalam membangun tulang serta kesehatan hormon, saraf, serta menguatkan otot saat kontraksi. Makanan yang tinggi kalsiumnya adalah produk susu, keju, dan ikan dengan tulang.

Bila mengalami masalah tidak enak makan karena gangguan hormon saat kehamilan sehingga sulit mengkonsumsi makanan sehat, maka vitamin ibu hamil bisa menjadi solusi yang dapat menyelamatkan kesehatan ibu hamil dan janinnya. Namun bila tidak mengalami masalah dan bisa mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan, para ahli bidang kesehatan kandungan pun mengatakan bahwa tanpa mengkonsumsi vitamin pun tidak masalah.

Jadi sebenarnya vitamin ibu hamil bukanlah kewajiban. Meskipun memang sangat baik mengkonsumsi agar lebih terjaga kesehatan ibu dan bayinya. Tidak perlu khawatir juga bila hanya mengkonsumsi vitamin yang murah karena keterbatasan biaya. Sebenarnya kandungan yang ada juga nutrisi utamanya sama. Jadi mahal murahnya bukan penentu bahwa kandungan yang terdapat dalam vitamin itu lebih baik dari yang lainnya. 

Itulah manfaat vitamin ibu hamil, kandung vitamin yang dibutuhkan oleh ibu hamil, serta apa akibatnya bila kekurangan vitamin ibu hamil. Dengan informasi-informasi tersebut di atas diharapkan agar ibu hamil atau calon ibu mendapatkan informasi kesehatan tentang vitamin ibu hamil.

Tentu saja artikel ini tidak bisa dijadikan acuan utama untuk kebutuhan asupan nutrisi pada ibu hamil. Untuk penjelasan lebih lanjut dan informasi yang lebih akurat pastikan ibu hamil berkonsultasi mengunjungi dokter kandungan atau bidan yang kompeten di bidangnya. Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.