Rekomendasi Vitamin dan Mineral Ibu Hamil yang Bagus, Apa Saja?

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Bagi ibu yang sedang hamil tentunya membutuhkan beberapa rekomendasi vitamin ibu hamil yang bagus. Tidak cuma bumil yang harus tahu, tapi bapak-bapak juga harus memperhatikan. Agar perkembangan janin yang ada dalam perut ibunya sehat. Hal ini berkaitan langsung dengan vitamin yang dikonsumsi sama sang ibu.

Ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi vitamin karena mempengaruhi kesehatan janin dalam perut. Bayi yang ada dalam kandungan masih sangat sensitif dengan berbagai macam obat atau vitamin yang mungkin mengandung zat berbahaya untuknya.

vitamin ibu hamil yang bagus
Bagi ibu yang sedang hamil tentunya membutuhkan beberapa rekomendasi vitamin ibu hamil yang bagus. Simak penjelasan selengkapnya disini.

Ibu hamil juga disarankan untuk tetap olahraga ringan, seperti jalan kaki keliling kompleks setelah subuh. Semua itu dilakukan untuk bumil dan juga menjaga janin agar tetap sehat dan aktif. Selain itu, pola makan juga sangat berpengaruh. Makan makanan yang banyak vitaminnya supaya bayi dapat tumbuh dengan baik di dalam kandungan ibunya. 

4 Macam Vitamin Ibu Hamil Yang Bagus

1. Asam folat

Salah satu vitamin ibu hamil yang bagus dan dibutuhkan para bumil yaitu asam folat. Asam folat ini fungsinya bisa mencegah neural tube defect (NTD). NTD adalah cacat pada sistem syaraf bayi yang terjadi di awal masa kehamilan. Untuk mencegah NTD, sang ibu bisa mengonsumsi vitamin yang mengandung asam folat. 

Asam folat termasuk vitamin yang mudah ditemukan dan dicari. Dalam buah-buahan seperti jeruk, lemon, bali, alpukat, pepaya, melon, pisang. 

2. Vitamin D

Vitamin D juga penting untuk tumbuh kembangnya bayi. Fungsi vitamin D ini untuk menunjang kesehatan tulang dan gigi bayi. Kalau sampai kekurangan vitamin D efeknya akan berdampak pada bayi. Pertumbuhan tulangnya bisa tidak maksimal hingga menyebabkan cacat. Vitamin ibu hamil yang bagus ini bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi ikan salmon, ikan sarden, daging dan telur. 

Selain dengan mengonsumsi makanan tersebut, Anda bisa juga berkonsultasi dengan dokter seberapa banyak vitamin D yang dibutuhkan saat kehamilan. Pasti dari dokter akan ada pengarahan untuk mengonsumsi vitamin D, atau bahkan diberi resep. 

3. Kalsium

Kalsium juga tidak kalah penting buat pertumbuhan janin. Kalsium yang dibutuhkan bumil adalah sekitar 1000-an miligram setiap hari. Manfaat kalsium ini untuk pertumbuhan tulang bayi. Agar tulangnya tumbuh dengan sempurna maka asupan kalsium yang diterimanya juga harus cukup. Kalsium dapat ditemukan di makanan seperti tahu, tempe, yogurt, kacang-kacangan, susu, sayuran hijau. 

4. Zat besi

Yang terakhir, vitamin yang dibutuhkan ibu hamil adalah zat besi. Fungsi zat besi adalah untuk membentuk sel-sel darah merah. Sedangkan oksigen yang mengalir ke seluruh tubuh di bawah oleh sel darah merah. Efek dari kekurangan zat besi adalah mengalami kelelahan dan anemia. Cepet letih, pusing dan pucat juga sebab kekurangan sel darah merah. 

Zat besi ini juga mempengaruhi pertumbuhan bayi dalam kandungan. Janin juga bisa mengalami anemia saat masih di dalam kandungan karena kurangnya asupan zat besi.  Vitamin ini bisa ditemukan di sayuran bayam, tomat dan kubis. 

Demikian informasi kesehatan mengenai vitamin ibu hamil yang bagus yang bisa dikonsumsi saat hamil. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi para ibu hamil yang sedang membutuhkan rekomendasi vitamin untuk janinnya. Yang merupakan suatu usaha agar anaknya kelak lahir dengan sehat. Untuk mengimbangi makan makanan yang sehat juga, Anda disarankan tetap melakukan olahraga. Agar keduanya dapat menunjang tumbuh kembang bayi. 

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.