10+ Cemilan untuk Program Hamil yang Lezat dan Sehat

Guna melancarkan proses memiliki buat hati, pasangan yang menjalani program hamil perlu menjaga gaya hidup mereka. Dalam hal ini, faktor menu utama hingga cemilan untuk program hamil juga termasuk di dalamnya dan ia punya pengaruh dalam mempercepat atau menghambat kehamilan. 

Apapun yang dikonsumsi oleh tubuh akan diambil kandungannya dan hal ini pula yang berpengaruh pada kesiapan fisik sebelum melahirkan.

Guna mendorong hal tersebut, makanan yang punya gizi seimbang dibutuhkan oleh kedua pasangan untuk meningkatkan kesuburan. Bukan menu utama saja yang layak diperhatikan, namun selingan waktu di antara jam makan berat juga butuh diisi dengan makanan ringan yang menyehatkan dan jika bisa menyuburkan. 

Cemilan untuk Program Hamil yang Lezat dan Sehat

Pada pembahasan kali ini, kamu akan diantar ke lezatnya berbagai cemilan untuk program hamil yang memiliki beragam manfaat untuk calon janinmu.

1. Pisang

Sudah tak perlu diragukan lagi kalau pisang menyimpan banyak kandungan nutrisi yang penting untuk usahamu memiliki anak. Pisang mengandung vitamin B6 dan magnesium yang dapat mengontrol hormon dan mempertahankan aliran darah ke uterus atau rahim.

Pisang juga mengandung folat sebagai nutrisi mendasar selama masa pembuahan. Sebab, zat ini dapat mengurangi kemungkinan kelainan tabung saraf dan meningkatkan produksi sel darah merah. Pisang bisa jadi camilan yang lebih enak lagi dengan mengoleskannya ke selai kacang atau menjadikannya sebagai salah satu bahan smoothie.

2. Alpukat

Sama halnya dengan pisang, alpukat juga kaya akan folat yang sangat penting untuk perkembangan tabung saraf; vitamin A dan E untuk mendukung lapisan endometrium di rahim; serta vitamin K sebagai kekuatan besar dalam hal menjaga nutrisi dan menyeimbangkan hormon.

Alpukat juga kaya akan serat, lemak jantung sehat, dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Alpukat cocok dijadikan cemilan bersama roti atau dicampur dengan garam dan perasan jeruk nipis.

3. Kacang dan Biji-bijian

Contoh makanan dari jenis ini yang cocok untuk program hamil adalah kacang walnut, almond, dan biji labu karena mereka memiliki kandungan protein, asam lemak omega-3, serat, zinc, dan vitamin E.

Asam lemak omega-3 yang hanya terkandung di dalam walnut dapat menurunkan risiko kelahiran prematur ketika rajin dikonsumsi selama masa kehamilan. Walnut juga memiliki kadar magnesium yang membantu meningkatkan hormon progesteron.

Mineral zinc yang banyak terdapat di biji labu mendukung kesehatan plasenta dan mampu menurunkan kemungkinan keguguran.

Vitamin E, yang kandungannya melimpah di almon, membantu kesehatan masa kehamilan dengan menjaga kesehatan liver dan meningkatkan seluruh kekebalan tubuh, sehingga area janin terus terawat. Manfaat segudang dari kacang dan biji-bijian ini tentu cocok jadi teman nonton atau membaca dan aktivitas ringan lainnya di waktu luang.

4. Buah Beri

Buah beri merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk meningkatkan kesuburan. Entah itu stroberi, bluberi, atau rasberi, semuanya mengandung banyak antioksidan yang dapat mematikan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas itu berbahaya karena dapat merusak sperma dan sel telur.

Buah beri bisa langsung dijadikan camilan atau ditambahkan yogurt atau oatmeal. Buah beri juga bisa jadi komposisi pas untuk minuman smoothie.

5. Ubi

Ubi merupakan makanan kaya beta karoten yang dapat meningkatkan hormon progesteron. Ubi bisa dijadikan cemilan yang lezat dengan beberapa makanan yang telah disebutkan di atas, yaitu alpukat dan almond.

Kamu cuma perlu mengiris ubi menjadi lingkaran seperempat inci untuk dijadikan roti lapis. Lumuri dengan garam dan minyak zaitun, lalu panggang selama 20 menit. Oles dengan mentega almond dan buah beri atau alpukat yang dihancurkan.

6. Greek Yogurt

Yogurt Yunani bisa dibilang berbeda dengan jenis yogurt pada umumnya. Ini dikarenakan proses penyaringan kembali setelah fermentasi yang menjadikannya punya kandungan protein tinggi dan air yang lebih sedikit. Hal ini pula yang membuatnya jadi makanan yang bikin kenyang lebih lama.

Selain itu, cemilan untuk program hamil ini juga mengandung banyak kalsium dan vitamin D yang dapat membantu proses matangnya folikel di ovarium dan mengembangkan tulang yang kuat. Satu takaran sudah cukup untuk mendapatkan seluruh nutrisi utama tersebut.

Camilan satu ini cocok digabungkan dengan makanan kesuburan lainnya seperti beri dan walnut yang ada dalam menu Greek yogurt parfait.

7. Semangka

Semangka memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesuburan pria maupun jadi solusi masalah wanita saat hamil. 

Buah merah berair ini merupakan sumber glutathione yang meredakan mual di pagi hari, maag, pembengkakan, dan kram pada trimester ketiga. Selain itu, antioksidan likopen di dalamnya baik untuk pria dalam membantu pergerakan sperma.

8. Buah Delima

Buah merah terang dengan daging berbentuk butiran kecil ini kaya antioksidan serta vitamin C, vitamin K, folat, serta mineral dan vitamin lainnya yang membantu kesuburan.

Selain dimakan langsung, delima juga bisa dijadikan kombinasi camilan bersama greek yogurt atau oatmeal.

cemilan untuk program hamil

9. Jambu Biji

Buah tropis satu ini bagus untuk kesuburan. Jambu biji mengandung banyak folat. Dan, nutrisi ini diperlukan dalam kesuburan pria maupun wanita. Buah jambu yang dibuat menjadi secangkir jus memberi 20 persen kebutuhan folat harian. 

Jambu biji juga memiliki kandungan lain bernama likopen. Likopen ini bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan pria. Terlebih, pada pria yang memiliki kualitas sperma yang rendah. Asupan suplemen likopen harian bahkan bisa menaikkan jumlah sperma hingga 70 persen.

Selain dagingnya, daun buah jambu juga menyimpan khasiat yang sama untuk meningkatkan kesuburan. Daun tersebut bisa kamu jadikan teh yang hangat dan mudah diminum daripada jusnya.

10. Kayu Manis 

Kayu manis atau cinnamon dalam bentuk suplemen dapat membantu meningkatkan siklus menstruasi yang tidak teratur pada wanita dengan gejala PCOS

Dalam sebuah penelitian, wanita dengan gejala PCOS dikabarkan punya masa datang bulan dua kali lebih sering ketika mengonsumsi suplemen kayu manis manis harian daripada wanita yang hanya diberi plasebo. 

Hal tersebut juga menandakan adanya siklus ovulasi yang bertambah sehingga potensi hamil lebih tinggi.

Bubuk kayu manis dapat diberikan sebagai penambah cita rasa di makanan, seperti bubur oatmeal atau yogurt. Rempah ini juga bisa dikonsumsi dalam bentuk suplemen. Namun, konsultasikan dulu suplemen baru ini ke dokter.

11. Produk Susu Penuh Lemak

Susu pasteur merupakan pilihan yang baik untuk kesuburan atau saat hamil. Sebuah studi dari Harvard menemukan fakta bahwa wanita yang mengonsumsi produk susu penuh lemak lebih sedikit mengalami masalah ovulasi ketimbang wanita yang mengonsumsi produk susu rendah lemah. 

Produk susu dalam studi tersebut termasuk susu skim atau rendah lemak, sherbet, yogurt, dan cottage cheese. Susu penuh lemak termasuk susu utuh, es krim, cream cheese, dan keju lainnya.

12. Sereal Terfortifikasi 

Sereal terfortifikasi mengandung nutrisi tambahan berupa vitamin dan mineral. Kandungan zat besi yang ditawarkannya juga penting, terutama bagi kamu yang kekurangan zat tersebut. Karena itu, mengecek apakah kamu kekurangan zat besi ke dokter juga penting. 

Zat besi berperan dalam mengalirkan oksigen ke seluruh darah kamu serta kandunganmu. Mempersiapkan tipe mineral ini untuk kehamilan sangat diperlukan agar menurunkan risiko bayi lahir dengan berat badan ringan ataupun prematur. 

Baca juga: 

Bolehkah Ibu Hamil Makan Jambu Biji?

Inilah Ciri ciri Hamil Muda Yang Diprogram Sejak Dini

Itu dia cemilan untuk program hamil yang perlu kamu coba guna meningkatkan potensi hamil lebih cepat. Konsumsi camilan ini pun harus diiringi pola hidup yang sehat sehingga segala masalah serius dalam proses kehamilan hingga melahirkan nanti bisa dihindari semaksimal mungkin.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email kamu di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesialmu, unduh juga aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store. 

Penulis: Arofah Hafizh A.

Sumber:

Amy S. n. d. Healthy Snacks when Trying to Conceive.

Irina G. 2020. 19 Foods That May Increase Fertility for the Ultimate Fertility Diet.

Christina A. S. 2018. Manfaat Greek Yogurt, dari Jaga Pencernaan Sampai Bantu Diet.

Hallie L. 2020. Prepregnancy Diet: Best Foods to Eat When You’re Trying to Get Pregnant.

Justin V. 2018. What You Need to Know about Drinking Guava Juice for Fertility.