10 Manfaat Belimbing, Buah Berbentuk Bintang yang Unik

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Mengkonsumsi banyak buah-buahan dan sayuran sangat baik untuk kesehatan. Namun, kalau tidak ada selingan lain atau mengkonsumsi buah yang itu-itu saja pasti akan terasa bosan. Beruntunglah kita hidup di Indonesia, di mana banyak sekali pohon buah yang bisa tumbuh subur di daerah tropis ini. Selain itu, rasanya juga tidak kalah nikmat dengan buah-buah yang lain.

Bagi orang Indonesia, buah belimbing adalah salah satu buah yang umum ditemui. Mungkin bagi sebagian orang Eropa dan Amerika, buah ini cukup jarang ditemui karena memang hanya bisa tumbuh di daerah dengan iklim tropis.

Buah yang memiliki campuran rasa asam dan manis ini memiliki bentuk yang unik seperti bintang pada gambar anak-anak. Nah, selain bentuknya yang unik, manfaat belimbing juga sangat banyak untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Nutrisi dalam Buah Belimbing

Berdasarkan data dari US Department of Agriculture, dalam 100 gram buah belimbing mengandung:

  • 91,38 gram (g) air
  • 31 kalori
  • 6,73 g karbohidrat
  • 2,8 g serat
  • 3,98 g gula total
  • 3 mg kalsium
  • 10 mg magnesium
  • 12 mg fosfor
  • 133 mg kalium
  • 34,4 mg vitamin C
  • 12 mikrogram (mcg) folat atau vitamin B9
  • 25 mcg beta karoten

Meskipun kandungan nutrisi dalam buah belimbing tergolong rendah, namun perlu digaris bawahi bahwa belimbing hanya memiliki 31 kalori dan 6 karbohidrat. Jadi kalau dibandingkan dengan buah-buah lain yang memiliki kandungan kalori tinggi, kandungan nutrisi dalam buah belimbing cukup tinggi.

Buah belimbing juga memiliki kandungan serat dan vitamin C yang sangat tinggi dan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Buah yang berbentuk unik ini punya segudang manfaat untuk kesehatan
Buah yang berbentuk unik ini punya segudang manfaat untuk kesehatan

Manfaat Buah Belimbing

Pohon yang Berasal dari Asia Tenggara ini biasanya memiliki panjang 5-18 cm dan terlihat seperti bintang lima titik saat Anda memotongnya. Buah mentah berwarna bening, hijau dan keras sedangkan buah yang matang berwarna kuning, kuning, dan berair. Rasanya mulai dari asam hingga manis.

Selain bentuknya yang sangat menarik untuk dijadikan hiasan dalam makanan, ternyata manfaat buah belimbing juga cukup berlimpah. Buah belimbing antara lain kaya akan vitamin c dan sumber serat yang baik.

1.   Menurunkan Risiko Terserang Kanker

Sebuah penelitian membuktikan bahwa mengkonsumsi belimbing selama empat minggu meningkatkan kadar antioksidan dalam darah. Selain itu ditemukan kadar vitamin A dan vitamin C juga meningkat dari mereka yang mengkonsumsi buah belimbing.

Adanya senyawa-senyawa di buah belimbing seperti quercetin menunjukkan efektivitas dalam melawan sel kanker. Senyawa quercetin ini memperlihatkan aktivitas penghambatan terhadap perkembangan sel. Riset lainnya juga menjelaskan adanya senyawa antioksidan yang melawan radikal bebas di buah belimbing membuatnya dapat melawan kemungkinan tumbuhnya kanker di dalam tubuh.

Para ahli percaya bahwa kadar antioksidan yang tinggi dalam buah belimbing dapat mencegah terjadinya radikal bebas yang berpotensi untuk memicu munculnya sel kanker.

Meskipun diperlukan lebih banyak penelitian, studi pendahuluan ini menunjukkan bahwa buah belimbing dapat melindungi dari perkembangan kanker dengan melengkapi tubuh dengan senyawa penangkal radikal bebas.

2.   Kaya dengan Kandungan Vitamin C

Buah belimbing adalah sumber vitamin C yang sangat baik, yaitu sekitar 57 persen dari nilai harian per porsi. Selain dapat meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C juga membantu sintesis kolagen, protein yang menjaga kulit, rambut, dan kuku tetap sehat dan kuat. Selain itu, ia melawan radikal bebas penyebab penyakit dan melawan infeksi.

Itulah sebabnya kamu harus banyak mengkonsumsi vitamin C selama musim dingin dan flu. Apa lagi di tengah kondisi pandemi seperti sekarang ini. Mengkonsumsi buah belimbing dapat sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin C.

3.   Melancarkan Pencernaan

Buah belimbing memiliki kandungan serat yang berlimpah. Wanita harus mengonsumsi sekitar 25 gram serat per hari dan buah belimbing dapat membantu kamu memenuhi asupan tersebut. Serat merupakan nutrisi yang turun perlahan ke saluran pencernaan tanpa dicerna. Nutrisi ini kemudian meningkatkan kepadatan feses sehingga mudah dikeluarkan dan mencegah sembelit.

Tidak hanya itu, serat juga memberikan nutrisi terhadap bakteri baik di dalam usus. Serat juga memiliki khasiat terhadap perawatan dan pencegahan penyakit seperti divertikulitis (peradangan kantong pada usus), wasir, bisul di usus, dan refluks asam.

Manfaat belimbing yang satu ini diperoleh dari kandungan serat yang beperan untuk mencegah penyerapan Kolesterol LDL di lapisan usus, mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan obesitas.

4.   Menjaga Kesehatan Jantung

Buah belimbing memiliki beberapa nutrisi yang berkontribusi baik untuk menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. Kalium yang dikandung dalam buah belimbing dapat membantu mengurangi tekanan darah, serat membantu menurunkan kolesterol, dan vitamin C melindungi dari kerusakan oksidatif.

Mendapatkan cukup buah dan sayuran setiap hari adalah prinsip dasar pola makan yang menyehatkan jantung, dan belimbing dapat membantumu mencapai tujuan ini.

5.   Mengontrol Gula Darah

Buah belimbing berbentuk bintang masih satu kerabat dengan belimbing wuluh. Kedua-duanya pun bermanfaat dalam menjaga tingkat gula darah di tubuh. Manfaat belimbing yang satu ini juga diperoleh dari kandungan serat yang tinggi pada belimbing.

Dengan melambatkan proses mencerna makanan, serat dapat memperlambat pula jumlah gula darah yang terproduksi. Hal inilah yang mencegah lonjakan gula darah yang tidak diinginkan, khususnya bagi penderita diabetes.

Buah belimbing juga terbilang ramah bagi pengidap diabetes. Kalori yang dimiliki buah asam manis ini sangatlah rendah, walau nutrisi yang dimiliki sangat banyak. Kandungan gula total dalam buah belimbing juga tergolong rendah. Karenanya, belimbing bagus untuk menyokong kontrol berat badan dan mencegah perkembangan resistensi insulin.

6.       Mencegah Anemia

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), anemia sering terjadi pada anak kecil dan wanita hamil. Anemia merupakan penyakit yang disebabkan ketika tubuh kekurangan zat besi. Zat ini sangat penting untuk mensintesis sel darah merah dan membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh.

Buah belimbing berukuran sedang hanya memiliki 0,08 mg zat besi tetapi vitamin C-nya memainkan peran kunci dalam meningkatkan penyerapan zat besi. Hal ini menyebabkan peningkatan produksi sel darah dan membantu menangkal kelelahan dan pusing, gejala yang biasa terjadi pada penderita anemia.

7.   Membantu Mengurangi Peradangan

Manfaat belimbing lainnya diperoleh dari kandungan flavonoid seperti quercetin, epicatechin, dan asam galat dapat membantu mencegah peradangan. Dengan sifat antioksidannya, senyawa ini menetralkan radikal bebas berbahaya yang menyebabkan penyakit inflamasi.

Sebuah penelitian yang terbit di National Institute of Health, menemukan bahwa Vitamin C pada buah belimbing juga bersifat anti inflamasi dan dapat mengurangi pembengkakan pada persendian. Meskipun penelitian ini dilakukan pada tikus dan bukan manusia, namun bukti-bukti yang ditemukan cukup meyakinkan bahwa buah belimbing dapat membantu mengurangi peradangan.

Masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan klaim-klaim manfaat belimbing dalam studi ini.

8.   Memenuhi Kebutuhan Cairan Tubuh

Kita pasti mendengar anjuran untuk memenuhi cairan tubuh dengan cara minum delapan gelas air per hari. Nah, mengkonsumsi buah belimbing dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Buah belimbing adalah salah satu buah yang paling menghidrasi tubuh dengan kandungan air yang mencapai 91,38 persen per buahnya.

Satu hal yang harus dicatat adalah ketika kamu memiliki masalah ginjal. Sebab, buah belimbing memiliki kadar asam oksalat yang tinggi dan tidak baik jika kamu mempunyai gangguan ginjal.

9.   Membantu Tidur Lebih Lelap

Jika kamu mengalami kesulitan tidur, coba lah untuk mengkonsumsi buah belimbing beberapa jam sebelum tidur. Ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa mengkonsumsi buah belimbing dapat membantu seseorang tertidur lebih lelap.

Manfaat buah belimbing yang satu ini dapat terjadi karena belimbing memiliki kandungan magnesium yang tinggi, sebuah mineral yang bisa membantu kamu untuk tertidur. Magnesium bekerja dengan mempertahankan kadar GABA (Gamma-Aminobutyric acid) yang bertanggung jawab untuk menghambat neurotransmitter.

10.   Mempercantik Kulit

Salah satu manfaat buah belimbing adalah mempercantik kulit! Buah belimbing mengandung banyak antioksidan termasuk vitamin C, quercetin, asam galat dan flavonoid polifenol dan lain-lain. Antioksidan melawan efek stres oksidatif dan menetralkan radikal bebas sebelum ia merusak kulit.

Vitamin C berperan dalam produksi kolagen, sehingga dapat mencegah atau meminimalkan munculnya kerutan, sekaligus menjaga kulit tetap bercahaya dan bebas noda seiring bertambahnya usia.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
10 Manfaat Anggur, Buah Tertua yang Dikonsumsi Manusia
Inilah Manfaat Buah Belimbing yang Perlu Anda Ketahui
10 Manfaat Apel, Buah Paling Populer Seantero Dunia!
15 Buah untuk Program Hamil yang Dapat Meningkatkan Kesuburan
Apa Saja Kandungan Serta Khasiat Buah Naga?

Itulah 10 manfaat dari buah belimbing yang dikumpulkan oleh tim Ngovee. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, bagi kamu yang memiliki masalah dengan ginjal harap hindari buah ini. Buah belimbing mengandung 50000 – 95800 ppm asam oksalat per 100 gramnya. Zat ini dapat menyerap air di dalam tubuh dan memicu timbulnya batu ginjal.

Ingin mendapat tips menarik mengenai gaya hidup sehat? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee untuk melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Penulis: Fadhel Yafie

Referensi:

Cleveland Clinic (2019) | Improving Your Health with Fiber

Conserve Energy Future | 15 Magical Benefits of Eating Star Fruit (Carambola) on Your Skin And Body

Healthline (2019) | Star Fruit 101 – Is It Good For You?

National Institute of Health (2011) | Analysis of the Potential Topical Anti-Inflammatory Activity of Averrhoa carambola L. in Mice

University of Florida Horticultural Sciences Department, Florida Cooperative Extension Service Institute of Food and Agricultural Sciences (2017) | Carambola varieties.

U.S Department of Agriculture, Food Data Central | Carambola, Star Fruit

VeryWell Fit (2020) | Star Fruit Nutrition Facts and Health Benefits.