10 Manfaat Sawo, Buah yang Kurang Populer Namun Punya Segudang Manfaat

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Buah sawo memang tergolong dalam kategori buah yang agak jarang karena tergolong sebagai buah musiman. Tidak semua orang pernah menyantap buah ini, tetapi sekali mencoba kamu pasti ketagihan. Buah yang memiliki kulit berwarna coklat ini punya rasa yang sangat manis.

Awalnya, buah sawo (Manilkara zapota) merupakan buah yang berasal dari Meksiko Selatan, Amerika Tengah dan Kepulauan Karibia. Namun, buah yang dapat tumbuh di daerah beriklim tropis saat ini banyak ditanam di negara Asia Tenggara seperti Thailand, Kamboja, Malaysia dan juga Indonesia.

Dari luar, penampakan buah ini mirip sekali dengan buah kiwi dengan kulit yang berwarna coklat. Perbedaannya terdapat di warna dagingnya yang juga coklat, teksturnya seperti berpasir, punya kandungan air yang tinggi dan memiliki biji kecil berwarna hitam.

Selain rasanya yang manis dan nikmat, buah sawo memiliki kandungan nutrisi dan mineral yang diperlukan tubuh. Meskipun tidak terlalu populer, ada banyak sekali manfaat kesehatan dari buah sawo yang bisa kita dapatkan.

Kandungan Nutrisi dalam Buah Sawo

Berdasarkan data dari US Department of Agriculture, dalam 100 gram buah sawo mengandung:

  • 78 gram (g) air
  • 83 kalori
  • 20 g karbohidrat
  • 5,3 g serat
  • 0,4 g protein
  • 21 mg kalsium
  • 12 mg magnesium
  • 12 mg fosfor
  • 193 mg kalium
  • 14,7 mg vitamin C
  • 14 mikrogram (mcg) folat atau vitamin B9
  • 60 IU vitamin A

Selain buahnya, beberapa bagian dari pohon sawo sering kali dimanfaatkan untuk beberapa obat. Sebagai contoh, bunga dari pohon sawo dimanfaatkan untuk meredakan diare. Buah mudanya dapat dijadikan teh untuk mengobati masalah paru-paru.

Daun tua dari pohon sawo juga bisa dijadikan teh untuk meredakan batuk, pilek, diare dan lain sebagainya. Bijinya yang dihaluskan juga dapat memberikan manfaat kesehatan berupa diuretik, obat penenang, sopoforic dan untuk batu ginjal. Getahnya dapat digunakan untuk mengisi rongga gigi sementara dan kulit kayunya bisa dijadikan teh untuk mengobati demam.

Manfaat Buah Sawo

Belum banyak penelitian yang dilakukan untuk mengkonfirmasi manfaat buah sawo untuk kesehatan. Namun, berdasarkan kandungan nutrisinya yang cukup lengkap, buah sawo dapat berdampak sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi buah sawo:

1.       Kaya akan Kandungan Antioksidan

Antioksidan merupakan zat yang sangat penting untuk mempertahankan kesehatan tubuh. Antioksidan terbukti bersifat menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel di dalam tubuh dan memicu penyakit-penyakit fatal seperti kanker.

Berkat kandungan nutrisinya yang cukup kaya, buah sawo adalah gudang vitamin E, A dan C, yang semuanya bagus untuk kesehatan kulit dan memiliki sifat pelembab yang luar biasa. Kehadiran antioksidan seperti asam askorbat, polifenol, dan flavonoid membantu mengurangi kerutan dan membuat kulit lebih sehat.

Selain itu, minyak bijinya telah terbukti dapat membantu melembabkan kulit kepala dan melembutkan rambut. Minyak biji sawo juga membantu dalam mengobati rambut rontok akibat dermatitis seboroik.

2.       Baik untuk Kesehatan Tulang

Buah sawo juga sangat kaya dengan kandungan mineralnya. Sumber daya mineral ini memiliki jumlah tambahan kalsium, fosfor, dan zat besi yang merupakan sumber utama yang dibutuhkan oleh tulang untuk meningkatkan daya tahannya.

Mengkonsumsi banyak makanan yang kaya akan kalsium, zat besi dan fosfor sangat membantu dalam meningkatkan dan memperkuat tulang. Semua mineral penting itu terkandung dalam buah sawo.

Tembaga sangat penting untuk pertumbuhan tulang, jaringan ikat, dan otot. Kekurangan tembaga dapat meningkatkan risiko terserang osteoporosis, kelemahan otot hingga kerusakan jaringan dan pelemahan sendi.

Studi menunjukkan bahwa asupan tembaga dengan mangan, seng, kalsium memperlambat pengeroposan tulang pada wanita yang lebih tua. Nah, semua mineral penting ini adalah salah satu manfaat penting yang bisa diperoleh dari buah sawo.

3.       Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat merupakan sumber nutrisi yang diperlukan guna menjaga fungsi pencernaan sebaik mungkin. Makanan yang kaya serat seperti sawo dapat membantu pergerakan usus. Karena kandungan serat yang tinggi pula, sawo bekerja layaknya pencahar.

Komposisi serat yang tinggi juga dapat meredakan sembelit dan membantu membran usus dalam melawan infeksi. Serat yang tinggi juga dapat menekan nafsu makan berlebih.

Tak cuma itu, serat dapat pula menurunkan tekanan gula darah yang melonjak, sehingga asupan karbohidrat bisa ditekan bersama dengan lemak.

Selain itu, ada juga senyawa tanaman tanin di dalam buah sawo. Senyawa ini mengandung polifenol yang berfungsi menetralisir sekresi asam di usus. Tanin juga memiliki sifat anti-parasit, anti-inflamasi, anti-virus, dan anti-bakteri yang memulihkan sakit perut, radang perut, dan masalah usus lainnya.

4.       Buah Anti-inflamasi yang Baik

Menurut studi yang dipublikasikan di International Journal of Food Science and Nutrition, kandungan tanin yang tinggi menjadikan buah sawo sebagai agen anti-inflamasi yang baik.

Hal ini karena kandungan dalam buah sawo dapat membantu memperbaiki kondisi saluran pencernaan melalui pencegahan penyakit seperti esofagitis, enteritis, sindrom iritasi usus besar, dan gastritis. Ini juga mengurangi peradangan dengan mengurangi pembengkakan dan nyeri.

5.   Meningkatkan Kesehatan Mata

Wortel sering kali dikaitkan dengan makanan yang sangat baik untuk kesehatan mata. Namun, buah sawo juga memiliki manfaat yang sama baiknya untuk kesehatan mata. Mengandung vitamin A yang tinggi, buah sawo adalah buah yang bergizi untuk mata.

Buah ini berpotensi untuk menjaga penglihatan. Mengkonsumsi buah sawo secara teratur dapat menunda penyakit mata terkait usia seperti degenerasi makula. Oleh karena itu, jika kamu menginginkan kondisi mata dan penglihatan yang sehat dalam jangka waktu yang panjang, jangan tunggu lama lagi untuk segera mengkonsumsi buah sawo.

6.   Mendukung Sistem Saraf dan Otak

Kalium pada buah sawo penting dalam mendukung fungsi sel, impuls saraf, dan sinyal elektrik yang dibutuhkan oleh otak. Kurangnya kalium bisa menyebabkan kurangnya konsentrasi, kelelahan, sulit mengingat dan belajar, serta perubahan mood.

Tembaga juga membantu fungsi galaktosa dan dopamin yang penting menjaga energi, mood, pemahaman, dan fokus.

Zat besi yang terdapat di buah sawo juga berguna dalam menunjang fungsi otak yang maksimal. Otak membutuhkan oksigen agar bisa bekerja secara efektif. Dan, tugas zat besi inilah yang membawa oksigen ke otak.

Oksigen yang mengalir dengan baik dapat menghindarkan otak dari daya ingat yang buruk hingga gejala apati. Kekurangan zat besi juga berakibat pada permasalahan mood, seperti gelisah, mudah kesal, dan kurang fokus memperhatikan.

Buah sawo memiliki segudang manfaat untuk kesehatan
Buah sawo memiliki segudang manfaat untuk kesehatan

7.   Mengobati Batuk dan Pilek

Mengandung vitamin C yang cukup tinggi membuat buah sawo dapat dijadikan alternatif untuk mengobati penyakit batuk dan pilek. Vitamin C terkenal dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Ditambah dengan manfaat buah sawo yang kaya akan antioksidan, buah ini dapat berkontribusi untuk mengatasi batuk dan pilek.

Buah sawo juga mengandung sifat anti-inflamasi yang membantu meredakan dada tersumbat, dahak, dan produksi lendir. Ahli gizi merekomendasikan buah sawo ke dalam makanan harian karena secara alami dapat mengobati pilek yang diakibatkan virus dan demam.

Selain itu, disarankan untuk menambahkan setidaknya satu buah sawo ke dalam menu makanan anak-anak untuk mencegah mereka menjadi korban influenza musiman dan infeksi virus lainnya.

8.   Mencegah Anemia

Buah sawo memiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi. Oleh karena itu, buah sawo juga dapat dikonsumsi untuk mencegah anemia. Zat besi terlibat dalam produksi hemoglobin. Hemoglobin atau sel darah merah yang menyimpan oksigen ini kemudian dibawa ke otak dan jaringan tubuh lain.

Kekurangan zat besi tentu akan menghambat proses terbentuknya hemoglobin tersebut. Pengidap anemia biasanya mengalami gejala kurangnya fungsi mental dan kekurangan energi. Konsumsi buah sawo merupakan salah satu cara yang bagus untuk memperoleh kembali zat besi yang hilang.

9.       Meningkatkan Energi dengan Instan

Tingkat energi yang rendah dapat memengaruhi kualitas hidup kamu. Oleh karena itu, kamu harus memilih opsi makanan yang sarat dengan komponen penambah energi. Nah, buah sawo dikatakan dapat meningkatkan tingkat energi karena mengandung banyak nutrisi sehat yang ditemukan di dalamnya.

Buah sawo kaya akan komposisi fruktosa dan sukrosa yang menyediakan sumber energi instan. Karenanya, buah ini cocok dijadikan santapan untuk memulihkan tubuh setelah lelah melakukan aktivitas berat.

Selain itu, karbohidrat juga penting dalam meningkatkan energi, dan kamu dapat memperoleh jumlah karbohidrat baik yang dibutuhkan dari satu porsi sawo.

10.   Dapat Mempercantik Kulit

Selain manfaat kesehatan yang sudah disebutkan di atas, buah sawo juga memiliki manfaat untuk kecantikan. Buah sawo juga dikaitkan dengan konsumsi kolagen yang tinggi. Jenis protein ini mampu mencegah pertumbuhan kerutan yang terlihat dalam.

Vitamin di buah sawo jumlahnya cukup banyak. Beragam vitamin ini dapat membuat kulit tetap terhidrasi dan meremajakan sel kulit. Berbagai kandungan polifenol, flavonoid, dan antioksidan membuat kulit bebas dari kerutan, meningkatkan warna natural kulit, memperlambat proses penuaan, dan mencerahkan kulit secara alami.

Getah berwarna putih susu dari sawo juga dipercaya untuk membersihkan kutil dan pertumbuhan jamur di kulit. Namun, hal ini belum terbukti secara ilmiah kebenarannya.

Itu dia manfaat buah sawo yang bisa kamu peroleh dengan mengkonsumsinya sehari-hari. Namun, buah ini tergolong musiman sehingga hanya bisa dikonsumsi saat sedang musim saja. Selain itu, belum banyak penelitian yang memverifikasi kebenaran dari manfaat buah sawo secara ilmiah. Sehingga perlu dilakukan penelitian lebih banyak lagi seputar manfaat kesehatan dari buah sawo.

Ingin mendapat tips menarik mengenai gaya hidup sehat? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee untuk melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee.

Penulis: Fadhel Yafie

Referensi:

NDTV Food (2017) | 10 Incredible Sapota Benefits: From Boosting Energy to Bone Health

Nutrition and You. n.d. Sapodilla (Sapota) nutrition facts.

Science Direct  (2011) | Sapodilla (Manilkara achras (Mill) Fosb., syn Achras sapota L.)

Times of India (2019) | Five Reasons to Include Chikoo in Your Diet

USDA National Nutrient Database for Standard Reference (2009)