11 Daftar Makanan Peninggi Badan

Tinggi badan seseorang dipengaruhi oleh genetika dan  nutrisi yang cukup untuk memastikan pertumbuhan serta perkembangannya berlangsung tepat. Meskipun tinggi badan Anda tidak dapat kembali tumbuh setelah mencapai titik maksimum, namun terdapat makanan peninggi badan yang dapat membantu Anda meningkatkan dan mempertahankan tinggi badan dengan menjaga tulang, persendian, dan tubuh tetap kuat.

Misalnya, protein. Molekul ini memiliki peran penting dalam perkembangan tubuh yang sehat, meningkatkan perbaikan jaringan, dan fungsi imun tubuh. Zat gizi mikro lainnya, seperti kalsium, vitamin D, magnesium, dan fosfor juga ikut berperan dalam menjaga kesehatan tulang. Penelitian lain menunjukkan bahwa probiotik (bakteri yang menguntungkan) dalam makanan fermentasi dapat meningkatkan pertumbuhan anak-anak.

11 Makanan Peninggi Badan dan Mempertahankan Tinggi Badan

1. Kacang Polong

Kacang polong merupakan makanan bergizi dan sumber protein yang baik. Protein ini telah terbukti meningkatkan kadar faktor pertumbuhan insulin 1 (IGF-1), yaitu hormon yang berperan penting mengatur pertumbuhan pada anak-anak. Selain itu kacang polong juga mengandung zat besi dan vitamin B yang dapat melindungi diri dari anemia, yaitu suatu kondisi yang ditandai dengan kurangnya sel darah merah dalam tubuh.

Tidak hanya zat besi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan jaringan, tetapi anemia karena defisiensi zat besi memicu pertumbuhan yang tertunda pada anak. Selain itu, kacang polong memiliki kandungan nutrisi lain, seperti serat, tembaga, magnesium, mangan, dan seng.

2. Daging Ayam

Daging ayam kaya akan protein dan nutrisi esensial lain yang baik bagi tubuh. Selain itu daging ayam juga tinggi vitamin B12, vitamin yang larut dalam air dan sangat penting untuk membuat seseorang tumbuh lebih tinggi dan mempertahankan tinggi badannya. Taurin dalam daging ayam juga berperan dalam mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang.

3. Almond

Kacang almond kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh supaya tumbuh lebih tinggi. Selain itu, kacang almond juga mengandung lemak sehat, serat, mangan, dan magnesium. Ada juga vitamin E yang larut dalam lemak dan berfungsi sebagai antioksidan. Kekurangan vitamin E dapat menimbulkan efek samping, seperti menghambat pertumbuhan anak-anak. Almond membantu perkembangan tulang dan telah terbukti menghambat pembentukan osteoklas, sejenis sel yang memecah jaringan tulang.

4. Sayuran Hijau

Berbagai macam sayuran hijau seperti bayam, kangkung, arugula, dan kol mengandung banyak nutrisi. Jumlah nutrisi tiap sayuran berbeda-beda. Sayuran yang berdaun hijau biasanya menawarkan jumlah vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, dan kalium yang tinggi. Sayuran ini juga kaya akan vitamin K yang dapat meningkatkan kepadatan tulang, mendukung pertumbuhan dan menjaga tinggi badan Anda. Studi juga menemukan bahwa asupan sayuran hijau secara teratur dapat menjaga massa tulang.

5. Yoghurt

Yoghurt merupakan sumber nutrisi penting untuk pertumbuhan, termasuk protein. Jenis yoghurt tertentu mengandung probiotik, yaitu bakteri baik yang membantu kesehatan usus. Probiotik memiliki fungsi lain seperti mengurangi peradangan, meningkatkan kekebalan tubuh, dan pertumbuhan pada anak-anak. Yoghurt menjadi sumber yang sangat baik dari beberapa nutrisi yang terlibat pada metabolisme tulang, seperti kalsium, magnesium, fosfor, dan kalium.

6. Ubi Jalar

Ubi jalar kaya akan vitamin A yang membantu meningkatkan kesehatan tulang. Makanan ini juga tinggi serat yang melancarkan sistem pencernaan dan penyerapan nutrisi.

7. Biji Gandum

Biji gandum sangat bergizi dan menjadi salah satu sumber makanan nabati dengan kandungan protein yang lengkap. Artinya, sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh tersedia dalam biji gandum ini. Selain itu, biji gandum kaya magnesium yang berfungsi meningkatkan kepadatan mineral pada tulang.

8. Telur

Telur merupakan sumber nutrisi yang kaya protein, vitamin, dan mineral lain yang diperlukan untuk pertumbuhan, terutama vitamin D. Vitamin D mampu meningkatkan penyerapan kalsium untuk membantu menjaga kesehatan tulang. Selain itu telur merupakan salah satu makanan peninggi badan. Asupan telur yang teratur dapat berpengaruh dalam peningkatan tinggi badannya. Studi kecil juga menunjukkan bahwa anak-anak dengan kadar vitamin D rendah, konsumsi suplemen vitamin D akan meningkatkan pertumbuhan selama 6 bulan.

9. Buah Beri

Berbagai jenis buah berry, seperti blueberry, strawberry, blackberry, dan raspberry kaya akan vitamin C yang mendorong pertumbuhan sel, mendukung perbaikan jaringan, serta meningkatkan produksi kolagen.

10. Salmon

Ikan Salmon kaya akan asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung, memperbaiki kualitas tidur, serta meningkatkan perbaikan tulang supaya pertumbuhannya maksimal. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Manfaat Lari Di Usia Pertumbuhan, Bisa Menambah Tinggi Badan?
Benarkah Konsumsi Kacang Turunkan Berat Badan?
Cara Memiliki Berat Badan Ideal
9 Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan Badan
10 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan
Berat Badan Ideal: Cara Hitung Menggunakan Kalkulator BMI

11. Susu

Susu mengandung sejumlah protein dan zat-zat gizi mikro lainnya yang mendukung kesehatan tulang. Penelitian menunjukkan jika susu sapi merangsang peningkatan pertumbuhan pada anak-anak, mendukung penambahan berat badan, dan pembentukan otot. Namun, susu tetap harus dihindari jika mengalami alergi atau intoleransi.

Memenuhi kebutuhan nutrisi yang lengkap tidak hanya baik untuk kesehatan secara menyeluruh, tapi juga membantu Anda tumbuh lebih tinggi dan mempertahankan tinggi badannya. Jadi, pastikan untuk mengonsumsi makanan sehat kaya nutrisi, supaya tubuh mendapatkan asupan vitamin dan mineral yang dibutuhkan.

Itulah beberapa informasi mengenai makanan peninggi badan yang dapat Anda coba.

Daftarkan email Anda ke Ngovee untuk tetap update seputar berita, tren, dan informasi kesehatan. Unduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store untuk mendapat konsultasi dokter gratis sekaran juga!