7 Manfaat Buah Melon untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Buah melon memiliki banyak manfaat karena kaya dengan kandungan zat dan vitamin yang terkandung di dalamnya. Dalam satu buah melon mengandung 60 kalori, dan 14 gram gula alami. Buah melon juga dapat memberikan energi, dan mengandung rendah lemak. 

Kebanyakan orang mengonsumsi buah melon sebagai santapan selingan sebelum atau setelah makan. Selain memiliki rasa yang manis, buah melon juga memiliki manfaat untuk kecantikan dan kesehatan tubuh. 

Berbagai Manfaat Buah Melon Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat buah melon untuk kesehatan tubuh.

  • Tinggi Kandungan Kalium

Kekurangan kalium dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur sehingga aliran darah menjadi tidak lancar. Nah, dalam satu cangkir atau setara dengan 100 gram daging buah melon, mengandung kalium dengan kadar yang seimbang untuk tubuh.

Selain untuk melancarkan detak jantung, mengonsumsi melon juga membantu mencegah naiknya tekanan darah. Anda bisa menjadikan buah melon sebagai salad sarapan pagi dengan tambahan semangka dan blewah. 

  • Mengandung Vitamin C

Buah melon mengandung vitamin C yang berguna untuk kesehatan tubuh. Anda bisa mengonsumsi satu cangkir melon per hari untuk mencukupi kebutuhan harian vitamin C. Selain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C juga membantu mencegah penyakit dan infeksi.

  • Baik untuk Diet

Buah melon mengandung banyak serta untuk berperan untuk memperlancar proses pencernaan dan menurunkan kolesterol tubuh secara keseluruhan. Mengonsumsi buah melon mengurangi kemungkinan terjadinya masalah pencernaan, seperti sembelit. 

Selain itu, melon juga merupakan buah yang rendah kalori, sehingga cocok sebagai asupan makanan bagi Anda yang sedang menjalani program diet. Buah melon juga membantu menjaga kestabilan berat badan, dan menghindarkan tubuh dari tekanan darah tinggi dan penyakit kanker.

  • Kaya kandungan Vitamin B6

Buah melon kaya akan kandungan vitamin B6 yang berfungsi sebagai koenzim untuk mengaktifkan proses kimia dalam tubuh. Salah satu kegunaan enzim ini adalah untuk metabolisme protein. 

Vitamin B6 juga penting untuk merangsang sistem saraf serotonin, neurotransmitter yang mengatur mood dan membuat Anda dapat tidur lebih nyenyak. Vitamin B6 juga dapat mengubah kandungan homosistein menjadi zat yang bermanfaat sebagai asam amino yang baik untuk tubuh. 

Zat homosistein penting untuk diubah, karena sering dikaitkan dengan risiko peningkatan masalah kardiovaskular. Selain vitamin B6, buah melon juga mengandung vitamin B1 dan B3 yang juga bermanfaat untuk tubuh. 

  • Baik untuk Ibu Hamil

Selama masa kehamilan, tubuh ibu hamil membutuhkan asupan vitamin dan mineral yang lebih tinggi dari biasanya. kondisi ini adalah periode dimana tubuh ibu hamil harus mendapat nutrisi yang maksimal dikarenakan imunitas yang lebih lemah dari biasanya.

Dengan mengonsumsi buah melon, ibu hamil akan mendapatkan sejumlah nutrisi penting selama kehamilan. Salah satunya adalah kandungan kalium untuk menjaga kesehatan jantung, dan vitamin C untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh. Bagi Anda yang ingin melahirkan anak yang sehat, dianjurkan untuk mengonsumsi buah melon 100 gram per hari. 

  • Meredakan Nyeri Haid

Buah melon mengandung potasium yang berfungsi untuk mencegah adanya kram, mual, dan nyeri pada saat mentruasi. Mentruasi terkadang menimbulkan rasa yang sangat nyeri di bagian perut. Selain untuk meredakan nyeri, buah melon juga berperan untuk melancarkan aliran darah selama PMS.

  • Mengandung Vitamin A

Buah melon mengandung vitamin A yang berperan dalam pertumbuhan rambut. Sehingga, mengonsumsi buah melon dapat mencegah terjadinya rambut rontok. Vitamin A yang terdapat dalam buah melon juga dipercaya dapat mencegah katarak, degenasi makula, dan menjaga mata dari sinar radiasi. 

Pastikan buah ini menjadi salah satu buah yang sering Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Ingin tahu apakah makanan yang kamu konsumsi sudah memenuhi kebutuhan vitamin harianmu? Unduh aplikasi Jovee! Dengan Jovee kamu dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. 

Cari tahu informasi kesehatan lainnya di Ngovee.

Diedit oleh: Aileen Velishya