7 Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan
Dr. Fala Adinda

Roti tawar merupakan makanan yang paling banyak digemari oleh masyarakat sebagai menu sarapan. Salah satu jenis roti tawar adalah roti gandum. Walaupun harga roti gandum lebih mahal dibanding roti tawar, roti gandum merupakan roti yang lebih sehat diantara jenis roti tawar lainnya.

Kandungan Gizi Roti Gandum

Berikut ini adalah beberapa kandungan gizi yang terdapat dalam roti gandum.

Informasi nilai gizi untuk ukuran  porsi 1 irisan regular.

  • Kalori 67 kkal
  • Lemak 1,07 g
  • Lemak jenuh 0,233 gram
  • Lemak tak jenuh ganda 0,237 gram
  • Lemak tak jenuh tunggal 0,447 gram
  • Kolesterol 0 mg
  • Protein 2,37 gram
  • Karbohidrat 12,26 gram
  • Serat 1,1 gram
  • Gula 1,43 gram
  • Sodium 138 mg
  • Kalium 53 mg

Berbagai Manfaat Roti Gandum untuk Kesehatan

Berikut ini adalah beberapa manfaat roti gandum untuk kesehatan tubuh.

Kenyang Lebih Lama

Roti gandum merupakan roti yang terbuat dari gandum, terutama gandum utuh, sehingga diproses lebih lama dalam sistem pencernaan dibandingkan dengan roti tawar lainnya. Hal inilah yang membuat roti gandum sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan.


Lebih Kaya Nutrisi

Roti gandum kaya akan nutrisi yang dapat membantu kamu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Roti gandum merupakan makanan bergizi yang sangat baik untuk pertumbuhan dan cocok dikonsumsi oleh semua kalangan, baik anak-anak, orang dewasa maupun ibu hamil.

Mencegah Obesitas

Obesitas sering dikaitkan dengan risiko berbagai macam penyakit serius seperti diabetes dan penyakit kardiovaskular. Roti gandum tidak hanya menjadi menu yang tepat untuk menurunkan berat badan, namun juga berguna untuk menjaga berat tubuh ideal. Salah satu cara untuk menjaga berat tubuh ideal adalah dengan menjaga asupan makanan.


Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung merupakan salah satu penyakit yang mematikan di dunia sehingga perlu dihindari sebelum terserang. Salah satu cara untuk menghindarinya adalah dengan memerhatikan makanan yang dikonsumsi. Roti gandum merupakan roti yang terbuat dari gandum utuh dan  sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Berbagai penelitian membuktikan bahwa rutin mengonsumsi gandum utuh dapat menurunkan risiko penyakit jantung hingga 22%.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
7 Manfaat Toge untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu
7 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan
6 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Yang Belum Kamu Tahu


Menurunkan Risiko Stroke

Pada umumnya produk roti gandum mengandung kolesterol yang sangat rendah dan bahkan ada yang tidak mengandung kolesterol sama sekali.  Sebaliknya, roti gandum mengandung asam lemak tak jenuh atau lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Perlu diketahui bahwa kolesterol jahat merupakan salah satu pemicu penyakit stroke. Kolesterol jahat menumpuk dan membentuk plak yang kemudian menyumbat pembuluh darah yang memicu penyakit jantung dan stroke. Oleh karena itu, mengonsumsi roti gandum dapat mengurangi risiko stroke karena mengandung kolesterol yang sedikit. 


Menurunkan Risiko Diabetes

Roti gandum baik dikonsumsi oleh ibu hamil selain untuk memenuhi nutrisi juga bermanfaat untuk menurunkan risiko diabetes. Selama masa kehamilan, risiko diabetes dan darah tinggi dapat meningkat. Mengonsumsi roti gandum dapat menurunkan risiko obesitas yang merupakan salah satu faktor penyebab diabetes.  Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi gandum utuh dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin.


Baik untuk Pencernaan

Roti gandum memiliki kandungan serat yang tinggi yang sangat baik untuk pencernaan. Asupan serat yang cukup dapat menghindarkan kamu dari masalah pencernaan, seperti sembelit atau susah buang air besar dan diare. Serat dalam gandum dapat bekerja sebagai prebiotik untuk menunjang perkembangan bakteri baik dalam organ pencernaan. Keberadaan bakteri baik di usus sangat penting untuk menjaga agar sistem pencernaan tetap sehat dan dapat bekerja dengan baik. 

Melihat banyaknya manfaat roti ini sudah sepatutnya kamu selalu menyediakan di rumah. Walaupun harga roti gandum lebih mahal dibanding roti tawar. Roti ini menyediakan manfaat yang tidak ada di roti tawar dan mudah ditemukan di pasaran.

Ingin tahu lebih banyak mengenai manfaat lainnya? Cek selengkapnya di Ngovee.

Bagi kamu yang ingin memulai hidup sehat, download aplikasi Jovee lewat Google Play Store maupun App Store.

Diedit oleh: Aileen Velishya