7 Manfaat Toge untuk Kesehatan Yang Harus Kamu Tahu
Dr. Fala Adinda

Toge (Phaseolus vulgaris) merupakan salah satu jenis sayur yang banyak dikonsumsi dan menjadi salah satu makanan bernutrisi yang mudah dicerna. Toge banyak ditemukan di menu-menu makanan Asia seperti pad Thai, Pho atau sayur cah toge. Toge juga ditemukan di menu Barat sebagai tambahan untuk salad. 

Toge memiliki banyak manfaat untuk tubuh, salah satunya adalah meringankan kerja sistem pencernaan. Toge juga berperan dalam membantu penyerapan zat besi, vitamin C, dan zinc. Sehingga, toge menjadi salah satu pilihan yang tepat bagi kamu yang mengalami gangguan pencernaan, dan yang memiliki reaksi hipersensitivitas terhadap biji-bijian. 

Berbagai Manfaat Toge untuk Kesehatan 

Berikut ini adalah beberapa manfaat toge untuk kesehatan tubuh. 

Melancarkan Pencernaan

Toge merupakan kecambah dengan kandungan jumlah enzim yang sangat tinggi. Enzim bermanfaat penting dalam proses pencernaan. Selain enzim, serat-serat yang ditemukan dalam kecambah memberikan manfaat yang sangat penting pada sistem pencernaan. 

Serat pada toge dapat mengangkat kotoran, sehingga lebih mudah untuk melalui pencernaan. Serat dalam toge juga merangsang asam lambung untuk membantu enzim mencerna makanan secara efektif dan efisien. Selain itu, toge juga merupakan makanan yang bagus untuk mengatasi masalah pencernaan, seperti diare dan sembelit. 


Meningkatkan Metabolisme

Kandungan enzim dalam toge berguna dalam proses metabolisme tubuh. Kecambah ini juga mengandung banyak protein yang dibutuhkan untuk menjalankan fungsi kimia dalam tubuh. 

Protein diperlukan untuk hampir seluruh proses tubuh, seperti penciptaan sel, perbaikan organ, regenerasi kulit dan pertumbuhan tulang. Toge juga sangat dianjurkan untuk vegetarian karena dapat mengganti kandungan protein seperti yang terdapat di dalam daging. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
7 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan
6 Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Yang Belum Kamu Tahu
Tren Kopi Susu Masa Kini Untuk Kesehatan, Berbahayakah?
Awas! Jangan Konsumsi Vitamin dan Suplemen Sembarangan
Mengenal Manfaat Vitamin D alias Vitamin Dewa


Membantu Menyembuhkan Anemia

Anemia atau yang lebih dikenal dengan kurang darah, merupakan istilah medis untuk seseorang yang mengalami kekurangan zat besi. Kekurangan zat besi akan menurunkan jumlah sel darah merah, karena zat besi merupakan bagian penting dalam produksi sel darah merah. 

Kekurangan zat besi, akan mengakibatkan kamu sering merasa kelelahan, kurang konsentrasi, mual, dan pusing. Mengonsumsi toge bermanfaat untuk mempertahankan jumlah sel darah merah, sehingga mengurangi risiko terkena anemia. 


Menurunkan Berat Badan

Toge merupakan makanan yang tinggi nutrisi dan rendah kalori. Ini berarti, toge aman dikonsumsi bagi kamu yang sedang menjalani proses diet. Serat dalam toge juga membuat kamu merasa kenyang lebih lama karena toge menghambat pelepasan ghrelin, yaitu hormon lapar yang mengingatkan kita untuk memakan sesuatu. Hal ini dapat mengurangi kamu untuk mekana berlebihan dan ngemil, yang merupakan masalah besar bagi penderita obesitas. 


Menjaga Kesehatan Jantung

Selain itu toge juga menjadi sumber asam lemak omega-3, yang merupakan bentuk kolesterol baik, dan dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah. Polyphenol juga merupakan anti-inflamasi alami, sehingga dapat bermanfaat pada kesehatan jantung dan menurunkan resiko diabetes dan obesitas juga.

Toge juga mengandung kalium yang berperan dalam membantu mengurangi tekanan darah, karena kalium merupakan agen pelebar pembuluh darah yang dapat menghilangkan ketegangan pada pembuluh darah. Maka sirkulasi dan oksigenasi dapat berlangsung dengan lancar, sekaligus untuk mengurangi pembekuan dan penyempitan pembuluh darah, serta menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.


Meningkatkan Sistem Imun

Vitamin C dalam toge berperan sebagai stimulan yang baik untuk sel-sel darah putih dalam melawan berbagai penyakit dan infeksi. Selain itu, kandungan vitamin A yang terdapat dalam toge, dapat berkembang 10 kali seiring berkembangnya toge. Polyphenol dalam toge berperan sebagai antioksidan yang merupakan sumber kekuatan untuk sistem kekebalan tubuh.


Menyehatkan Rambut

Vitamin C yang terkandung dalam toge juga berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan rambut. Vitamin C dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh yang merupakan penyebab rambut rontok, tipis, dan rapuh. 

Kandungan selenium dalam toge juga dapat membantu membunuh jamur penyebab kulit kepala kering dan mendorong pertumbuhan rambut baru. Mengonsumsi toge secara teratur juga dapat membuat rambut lebih lembut dan berkilau.


Membantu mengurangi penyerapan gula

Toge juga bermanfaat dalam membantu mengurangi penyerapan gula dengan cara memperlambat pencernaan karbohidrat. Oleh karena itu, toge baik untuk membantu memelihara kesehatan penderita diabetes.

Walaupun toge bermanfaat banyak bagi kesehatan, memakannya dengan cara dimasak dapat menghilangkan beberapa nutrisi yang baik bagi tubuh. Konsentrasi albumin, phaseolin dan glutelin menjadi berkurang, sehingga jika kamu ingin mendapatkan manfaat optimum dari toge, kamu dapat mengonsumsi suplemen Phaseolus vulgaris dari Jovee. Tersedia di Playstore dan Appstore.

Ingin tahu informasi seputar kesehatan lainnya? Cek selengkapnya di Ngovee.

Diedit oleh: Aileen Velishya