9 Manfaat Buah Tomat untuk Kesehatan Badan
Dr. Fala Adinda

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Tomat yang sering disangka sebagai salah satu jenis sayuran, ternyata termasuk dalam kategori buah-buahan. Tomat biasanya berwarna oranye atau merah. Tomat bisa dikonsumsi dalam berbagai cara. Tahukah kamu terdapat banyak manfaat buah tomat untuk kesehatan tubuh kamu, mulai dari menutrisi tubuh hingga mencegah kanker.

Tomat mengandung antioksidan alami yang disebut dengan Likopen (lycopene) yang dapat membantu memerangi efek radikal bebas penyebab kanker. Jenis antioksidan lainnya yang terdapat di dalam tomat adalah polifenol, naringenin, dan chlorogenic acid. Tomat juga mengandung rendah kalori dan lemak, namun kaya akan karotenoid, vitamin A dan C, folat, dan kalsium. 

Berbagai Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat tomat untuk mencegah dan meringankan gejala-gejala penyakit tertentu. 

  • Mencegah Kanker

Antioksidan yang terkandung dalam tomat seperti likopen, karotenoid, dan polifenol dapat membantu mencegah kerusakan DNA di dalam sel akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Tomat juga berperan dalam mencegah berbagai kanker, seperti kanker prostat, lambung, mulut, paru-paru, dan payudara. 

  • Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Tomat mengandung kalium yang berfungsi untuk meningkatkan asupan kalium serta mengurangi natrium yang sangat penting untuk menurunkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi tomat mampu mengurangi tekanan pada penderita tekanan darah tinggi.

  • Menjaga Kesehatan Jantung

Sejumlah penelitian menunjukan bahwa tomat dapat menurunkan faktor risiko penyakit jantung. Kandungan kalium dan likopen yang terdapat di dalam tomat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh dan membantu menjaga kestabilan detak jantung. Tomat juga dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan serangan jantung dan stroke. 

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan likopen yang terdapat di dalam tomat mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari paparan sinar UV yang berbahaya. Kandungan vitamin C pada tomat berperan sebagai perangsang kolagen dan antioksidan untuk mencegah kerusakan kulit oleh paparan sinar matahari, polusi dan asap. Tomat juga membantu mencegah adanya kerutan halus dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan, serta menjaga kulit tetap awet muda.

  • Memelihara Kesehatan Mata

Tomat mengandung antioksidan lutein, zeaxanthin, dan karotenoid yang dapat membantu mengurangi gejala mata lelah, dan penyakit mata karena penuaan, seperti degenerasi makula.

  • Baik untuk Penderita Diabetes

Tomat merupakan sumber serat yang rendah lemak dan gula. Kandungan nutrisi dalam tomat merupakan makanan dengan indeks glikemik yang rendah, sehingga tomat dianggap sebagai makanan yang baik untuk penderita diabetes.

  • Mencegah Sembelit

Kandungan air dan serat yang tinggi dalam tomat dapat membantu melancarkan buang air besar, menurunkan risiko sembelit, dan mencegah tubuh dari dehidrasi. 

  • Menjaga Berat Badan

Tomat mengandung rendah kalori, karbohidrat, dan lemak, namun kaya akan nutrisi yang lain yang bermanfaat dalam menjaga berat badan. Bagi kamu yang sedang dalam masa menurunkan berat badan, kandungan gizi dalam tomat dapat mencukupi nutrisi pada saat diet.

  • Mengatasi Jerawat

Tomat mengandung asam sitrat yang berfungsi untuk mengangkat lemak dan kotoran di wajah, untuk mencegah timbulnya jerawat. Tomat juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Caranya, potong tomat menjadi beberapa bagian. Lalu gosok irisan tomat tersebut pada jerawat. Lakukan cara ini secara teratur setiap hari selama satu bulan dan lihat hasilnya.

Itulah beberapa manfaat buah tomat bagi kesehatan. Cari tahu manfaat buah lainnya bagi kesehatan di Ngovee.

Ingin tahu apakah makanan yang kamu konsumsi sudah memenuhi kebutuhan vitamin harianmu? Unduh aplikasi Jovee di Playstore dan Appstore. Dengan Jovee kamu dapat melihat rekomendasi suplemen sesuai dengan kebutuhan personalmu. 

Diedit oleh: Aileen Velishya