Apa Saja Sih Manfaat Sirih?

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.
Daun sirih itu menjadi salah satu daun yang ajaib bagi orang pada zaman dahulu, banyak sekali pengobatan yang menggunakan daun sirih. Lalu apakah manfaat sirih itu memang sangat banyak dan juga sangat baik bagi tubuh dan juga kesehatan?

Daun sirih sendiri dari jaman dahulu biasanya dipakai dengan cara dikunyah dengan pinang yang diperuntukkan untuk merawat gigi lebih sehat. Nah berikut ini kami akan berikan penjelasan mengenai manfaat yang bisa kita dapatkan dari daun sirih ini.

Kandungan Daun Sirih

Daun sirih itu memiliki kandungan yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh, dan yang terutama adalah sebagai antiseptik untuk membasmi kuman. Selain itu juga ada kandungan nutrisi dan juga vitamin yang bisa membuat tubuh kita jadi jauh lebih sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu daun sirih pun memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga sangat baik sekali bagi tubuh kita. Kandungan itulah yang membuat manfaat dari daun sirih ini bisa dibilang sangat banyak.

Manfaat Daun Sirih

Kalau dilihat dari kandungannya, jelas kita sudah bisa sedikit banyak memperkirakan apa saja manfaat yang ada dari daun sirih. Manfaatnya itu memang sangat banyak dan sudah dari jaman dahulu kala penggunaan daun sirih itu untuk berbagai masalah kesehatan.

Namun secara detail mungkin semua orang tahu apa saja manfaat yang bisa kita rasakan dari penggunaan daun sirih untuk tubuh kita. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa manfaatnya untuk bisa kalian pergunakan.

1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Salah satu manfaat yang bisa dirasakan dari daun sirih itu adalah untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Ini karena sirih itu dipakai sebagai antiseptik, sehingga akan bisa membersihkan kuman yang sering ada di luka.

Dengan kebersihan dari kuman tersebut, maka proses penyembuhan luka itu akan bisa jadi lebih cepat karena sudah bersih. Ini berlaku untuk luka bakar, luka jatuh, bahkan mimisan pun bisa dihentikan dengan menggunakan daun sirih.

2. Untuk Menangkal Diabetes Dan Hipertensi

Hand holding a blood glucose meter measuring blood sugar, the background is a stethoscope and chart file

Manfaat sirih berikutnya adalah untuk menangkal beberapa penyakit berbahaya seperti diabetes dan juga hipertensi. Kandungan yang ada di daun sirih itu sebenarnya bisa digunakan untuk menstabilkan gula darah dengan lebih efektif. Selain itu bisa juga untuk menurunkan kolesterol dan juga tekanan darah tinggi, sehingga bisa mengatasi hipertensi juga.

3. Mencegah Kanker

Manfaat yang berikutnya adalah untuk mencegah kanker yang memang muncul akibat dari radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Nah daun sirih ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, sehingga jelas akan bisa menangkal terjadinya radikal bebas. Sehingga orang pun akan bisa mencegah terjadinya penyakit kanker yang merupakan penyakit yang sangat berbahaya sekali.

Cara Penggunaan Daun Sirih

Nah untuk bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari daun sirih, maka kita pun harus mengerti dan juga memahami bagaimana cara menggunakannya. Cara pertama adalah dengan dicuci bersih dan kemudian ditempelkan saja langsung ke bagian luka. Selain itu bisa juga direbus dan air rebusannya itu diminum secara berkala. Itulah cara mendapatkan manfaat sirih yang bisa kalian pergunakan.

Cara tradisional itu memang sering menjadi cara yang terbaik untuk mengobati berbagai penyakit dan juga luka seperti daun sirih ini. Info kesehatan seperti ini bisa loh kalian dapatkan dengan mudah di Ngovee, jadi tunggu apa lagi segera kunjungi situsnya.