Awas! Jangan Konsumsi Vitamin dan Suplemen Sembarangan
Dr. Fala Adinda

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Vitamin dan suplemen dapat ditemukan di berbagai macam makanan dan minuman. Beberapa minuman jus kemasan, susu, dan sari buah juga mengandung vitamin. Hal ini bisa menjadi salah satu cara bagi kamu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. 

Selain mengkonsumsi makanan dan minuman, salah satu cara lain untuk memastikan kebutuhan nutrisi harianmu tercapai adalah mengkonsumsi vitamin dan suplemen, baik secara oral maupun parenteral (suntik). Namun pada kenyataannya, belum banyak orang yang mengetahui seberapa banyak kadar vitamin atau mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Padahal, mengkonsumsi vitamin dan suplemen secara sembarangan dapat menyebabkan overdosis vitamin yang berpengaruh buruk bagi tubuh. Di artikel ini, kamu akan mengetahui dampak dari mengkonsumsi vitamin atau suplemen secara berlebihan dan beberapa tips untuk mencegahnya.

Bahaya Konsumsi Vitamin Dan Suplemen Sembarangan

Walaupun vitamin dan suplemen memiliki manfaat yang baik bagi tubuh jika dikonsumsi dengan benar, konsumsi vitamin dan suplemen melebihi dosis yang ditentukan tidak memiliki dampak yang baik bagi tubuh. Malah, sebaliknya, hal itu akan memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan.

Overdosis Vitamin

Overdosis vitamin terjadi ketika seseorang mengkonsumsi vitamin ataupun suplemen secara berlebihan sehingga melebihi kadar rekomendasi yang dianjurkan. Hal ini dapat terjadi secara tidak disengaja maupun disengaja. Overdosis vitamin biasanya terjadi dari suplemen atau vitamin yang dikonsumsi secara oral. Sangat jarang seseorang mengalami overdosis vitamin dari konsumsi makanan maupun minuman.

Vitamin A

Vitamin A bermanfaat bagi kesehatan mata, penglihatan, perkembangan sel dan fungsi sistem imun. Kadar rata-rata yang dianjurkan adalah 3000 mcg per hari (tergantung usia). Kelebihan vitamin A dapat menyebabkan kematian. Gejalanya mulai dari kulit dan bibir kering, rambut rontok, muntah-muntah hingga tekanan ke otak.

Betakaroten

Betakaroten juga bermanfaat bagi kesehatan mata. Dosis beta carotene yang dibutuhkan adalah 160 mg per hari untuk orang dewasa. Kelebihan betakaroten dapat meningkatkan risiko kanker paru bagi perokok.

Vitamin D

Vitamin D bermanfaat untuk membantu penyerapan kalsium sehingga bermanfaat pada kesehatan tulang. Kadar yang direkomendasikan untuk vitamin D adalah 15 mg per hari. Kelebihan kalsium dan vitamin D dapat menyebabkan batu ginjal dan masalah jantung. Bagi wanita hamil, kelebihan konsumsi vitamin D dapat meningkatkan resiko cacat mental pada bayi.

Vitamin E

Vitamin E bermanfaat bagi sistem imun, dan memiliki kandungan antioksidan untuk melawan radikal bebas. Selain itu vitamin E dapat mencegah penggumpalan darah. Dosis yang dianjurkan adalah 1000 mg per hari untuk orang dewasa. Kelebihan Vitamin E dapat menyebabkan stroke dan meningkatkan risiko pendarahan.

Zat Besi

Zat besi bermanfaat untuk meningkatkan produksi hemoglobin. Dengan tercukupinya kadar hemoglobin dalam darah, maka risiko terkena anemia dapat dicegah. Zat besi juga berperan penting dalam metabolisme energi. Dosis yang dianjurkan adalah 65 mg per hari. Kelebihan zat besi pada anak-anak dapat menyebabkan kematian akibat keracunan

Vitamin B6

Vitamin B6 dibutuhkan untuk mengubah protein dan gula menjadi tenaga. Selain itu vitamin B6 juga membantu dalam produksi hemoglobin dan bermanfaat bagi fungsi sistem saraf. Dosis yang dianjurkan adalah 100-300mg per hari untuk orang dewasa. Kelebihan Vitamin B6 dapat menyebabkan keracunan atau kerusakan syaraf, gangguan kulit, mual, dan sensitivitas cahaya.

Vitamin B3

Vitamin B3 bermanfaat bagi sistem saraf, saluran pencernaan dan kesehatan kulit. Dosis yang dianjurkan adalah 300-1000mg per hari. Kelebihan Vitamin B3 dapat menyebabkan mual, dan keracunan di hati.

Asam Folat

Asam folat bermanfaat untuk pembentukan DNA, dan perkembangan sel. Asam folat dibutuhkan sekitar 400 mcg per hari. Kelebihan asam folat menunjukkan gejala defisiensi B12

Vitamin C

Vitamin C bermanfaat sistem imun dan mengandung antioksidan untuk melawan radikal bebas. Dosis vitamin C yang dianjurkan adalah 75-90mg per hari. Kelebihan vitamin C atau zinc dapat menyebabkan mual, diare dan kram perut. Pada beberapa kasus bahkan menyebabkan batu ginjal.

Selenium

Selenium bermanfaat untuk merawat kadar kolestrol dalam tubuh. Selenium juga bermanfaat bagi penderita penyakit tiroid akibat auto imun. Dosis yang dianjurkan adalah 20-40 mcg per hari untuk orang dewasa. Kelebihan selenium dapat menyebabkan rambut rontok, mengganggu kesehatan saluran pencernaan, kelelahan dan merusak jaringan syaraf.

Artikel lain:
7 Fakta Vitamin C Yang Harus Kamu Ketahui
Mengenal Manfaat Vitamin D alias Vitamin Dewa

Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks bermanfaat untuk proses biologis dalam tubuh dan membantu produksi asetilkolin pada otak. Dosis untuk vitamin B kompleks adalah 0,25 – 2 mL per hari. Kelebihan vitamin B kompleks dapat menyebabkan tekanan darah rendah dan gangguan hati.

Beberapa gejala seperti mual dan muntah, konstipasi dan diare dapat menandakan tubuh kamu mungkin mengalami overdosis vitamin. Pada beberapa orang, terdapat gejala lain yang muncul seperti susah tidur, bahkan memiliki ritme denyut nadi yang abnormal.

Tips dan Trik Agar Tidak Kelebihan Dosis

Cek dosis

Caranya adalah melihat dari botol ataupun anjuran yang diberikan. Selalu konsumsi vitamin dan suplemen sesuai dosis yang dianjurkan. Jangan menambahkan atau mengurangi jumlah vitamin dan suplemen tanpa anjuran dari dokter.

Konsultasikan ke dokter atau apoteker

Terutama jika kamu memiliki kondisi atau riwayat penyakit tertentu. Jika kamu sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, sebaiknya kamu berkonsultasi ke dokter agar suplemen atau vitamin yang kamu konsumsi tidak memiliki kontra indikasi pada obat tersebut.

Walaupun suplemen memiliki manfaat yang baik bagi tubuh, sesuatu yang berlebihan itu tetap tidak baik loh.

Jadi selalu konsumsi suplemen sesuai dosis yang dianjurkan ya! 

Untungnya, di Jovee, kombinasi dari vitamin dan suplemen yang diberikan sudah ditinjau oleh tim dokter dan apoteker. Jadi kamu gak perlu khawatir bakal kelebihan dosis vitamin. Download Jovee di Playstore dan Appstore sekarang.

Referensi:

https://www.webmd.com/diet/guide/effects-of-taking-too-many-vitamins#3
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC164945/

Ditulis oleh: Aileen Velishya | Foto oleh: Dhira P Yuga