Tren Kopi Susu Masa Kini Untuk Kesehatan, Berbahayakah?
Dr. Fala Adinda

Tren kopi susu, sekarang ini sedang menjadi minuman hits yang digemari anak muda. Selain tren minuman thai tea khas Thailand, trend minuman kopi susu berbagai rasa juga memiliki peminat yang tak kalah banyak. Saat ini kehadiran minuman kopi susu sudah memiliki banyak varian rasa yang bisa dipilih. 

Namun tahukah kamu jika mengonsumsi minuman kopi susu berlebih dapat menimbulkan berbagai dampak yang berbahaya bagi tubuh? Yuk simak beberapa fakta tentang kopi susu kekinian dan bahayanya. 

Kopi Susu Kekinian 

Bagi sebagian orang, minum kopi adalah suatu hal yang harus dilakukan setiap hari. Tapi sebelum kamu memesan kopi, pelajarilah sejenak komposisi apa saja yang ada di kopi kamu, karena salah-salah, kamu mungkin saja menimbun lemak dan penyakit di tubuhmu. 

Tren kopi susu yang sedang hit jaman sekarang ini biasanya terdiri dari kopi, susu, gula putih atau gula aren, dan kental manis. 

Kopi / Espresso 

Kopi yang ada biasanya dalam bentuk espresso, yang terbuat dari biji kopi yang digiling dengan semburan air panas. Espresso ini memiliki kandungan kafein yang tinggi, namun tidak memiliki nilai gizi berarti. 

Satu cangkir shot espresso memiliki kandungan sebesar 5 mg kalori, 80-120 kafein dan nol protein. Menurut Catherine Collins, seorang ahli gizi terdaftar dari RS St. George London, espresso bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Karena kandungan kafein dalam espresso dapat merangsang sistem saraf pusat dan meningkatkan kinerja sebelum kamu berolahraga. 

Susu 

Susu memiliki banyak manfaat karena mengandung kalsium yang dapat membantu perkembangan tulang dan gigi. Selain itu kalsium dalam susu juga membantu dalam proses pembekuan darah. Namun susu yang dicampur kopi tidak akan memiliki kadar kalsium secara maksimal. 

Susu yang dikonsumsi terlalu banyak atau terlalu sering juga dapat menjadi dampak buruk ke kesehatan. Susu yang dicampur ke kopi memiliki kalori yang berbeda tergantung jenis susunya. Untuk susu full cream memiliki 120 kalori. Untuk susu non lemak memiliki 75 kalori. 

Gula 

Satu sendok makan gula putih mengandung 60,8 kalori. Sedangkan satu sendok teh gula pasir mengandung 16 kalori, sedangkan satu sendok teh gula tebu mengandung 17 kalori. Namun biasanya gula yang digunakan dalam kopi susu lebih banyak dari satu sendok teh. 

Gula aren 

Satu sendok makan gula aren mengandung hampir 60 kalori. Jumlah kalori yang dimiliki gula aren dan gula putih tidak berbeda jauh. Gula aren dan gula pasir sama-sama mengandung 300 kalo per 100 gram. 

Kental Manis 

Kental manis mengandung 320 kalori per 100 gram. Dengan kolesterol sebesar 34mg dan lemak 9gram, kental manis biasanya digunakan sebagai pengganti gula

Jadi jumlah kalori yang dikandung tergantung dari kopi apa yang kamu pesan. Untuk segelas kopi susu gula aren, jumlah kalorinya bisa mencapai 185 kalori. 

Bahaya Minuman Tren Kopi Susu Kekinian yang Harus Kamu Waspadai 

Walaupun memberikan cita rasa yang nikmat, nyatanya minuman tren kopi susu kekinian ini tidak baik dikonsumsi secara berlebihan. Oleh karena itu, kamu harus waspada dan membatasi konsumsinya per hari. Sebagai tambahan informasi, berikut akan dijelaskan beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan oleh minuman trend ini bagi kesehatan tubuh. Apa saja itu? 

1. Diabetes 

Dibanding dengan kopi biasa, minuman es kopi susu kekinian cenderung memberikan lebih banyak gula kedalam minumannya. Jika dikonsumsi setiap hari, tentu hal ini sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat memicu penyakit diabetes. 

Penyakit diabetes disebabkan karena banyaknya kandungan gula di dalam darah. Oleh karena itu agar terhindar dari penyakit diabetes, Kamu harus bijak dalam memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Agar kadar gula darah tidak tinggi, maka jangan terlalu sering mengonsumsi es kopi susu kekinian ini. 

2. Mengurangi Kadar Kalsium 

Salah satu kandungan nutrisi yang sangat penting untuk penguatan tulang dan gigi pada tubuh adalah kalsium. Sumber kalsium ini biasanya banyak ditemukan di dalam susu. Namun ternyata minuman kopi susu kekinian mampu mengurangi kandungan kalsium hingga 10% di dalam susu. Karena banyaknya pengurangan kadar kalsium pada minuman es kopi susu kekinian, maka jika kamu ingin mendapatkan manfaat yang optimal dari susu, sebaiknya jangan mengonsumsi kopi susu kekinian. 

3. Menghilangkan Nilai Gizi pada Susu 

Susu merupakan salah minuman yang mengandung berbagai kandungan penting yang sangat dibutuhkan tubuh seperti kalsium dan fosfor. Sayangnya mencampurkan susu dengan kopi justru akan mengurangi nilai kandungan gizi yang terdapat di dalam susu. 

Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Hal ini dikarenakan kandungan tanin yang terkandung di dalam susu mampu mengikat zat besi pada susu sehingga kandungan zat besi yang terkandung di dalam susu akan hilang. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Mengenal Manfaat Vitamin D alias Vitamin Dewa
7 Fakta Vitamin C Yang Harus Kamu Ketahui
10 Manfaat Ajaib Pisang & Cara Terbaik Mengolahnya

4. Menimbulkan Jerawat 

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa mengonsumsi minuman es kopi susu kekinian secara berlebih mampu memicu timbulnya jerawat pada wajah. Hal ini dikarenakan susu mengandung zat pro-inflamasi yang bisa menimbulkan jerawat Hormon yang terkandung di dalam susu juga dapat memicu timbulnya jerawat. 

Hormon yang terkandung dalam susu mampu memicu reseptor perangsang produksi kelenjar minyak pada tubuh. Jika produksi minyak pada wajah meningkat sedangkan pori-pori kulit tersumbat, maka hal tersebut dapat memicu munculnya komedo yang akhirnya menyebabkan jerawat. 

5. Meningkatkan Produksi Asam Lambung 

Mengonsumsi es kopi susu kekinian juga dapat memicu peningkatan produksi asam pada lambung. Tingginya kadar kafein yang terkandung di dalam kopi mampu memicu produksi asam lambung berlebih apalagi jika dikonsumsi secara berlebihan. 

Hal ini tentu sangat berbahaya apalagi jika sebelumnya Kamu memiliki riwayat penyakit maag atau asam lambung berlebih. Oleh karena itu, agar produksi asam lambung tidak meningkat, Anda bisa mengganti kopi susu dengan gula merah yang dicampur dengan creamer. 

6. Meningkatkan Risiko Obesitas 

Minuman es kopi susu kekinian tidak hanya menyertakan kopi biasa, namun ada berbagai tambahan yang diberikan untuk menambah cita rasanya. Sebut saja susu, gula, creamer, dan pemanis buatan. Selain bisa meningkatkan risiko diabetes, tingginya gula dan berbagai jenis lemak yang dihadirkan pada segelas es kopi susu juga bisa memicu obesitas atau kenaikan berat badan berlebih pada tubuh. 

Satu gelas minuman es kopi susu kenaikan memiliki total 133 kalori. Bayangkan jika Kamu mengonsumsi tiga gelas sehari, maka ada sekitar 400 kalori yang masuk kedalam tubuh yang tentunya bisa memicu risiko obesitas. 

Menikmati segelas es kopi susu kekinian memang sangat nikmat. Namun bukan berarti Kamu harus mengabaikan kesehatan tubuh di masa depan. Agar terhindar dari berbagai risiko kesehatan, Kamu tidak harus menghentikan konsumsi es kopi kekinian, hanya saja jumlah asupannya harus dibatasi dan dikurangi sehingga berbagai kandungan gula dan lemak tinggi yang dihadirkan dalam segelas es kopi susu kekinian tidak akan berpengaruh buruk terhadap tubuhmu. 

Tertarik mendapatkan info terbaru mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store

Diedit oleh: Aileen Velishya

Foto oleh: Dhira P Yuga