Beberapa Manfaat Madu Untuk Wajah

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Madu merupakan salah satu cairan yang memiliki manfaat yang sangatlah besar bagi tubuh, dan ini sudah terbukti oleh banyak orang. Manfaat madu untuk wajah dan untuk bagian tubuh yang lainnya memang sangatlah banyak, sehingga banyak yang mencari madu.

Madu sendiri dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, sehingga banyak orang yang mengonsumsi madu secara rutin. Nah kesempatan ini kami akan jelaskan madu itu sendiri seperti apa dan juga manfaatnya bagi tubuh kita.

Kandungan Dalam Madu

Sudah dari jaman dahulu kita mengetahui kalau madu itu memiliki kandungan yang sangat banyak dan baik bagi tubuh kita. Kandungan seperti vitamin dan juga mineral yang baik bagi tubuh manusia itu terkandung banyak pada madu ini.

Kandungan seperti natrium, asam amino, vitamin A dan vitamin D itu menjadi kandungan yang sangat baik untuk tubuh kita. Selain itu madu juga memiliki kandungan anti bakteri, antioksidan dan juga anti inflamasi yang membuat madu itu sangat menyehatkan.

Manfaat Bagi Wajah

Nah dengan kandungan mineral dan juga vitamin dalam madu itu membuat kandungan dalam madu itu sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Salah satu manfaat yang mungkin bisa terlihat adalah untuk wajah, ada banyak sekali manfaat yang baik bagi wajah kita.

Tapi memang tidak banyak juga orang yang menyadari kalau madu itu juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk wajah kita. Berikut ini kami akan informasikan beberapa manfaat madu untuk wajah kita.

1. Mengatasi Jerawat

Salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan dari madu adalah untuk mengatasi jerawat yang sangat mengganggu di wajah kita. Madu itu memiliki zat anti inflamasi dan juga memiliki zat anti bakteri yang bisa meredakan peradangan dan pembengkakan akibat jerawat.

Jadi bila kita menggunakan madu sebagai masker untuk satu malam, maka efek peradangan akan bisa sembuh. Namun kalian harus menggunakan madu yang murni ya untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Menyembuhkan Luka

Susunan kimiawi pada madu yakni gula itu membuat madu memiliki osmolalitas yang tinggi di dalam tubuh. Sehingga pada saat bersentuhan dengan luka, maka madu ini akan membuat mikroorganisme yang ada di dalam luka tidak dapat berkembang.

Zat pemanis yang terkandung di dalam madu pun memproduksi hydrogen peroksida ketika dioleskan pada luka. Hal ini tentu akan membantu proses penyembuhan dari luka, itulah manfaat madu.

Menurut dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee, “Pada beberapa negara termasuk di indonesia, madu sudah dipakai sebagai bahan untuk merawat luka misalnya pada luka bakar, ini dikarenakan madu memiliki osmolaritas yang cukup tinggi sehingga menghambat pertumbuhan bakteri, selain itu memiliki kandungan antioksidan, dan kandungan hidrogen peroksida, efek anti-bakteri sehingga mempercepat penyembuhan luka”

3. Eksfoliasi

Madu juga bisa dipakai untuk eksfoliasi pada wajah, sehingga bisa mengangkat kulit mati di wajah kita dengan baik. Jadi meskipun madu itu lembut, akan tetapi ada enzim di dalamnya yang bisa dipakai untuk mengangkat kulit mati tersebut. Menggunakan scrub madu dengan bahan lainnya itu akan membuat kita bisa mendapatkan manfaat lebih baik.

4.     Menangkal Penuaan Dini

Madu itu memiliki banyak sekali mineral, antioksidan, dan juga vitamin yang lebih banyak dari krim anti-aging. Sehingga madu itu memiliki khasiat yang salah satunya adalah menangkal penuaan dini yang terjadi pada wajah kita. Oleh karena itulah kita bisa memakai madu ini sebagai masker untuk membuat kulit wajah kita tetap kencang dan kenyal dan itu manfaat madu untuk wajah.

Mungkin sampai sekarang banyak orang yang sudah tahu manfaat dari madu itu apa saja, akan tetapi tidak secara mendetail. Oleh karena itu kalian bisa mengunjungi Ngovee, di sana ada banyak info kesehatan yang bisa didapatkan.