Khasiat Strawberry Untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya
Dr. Fala Adinda

Ditinjau oleh: dr. Fala Adinda

Strawberry merupakan salah satu buah yang sangat populer di seluruh dunia, karena buah ini banyak tersebar luas di berbagai negara seperti Eropa, Amerika, dan juga Asia, termasuk Indonesia. Buah dengan ukuran yang mungil dan berwarna merah disertai dengan bintik-bintik ini, ternyata memiliki banyak manfaat dan khasiat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Buah Strawberry

Namun sebelum kamu mencari tahu tentang manfaat dan khasiat strawberry, sebaiknya ketahui terlebih dahulu kandungan yang terdapat dalam buah satu ini. Kandungan yang dimilikinya antara lain:

  • Vitamin C dalam buah stroberi lebih banyak jika dibandingkan dengan buah jeruk. Hal ini bisa dilihat bahwa stroberi dapat memberikan sekitar 94 mg vitamin C atau sama dengan 1.5 kebutuhan harian untuk vitamin C.
  • Kalori yang dimiliki oleh buah stroberi tidak mengandung asam lemak jenuh atau kolesterol. Justru stroberi mengandung asam folat yang baik untuk mencegah cacat tabung saraf pada janin, potassium yang merupakan mineral untuk menurunkan tekanan darah, serta serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol, kadar lemak, dan juga menyehatkan saluran pencernaan.
  • Antioksidan yang dimiliki oleh stroberi cukup tinggi, sehingga dengan Anda memakan buah ini dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan yang dipicu oleh bahan-bahan yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, kandungan ini akan memberikan perlindungan hati dan menjadikannya sebagai zat anti-inflamasi.

Khasiat Bagi Kesehatan Tubuh 

Jika kamu sudah mengetahui kandungan yang terdapat dalam buah strawberry, selanjutnya mencari tahu tentang manfaat dan khasiatnya bagi kesehatan tubuh. Berikut ini terdapat beberapa manfaat atau khasiat yang diberikan oleh strawberry untuk kesehatan tubuh kamu.

  • Dapat Mencegah Kanker

Strawberry memiliki beberapa kandungan nutrisi seperti vitamin C, asam ellagik, vitamin A, vitamin E, dan lainnya, yang mana semua itu dapat berfungsi untuk melumpuhkan atau mematikan sel kanker yang ada dalam tubuhmu.

Walaupun strawberry sudah melalui proses pengolahan, kandungan antioksidan tetap tinggi sehingga dapat melindungi tubuhmu dari serangan sel kanker dan mencegah terjadinya kanker sel darah. Buah mungil merah ini juga dipercaya bisa mencegah leukemia, yang mana merupakan salah satu kanker yang sangat mematikan. Serta menghambat pertumbuhan kanker kulit, kanker payudara, kanker hati, dan kanker prostat.

  • Dapat Mencegah Terjadinya Alergi dan Radang

Strawberry mengandung gula yang rendah, sehingga dapat melawan radang sendi dan cocok untuk kamu yang mengidap diabetes.

  • Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Kandungan zat besi dan potassium yang dimiliki oleh strawberry, sangat efektif untuk menekan atau mengatasi tekanan darah tinggi. Sehingga jika kamu mengkonsumsi buah ini, dapat membuat tekanan darah normal kembali.

  • Mencegah Penyakit Jantung

Memiliki folat, antioksidan, serat, dan vitamin yang tinggi, membuat stroberi cukup efektif untuk mencegah penyakit jantung dan mengurangi kadar kolesterol.

  • Menjaga Kesehatan Otak

Radikal bebas dapat disebarkan melalui lingkungan dan juga makanan, yang mana hal ini dapat mengancam kesehatan tubuh. Sebab, radikal bebas tidak hanya menyebabkan penuaan dini, tetapi juga dapat mengancam kondisi pada fungsi otak.

Sehingga untuk mencegah hal tersebut dan menjaga kesehatan otak, kamu bisa mengkonsumsi strawberry. Hal ini dikarenakan fitonutrien dan vitamin C yang ada dalam buah tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga kondisi fungsi otak kamu.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Dengan nutrisi tinggi yang dimiliki oleh buah strawberry, dapat menjaga kesehatan mata kamu. Sebab, kandungan nutrisi tersebut dapat memerangi radikal bebas yang dapat mempengaruhi kondisi kesehatan mata.

Tidak hanya untuk kesehatan, khasiat dan manfaat dari buah strawberry juga baik untuk penampilan kamu. Seperti halnya:

  • Mengobati Jerawat

Dengan asam salisat yang terkandung dalam buah strawberry, bermanfaat untuk mengobati jerawat secara alami. Sehingga kamu tidak perlu menggunakan bahan-bahan kimia, cukup dengan konsumsi buah satu ini.

  • Dapat Memutihkan Gigi

Melalui asam malat yang ada dalam strawberry, bertindak sebagai zat yang dapat menghilangkan serta mengikis noda-noda yang ada pada permukaan gigi. Tidak hanya itu, mulutmu juga akan lebih sehat karena dengan memakan strawberry dapat menghilangkan bau mulut dan membuat napas menjadi lebih segar.

  • Membuat Kulit Menjadi Halus

Kamu bisa menggunakan strawberry sebagai lulur mandi karena bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Sehingga kulitmu bisa lebih halus dan tampak lebih cerah.

Ide Sarapan Dari Buah Strawberry

Setelah mengetahui khasiat dan manfaat yang diberikan oleh strawberry, kamu bisa memasukkan buah yang banyak disukai oleh banyak orang ini ke dalam menu sarapan. Sebab dengan rasa manis dan asam yang cukup unik tersebut, membuat strawberry lezat dicoba untuk bahan dasar dari makanan. Berikut ini ada beberapa ide menu sarapan dengan bahan dasar strawberry yang bisa kamu coba.

  • Tacos Fresh Strawberry Breakfast

Isian tacos yang biasanya diisi dengan daging dan sayuran bisa kamu ganti dengan menggunakan isian yang manis, seperti krim manis dan buah strawberry. Tidak hanya menjadi menu yang sehat dan lezat untuk dicoba, tetapi juga lebih praktis.

  • Strawberry Shortcakes Breakfast

Menu yang mirip dengan waffle ini cocok untuk dihidangkan saat sarapan. Dengan komposisi yogurt, sirup maple, dan potongan strawberry akan menghasilkan menu yang manis, lezat, dan sehat dengan berbagai vitamin dan protein di dalamnya.

  • Strawberry Oatmeal Breakfast

Menu sarapan identik dengan oatmeal. Jadi untuk membuat menu oatmeal lebih menarik namun tetap praktis, kamu bisa mencoba ide alternatif, dimana menambahkan komposisi menu oatmeal instan dengan beberapa bahan lainnya. Seperti susu, gula merah yang sudah dihaluskan atau diiris, dan juga tambahkan potongan buah strawberry . Sehingga tidak hanya membuat menu ini menjadi lezat, tetapi juga mempercantik menu sarapan satu ini.

  • Banana and Strawberry Sandwich Breakfast

Sandwich atau olahan roti isi identik dengan isian seperti telur, daging ham, daun selada, keju, beberapa bahan lainnya yang gurih. Namun, kamu bisa mengubah menu simpel ini menjadi hidangan manis dan tentunya lebih lezat serta sehat.

Kamu bisa mengubah isi dari sandwich tersebut dengan beberapa komposisi, seperti madu, krim manis, perasan jeruk lemon, serta irisan buah pisang dan strawberry . Sehingga menu sandwich simpel ini akan memberikan sensasi unik saat kamu mencicipinya.

  • Bacon and Strawberry Salad Breakfast

Ada menu gurih lainnya yang bisa Anda tambahkan buah strawberry sebagai bahan dasar untuk sarapan. Menu tersebut ialah salad, dimana kamu akan memadukan beberapa komposisi bahan mulai dari selada, alpukat, telur rebus, dan juga bacon yang sudah digoreng.

Kemudian kamu bisa menambahkan potongan buah strawberry untuk menambahkan cita rasa dalam menu salad ini. Sebagai dressingnya, kamu bisa menambahkan saus wijen dan juga biji wijen, atau hanya menggunakan madu tidak masalah.

Jadi itulah beberapa ide menu sarapan yang menggunakan bahan dasar strawberry. Jangan ragu lagi untuk mengkonsumsi buah strawberry, karena kandungan nutrisi yang dimilikinya memiliki banyak khasiat.

Untuk mendapat informasi kesehatan lainnya, cek artikel selanjutnya di Ngovee.

Ingin memenuhi kebutuhan nutrisi harian tapi bingung suplemen apa yang cocok bagi kamu? Download aplikasi Jovee di Playstore atau Appstore sekarang.

Diedit oleh: Aileen Velishya