Bolehkah Makan Biji Pepaya?

Buah pepaya merupakan salah satu buah yang banyak disukai karena menawarkan rasa yang enak dan memiliki nutrisi yang sangat luar biasa. Namun sangat disayangkan banyak orang yang membuang bijinya. Banyak orang lebih suka dengan buahnya yang manis. Ada yang tidak disadari kalau sebenarnya biji pepaya ini juga bisa dimakan dan kaya manfaat. Biji pepaya memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi. Namun ada efek samping yang perlu anda pertimbangkan sebelum memakannya. 

Biji pepaya sangat bergizi karena mengandung banyak mikronutrien esensial. Biji pepaya ini memiliki kandungan gizi tinggi berupa polifenol dan flavonoid dan dua senyawa yang bertindak sebagai antioksidan untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh. Antioksidan ini mampu melawan radikal bebas. Selain itu juga bisa untuk mencegah stres oksidatif dan menangkal penyakit kronis. 

Selain itu biji pepaya juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang sehat dan mengandung asam oleat. Terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan kalau ada orang yang mengalami diabetes tipe 2 dengan konsumsi makanan tinggi asam lemak tak jenuh tunggal sangat baik. Hal ini mampu menurunkan kadar kolesterol lipoprotein dan trigliserida hingga 22 % dan 19%. 

Terlebih biji pepaya ini juga memasok serat dalam dosis tinggi. Sehingga dengan meningkatkan asupan serat pada tubuh bisa membantu anda untuk mengurangi kadar kolesterol dan tekanan darah. Mengkonsumsi serat yang tinggi bisa menurunkan resiko penyakit jantung, diabetes, stroke, dan obesitas. 

Jadi dapat dikatakan kalau biji pepaya ini merupakan sumber nutrisi yang sangat baik, sebagai antioksidan, lemak tak jenuh tunggal dan serat. 

Potensi Manfaat Biji Pepaya Untuk Kesehatan 

Biji pepaya selain menyediakan berbagai nutrisi yang sangat penting untuk tubuh, biji pepaya ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh yang sangat potensial. Penasaran apa saja manfaatnya untuk tubuh? Berikut ini penjelasannya : 

Bisa Membantu Melawan Infeksi

Terdapat sebuah studi yang menyebutkan kalau biji pepaya bisa membantu tubuh untuk menghancurkan berbagai jenis jamur dan parasit tertentu. Terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan kalau ekstrak biji pepaya ini sangat efektif untuk tiga jenis jamur mulai dari patogen spesifik yang bisa menyebabkan infeksi jamur. 

Kemudian ada penelitian yang menyebutkan kalau minum ramuan dari biji pepaya kering dengan madu bisa signifikan dan lebih efektif dalam membunuh parasit dalam usus. Namun studi besar juga sangat dibutuhkan untuk mengetahui bagaimana makan biji pepaya agar bisa mempengaruhi infeksi jamur dan parasit yang menempel pada manusia. 

Bisa Melindungi Fungsi Ginjal

Kita ketahui bersama kalau organ ginjal itu memiliki peran integral dalam kesehatan manusia. Ginjal bertindak sebagai filter untuk menghilangkan limbah dan kelebihan cairan dalam tubuh. Terdapat penelitian yang menyebutkan kalau makan biji pepaya ini bida menjaga dan melindungi kesehatan ginjal anda. 

Ada salah satu studi pada tikus yang diberikan obat untuk toksisitas, menemukan kalau ekstrak biji pepaya ini bisa membantu untuk mencegah kerusakan pada ginjal. Mengingat biji pepaya kaya akan antioksidan sehingga bisa memblokir kerusakan oksidatif pada sel tubuh dan menjaga kesehatan ginjal. Namun studi ini masih sebatas pada hewan, kalau untuk manusia masih perlu banyak melakukan studi. 

Memiliki Sifat Antikanker

Mengingat biji pepaya ini memiliki banyak nutrisi dan antioksidan yang banyak maka ada beberapa penelitian yang mampu menunjukkan kalau biji pepaya ini memiliki sifat antikanker. Terdapat juga studi yang menemukan kalau ekstrak biji pepaya ini juga bisa digunakan untuk mengurangi peradangan dan melindungi terhadap perkembangan kanker

Bisa Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Kita ketahui bersama kalau biji pepaya ini ternyata juga menjadi sumber serat yang baik. Serat ini nantinya akan bergerak melalui saluran pencernaan yang tidak bisa dicerna dengan baik. Kemudian akan menambahkan jumlah feses yang lebih besar sehingga bisa meningkatkan keteraturan. 

Semakin meningkatnya asupan serat maka bisa meningkatkan juga beberapa aspek kesehatan pencernaan lainnya. Serat makanan bisa juga untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit seperti radang usus, meredakan gejala wasir, dan bisa mencegah pembentukan bisul usus. 

Sehingga dapat dikatakan kalau biji pepaya bisa membantu anda untuk melawan berbagai infeksi. Selain itu biji pepaya dapat meningkatkan kesehatan ginjal, melindungi dari kanker, dan bisa meningkatkan kesehatan pencernaan dalam tubuh. 

Kemungkinan Biji Pepaya Bisa Menimbulkan Berbagai Masalah Kesehatan 

Walau biji pepaya ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan ternyata ada juga beberapa masalah kesehatan yang bisa mengelilinginya. Mulai dari bisa menurunkan kesuburan laki-laki. Terdapat penelitian pada tikus yang menyebabkan penurunan jumlah sperma dan motilitas sperma. 

Apabila dikonsumsi dalam jumlah besar ternyata juga berbahaya untuk kesehatan tubuh. Salah satunya bisa menyebabkan kerusakan pada DNA. 

Jadi dapat dikatakan kalau ekstrak biji pepaya ini sebenarnya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan mulai mencegah kanker dan melindungi ginjal. Namun kalau dikonsumsi dalam dosis tinggi bisa menyebabkan efek samping, namun masih bisa dihindari dengan memperhatikan porsi per harinya. 

Lain kali anda bisa mengiris buah pepaya dengan menikmati dagingnya yang manis dan jangan lupa untuk mencicipi biji pepaya untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang ditawarkannya. 

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat mengkonsumsi biji pepaya tentunya dengan dosis yang tepat. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk anda semuanya.

Ingin tetap update seputar tren dan informasi kesehatan? Daftarkan email Anda ke Ngovee sekarang juga. Dapatkan konsultasi dokter online dengan mengunduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store.