Bolehkah Membekukan Telur dan Mengonsumsinya?

Telur merupakan salah satu bahan dapur yang bermanfaat, baik untuk dimasak sendiri maupun dimasukkan ke dalam adonan kue. Biasanya, telur-telur berjumlah banyak akan disimpan kedalam lemari es dan tahan hingga 3-5 minggu. Sepintas, mungkin Anda pernah bertanya-tanya sendiri, bolehkah membekukan telur? Dapatkah kita menyimpan telur kedalam freezer atau membekukannya biar tahan lebih lama?

Hal ini mungkin juga didorong oleh kondisi saat Anda hanya menggunakan putih telurnya saja untuk membuat kue, kemudian hendak menyimpan kuning telurnya ke dalam freezer. Bolehkah dilakukan? Amankah telur beku dikonsumsi?

Nah, pada artikel ini akan mengulas lebih lanjut terkait jenis telur mana yang boleh dibekukan dengan aman dan bagaimana cara terbaik untuk melakukannya. 

Jenis Telur Manakah yang Boleh Dibekukan?

Perlu Anda tahu, hanya ada beberapa telur yang boleh dibekukan. Berdasarkan Food and Drug Administration (FDA) dan U.S Department of Health and Human Services (HHS), Anda tidak diperbolehkan membekukan telur mentah yang masih berada dalam cangkang. Alasannya, ketika telur mentah dalam cangkang dibekukan, cairan didalamnya akan mengembang yang menyebabkan cangkang retak akibatnya, isi telur akan rusak dan berisiko terkontaminasi dengan bakteri.

Selain itu, pembekuan telur mentah yang telah dihilangkan cangkangnya dapat berpengaruh buruk terhadap teksturnya. Sebab, kuning telur akan menjadi lebih kental menyerupai gel. Tentu saja, tekstur tersebut akan membuatnya lebih sulit untuk dimasak atau dimasukkan dalam adonan kue walaupun telah dicairkan. Begitu Pula jenis telur rebus yang tidak dianjurkan untuk dibekukan karena putih telurnya bisa berubah jadi lebih kenyal dan berair ketika dicairkan.

Meski demikian, ada jenis telur yang boleh dibekukan dengan aman tanpa memberikan efek buruk, seperti:

  • Putih telur mentah
  • Kuning telur mentah
  • Telur utuh mentah yang telah dipisahkan dari cangkang dan dikocok
  • Hidangan telur yang telah dimasak

Bagaimana Proses Pembekuan dapat Memengaruhi Putih dan Kuning Telur?

Telur terdiri dari dua bagian yaitu putih telur dan kuning telur. Keduanya bereaksi berbeda-beda terhadap pembekuan.

Tekstur

Putih telur beku dan cair yang memiliki lebih besar air dan protein tidak menyebabkan perubahan tekstur yang nyata setelah dimasak. Namun, proses pembekuan ini meningkatkan kemampuan putih telur dalam berbusa, salah satu karakter yang digunakan untuk memasak makanan yang dipanggang dan kue. Satu studi pun menemukan bahwa putih telur yang membeku dapat menyebabkan beberapa protein mengalami denaturasi atau kehilangan bentuknya. Akibatnya, putih telur yang telah dibekukan lalu dicairkan akan memiliki sifat berbusa lebih besar.

Sementara, kuning telur mentah yang dibekukan menjadi lebih kental seperti gel. Inilah yang disebut dengan gelasi. Penelitian menunjukkan bahwa gelasi merupakan hasil dari pembentukan kristal es dalam kuning telur. Namun, kuning telur tetap bisa dibekukan asalkan ditambah dengan gula atau garam terlebih dulu. Perlakuan tersebut mampu memperbaiki tekstur kuning telur yang sudah dicairkan dan dimasak untuk mencegah gelasi.

Rasa

Meskipun proses pembekuan tidak mungkin memengaruhi rasa, namun apabila ditambahkan bahan lain mungkin akan berpengaruh. Misalnya, telur akan sedikit lebih manis atau asin tergantung dari bahan apa yang ditambahkan sebelum dibekukan. Selain itu, telur yang dibekukan secara komersial mungkin telah ditambahkan bahan pengawet atau lainnya yang memengaruhi rasa. Sila cek terlebih dulu bahan dari produk frozen egg yang Anda beli sebelum membeli untuk memastikannya.

Bagaimana Cara Membekukan Berbagai Jenis Telur secara Aman?

Meskipun telur mentah tidak boleh dibekukan, Anda masih bisa membekukan putih telur dan kuning telur secara terpisah atau dicampur. Hidangan telur campur seperti casserole dan quiches juga bisa dibekukan dengan aman. Telur mentah dapat dibekukan selama 12 bulan, sementara hidangan telur harus dicairkan dan dipanaskan kembali dalam 2-3 bulan.

Telur Utuh

Untuk membekukan telur utuh, pecahkan terlebih dulu seluruhnya. Kemudian, kocok perlahan-lahan hingga tercampur sepenuhnya. Tuangkan telur kedalam wadah yang aman dan masukkan freezer. Akan lebih mudah jika membekukan telur satu per satu. Jangan lupa, beri label pada wadah tanggal pembuatan dan jumlah telur yang dibekukan.

Putih Telur

Pecah telur dan pisahkan putih telur dari kuning telur. Masukkan putih telur ke dalam nampan es batu atau lainnya yang aman. Beri label tanggal dan jumlah putih telur.

Kuning Telur

Kuning telur yang telah dipisahkan dikocok dengan lembut hingga tercampur dan cair. Setiap 4 kuning telur ditambahkan ¼ sendok teh garam atau ½ sendok teh gula pasir, lalu aduk hingga rata. Masukkan ke wadah, beri label tanggal dan apa yang ditambahkan.

Hidangan Telur yang Dimasak

Hidangan seperti casserole atau quiches akan lebih mudah dibekukan jika dipotong kecil-kecil. Terlebih dulu, dinginkan piring hidangan ini ke suhu ruangan, lalu ditutup dan masukkan ke freezer. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Bagaimana Cara Memasak Telur yang Sehat?
Apakah Vegetarian Makan Telur?
Bolehkah Penderita Stroke Konsumsi Telur? Begini Penjelasannya
10 Manfaat Putih Telur untuk Kesehatan
Kenali Manfaat Telur serta Teknik Pengolahannya

Bagaimana Mengolah Telur Beku?

Telur beku yang mentah maupun telah dimasak harus dicairkan dulu di lemari es, baru dimasak hingga 71 derajat Celcius untuk mengurangi risiko penyakit bawaan. Anda juga bisa mencairkan telur mentah dibawah air mengalir yang dingin. Telur mentah, kuning telur, dan putih telur harus segera dimasak setelah dicairkan dengan berbagai resep gurih dan manis.

Daftarkan email Anda ke Ngovee untuk tetap update seputar tren dan informasi kesehatan lainnya. Unduh aplikasi Lifepack yang tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan kemudahan konsultasi dokter gratis sekarang juga.