Catat, Inilah Buah untuk Mencegah Penyakit Jantung

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Jantung merupakan organ vital yang bertugas memompa darah keseluruh tubuh. Oleh karena itu, penting menjaga kesehatan jantung supaya fungsinya tidak terganggu. Selain menghindari konsumsi makanan dengan lemak jenuh tinggi, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi buah-buahan guna menurunkan risiko penyakit jantung. 

Mengatur pola makan adalah kunci utama menjaga kesehatan jantung. Makanan dengan lemak trans, lemak jenuh, dan gula yang tinggi adalah pantangan yang wajib dihindari jika ingin jantung yang sehat. Walaupun ada banyak pantangan yang harus dibatasi, namun banyak pula makanan yang boleh dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung. Salah satunya adalah buah.  Inilah daftar buah untuk mencegah penyakit jantung yang sudah dirangkum oleh tim Ngovee, informasi kesehatan terpercaya.

Buah Untuk Mencegah Penyakit Jantung

Ya, dalam kandungan buah ini memiliki peran penting untuk membasmi kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini didukung oleh penelitian yang menyatakan bahwa makan buah sehari selama 6 bulan mampu menurunkan kolesterol hingga 25 persen. Jadi lebih bersemangat bukan untuk mengonsumsi buah-buahan? Nah, biar jantung lebih sehat, yuk cari tahu buah apa saja yang sebaiknya dimakan!

Aprikot

Buah untuk mencegah penyakit jantung pertama adalah aprikot. Aprikot mengandung nutrisi lengkap yang memperkuat jantung seperti vitamin A, C, E, K, serat yang tinggi, kalium, dan karotenoid. Vitamin C berperan untuk mencegah kerusakan jantung yang disebabkan oleh radikal bebas. Sedangkan kalium bertugas untuk menurunkan tekanan darah dengan melemaskan pembuluh darah dan arteri. 

Bagaimana dengan karotenoid? Selain berfungsi sebagai pemberi warna pada buah aprikot, karotenoid juga berperan sebagai antioksidan. Manfaat karotenoid meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga terhindar dari berbagai risiko penyakit. Baik buah aprikot segar maupun kering, keduanya sama-sama berkhasiat untuk menjaga kesehatan jantung. Biasanya, buah ini sering dijadikan sebagai topping pada sereal.

Kiwi

Buah yang memberikan manfaat baik bagi kesehatan jantung lain adalah kiwi. Ya, dalam buah ini mengandung vitamin E yang sangat penting untuk menghambat oksidasi kolesterol jahat atau LDL. Tidak hanya vitamin E, buah kiwi juga kaya akan vitamin A, C, serat, dan magnesium yang tak kalah penting bagi jantung. Hanya saja, jangan sampai Anda salah dalam memilih buah kiwi. Ketahuilah, buah kiwi yang agak lembek yang sebenarnya bagus dikonsumsi. Buah ini termasuk mudah ditemukan disekitar kita karena tersedia sepanjang tahun.

Persik 

Tinggal di daerah tropis seperti Indonesia ini merupakan anugerah tersendiri bagi masyarakat, termasuk kita. Pasalnya, di iklim tropis ini banyak tanaman yang dapat tumbuh dengan baik seperti buah persik. Beruntungnya lagi, buah persik ini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan jantung. Perlu Anda tahu, buah persik mengandung serat, kalium, vitamin C, E, dan K yang mendukung jantung tetap sehat. Tidak hanya itu saja, buah persik juga memiliki senyawa fenolik yang mengurangi kolesterol jahat (LDL) dalam darah. Seperti yang telah Anda tahu bahwa kolesterol jahat berdampak buruk bagi jantung. Oleh karena itu, semakin rutin mengkonsumsi buah persik, semakin sehat jantung Anda.

Apel 

Buah untuk mencegah penyakit jantung selanjutnya adalah apel. Tentu, buah yang satu ini sangat mudah diperoleh di sekitar kita dengan harga yang terjangkau. Bahkan, ada pula yang menanamnya di halaman rumah dan membudidayakannya. Buah apel diketahui menurunkan kadar kolesterol dalam darah secara signifikan, terutama bagi wanita yang telah memasuki masa menopause. Apel juga mengandung serat larut air yang mampu menurunkan tekanan darah. Ada juga polifenol dan flavonoid yang menurunkan kolesterol dan mencegah terjadinya penyakit jantung. Tidak hanya itu, buah apel kaya akan vitamin A, C, E, K, dan karotenoid seperti halnya buah aprikot. Jadi, jika kebetulan Anda tidak suka buah aprikot, maka bisa mengonsumsi alternatifnya yaitu buah apel.

Mengkudu

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan buah dengan aroma yang menyengat satu ini. Ya, mengkudu termasuk salah satu buah yang berperan penting untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan buah ini terdiri dari xeronin, mineral, dan vitamin yang mampu memperbaiki fungsi tubuh. Tidak hanya itu, mengkudu juga kaya antioksidan, dimana zat ini berperan penting dalam memperlebar saluran pembuluh darah. Apabila pembuluh darah tidak sempit dan keras, maka aliran darah akan lebih lancar dan merata keseluruh jaringan tubuh. Lebih lanjut, ketika saluran pembuluh darah berfungsi normal, maka tekanan darah menurun dan risiko penyakit jantung akan berkurang.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Daftar Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung Anda
Ini Daftar Makanan Rendah Gula Bagi Penderita Diabetes
Buah Apa yang Sebaiknya Dihindari Pasien Diabetes?
Yuk Mengenal Sayur Pengendali Gula Darah Paling Ampuh
7 Cara Tetap Hidup Sehat Meski Di Rumah Aja
Efek Bahaya Alkohol Pada Imunitas Tubuh Dan Cara Mengatasinya
Kandungan Minyak Kutus Kutus Bermanfaat untuk Kesehatan

Blewah

Buah blewah merupakan pilihan yang baik untuk jantung Anda. Dengan kandungan berupa vitamin A, B6, C, kalium, serat, dan folat, blewah berkontribusi dalam mengontrol tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol LDL dalam darah. Selain itu, bagi Anda yang sedang menjalankan program diet, buah blewah jadi salah satu menu diet yang bagus.

Nah, itulah berbagai macam buah untuk mencegah penyakit jantung yang dapat Anda konsumsi secara rutin. Usahakan imbangi dengan olahraga dan gaya hidup yang sehat ya!

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store