Daftar 5 Makanan Sehat Pencegah Kanker

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Kanker adalah salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan banyak dijauhi oleh orang. Sayangnya, jumlah penderita kanker tercatat terus mengalami kenaikan dari tahun ke tahun. Penyebab dari timbulnya kanker pada tubuh dikarenakan adanya sel dalam tubuh yang tumbuh dengan tidak terkendali. Sel yang berkembang tidak terkendali bisa menyebabkan efek negatif pada tubuh. 

Makanan Sehat untuk Mencegah Sel Kanker

Ada beberapa jenis buah yang ternyata dapat membantu Anda menurunkan risiko tumbuhnya sel kanker. Buah ini mengandung nutrisi seperti antioksidan yang memang diketahui memiliki kemampuan mencegah radikal bebas menghancurkan sel tubuh. 

  • Buah Naga

Buah naga merupakan buah tropis yang akhir-akhir ini semakin dikenal di kalangan masyarakat Indonesia. Pasalnya, buah dengan daging berwarna merah keunguan ataupun putih ini memiliki serat yang tinggi dan juga kaya akan antioksidan. Selain bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, buah naga juga baik untuk membersihkan saluran pencernaan karena seratnya yang tinggi. 

  • Apel

Buah apel memiliki kandungan nutrisi dan senyawa yang sangat baik untuk menurunkan risiko sel kanker hati dan juga sel kanker usus. Semakin banyak buah apel yang dikonsumsi, maka semakin tinggi pula kemampuannya dalam mencegah sel kanker. Untuk mendapatkan manfaat yang semakin besar dari buah apel dalam mencegah sel kanker, sebaiknya konsumsi buah apel utuh yang belum dikupas kulitnya. 

  • Blueberry

Buah dari jenis berry ini memang sudah sejak lama dikenal sangat baik sebagai anti kanker. Di dalamnya terdapat kandungan antioksidan yang dapat menurunkan kecepatan pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Kandungan antioksidannya dapat menurunkan pertumbuhan sel kanker payudara dan juga leher rahim. Untuk mengkonsumsinya bisa dengan memakan langsung maupun menjadikannya olahan. 

  • Manggis

Ternyata, meski buah berjenis berry seperti blueberry dan juga buah naga dikenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi, kandungan antioksidan di dalam buah manggis jauh lebih tinggi. Kandungan antioksidan pencegah kanker terbaik dari buah manggis ada di kulitnya. Pada kulit buah manggis terdapat zat aktif xanthone yang dapat menghambat penuaan dan juga metanol. Ekstrak metanol dari kulit buah manggis bermanfaat untuk menurunkan kerusakan akibat radikal bebas. 

  • Sirsak

Buah sirsak tidak hanya baik untuk mencegah kanker, namun juga sebagai anti tumor. Di dalam buah sirsak terdapat senyawa aktif anonaseus acetogenin yang baik dalam melumpuhkan aktivitas sel kanker. Hal terbaik dari buah sirsak adalah senyawa aktif ini hanya akan menyerang sel kanker saja karena kemampuan pengenalan selnya yang kuat. 

Makanan yang Meningkatkan Risiko Terkena Kanker

Selain makanan yang dapat menurunkan risiko kanker, ada beberapa jenis makanan dan minuman yang justru bisa berdampak sebaliknya. Makanan dan minuman ini bisa meningkatkan pertumbuhan sel kanker karena sifatnya yang merusak. Berikut daftar jenis makanan dan minumannya, dirangkum khusus oleh tim Ngovee, sumber informasi kesehatan terpercaya.

  • Makanan Tinggi Lemak

Makanan yang tinggi lemak ternyata terbukti meningkatkan resiko seseorang terkena kanker dibandingkan mereka yang lebih banyak mengkonsumsi makanan tinggi serat. Selain lebih banyak mengkonsumsi makanan tinggi serat dan vitamin dari buah-buahan dan sayur, sebaiknya juga diimbangi dengan rutin berolahraga. 

  • Minuman dan Makanan dengan Kandungan Alkohol

Alkohol memang menjadi salah satu zat yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh tubuh. Sebabnya, alkohol dapat meningkatkan aktivitas sel yang rusak di dalam tubuh untuk tumbuh semakin tidak terkendali. 

  • Makanan yang Mengandung Zat Kimia

Mengkonsumsi makanan asli dari alam merupakan hal yang sangat disarankan. Hal ini telah terbukti mampu mencegah datangnya berbagai macam penyakit dan juga menurunkan kemungkinan tumbuhnya sel kanker. Zat kimia dalam makanan ini bisa dalam bentuk pemanis buatan, pewarna buatan, dan juga zat pengawet dalam makanan instan. Zat kimia sendiri sudah lama dikenal menjadi penyebab utama timbulnya kanker serviks. 

Pilihan Pengobatan Kanker

Apabila sel kanker memang sudah ditemukan dalam tubuh, maka pasien akan diharuskan untuk menjalani sejumlah pengobatan. Pengobatan untuk penyakit kanker sendiri bervariasi berdasarkan jenis kanker, tingkat kerusakan sel kanker hingga kondisi tubuh pasien. Berikut pengobatan yang biasanya dilakukan.

  • Terapi Radiasi

Terapi radiasi menjadi salah satu metode pengobatan yang cukup banyak diterapkan pada pasien. Fungsi terapi radiasi adalah untuk membunuh sel kanker, menghambat pertumbuhannya dan mencegah pertumbuhan kembali sel kanker. 

  • Operasi

Operasi untuk mengangkat sel kanker akan dilakukan berdasarkan berbagai pertimbangan. Pertimbangan didasarkan lokasi tempat pengangkatan sel kanker, tujuannya, jumlah jaringan yang harus diangkat hingga kondisi pasien. 

  • Kemoterapi

Pengobatan kemoterapi memiliki beberapa efek samping berupa kerontokan rambut, nyeri pada tubuh, nafsu makan menurun, hingga muntah dan mual. Kemoterapi memiliki manfaat untuk mematikan sel kanker yang terus bertumbuh. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Yuk Coba Minuman Penurun Darah Tinggi Ini Biar Lebih Sehat!
Tips Makan Sehat bagi Penderita Darah Tinggi
Inilah Daftar Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Patut Dihindari
Catat, Inilah Buah untuk Mencegah Penyakit Jantung yang Baik Dikonsumsi
Daftar Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung Anda
Daftar Makanan Sehat untuk Menguatkan Jantung
Ini Daftar Makanan Rendah Gula Bagi Penderita Diabetes

Cara terbaik untuk mencegah tumbuhnya sel kanker pada tubuh adalah dengan menjalani pola hidup sehat. Konsumsi makanan sehat dan rutinkan berolahraga setiap hari untuk mendapatkan tubuh yang terhindar dari berbagai penyakit.

Itulah beberapa makanan sehat yang dapat mencegah kanker. Semoga bermanfaat!

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.