Daftar Makanan Sehat untuk Menguatkan Jantung

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Mengkonsumsi makanan sehat sebagai penguat jantung menjadi salah satu pola hidup sehat yang harus dilakukan agar membuat kita terhindar dari risiko penyakit jantung. Di waktu bersamaan, risiko kematian yang disebabkan oleh penyakit jantung menjadi mengalami penurunan. Untuk makanan yang harus dijauhi, hindari mengkonsumsi makanan yang kaya dengan kandungan kolesterol.

Anda bisa menerapkan gaya hidup yang sehat seperti melakukan olahraga secara teratur, menghindari rokok, serta mengkonsumsi makanan yang sehat. Agar bisa menyehatkan jantung serta membantunya bekerja dengan maksimal, berikut beberapa pilihan makanan yang dapat Anda konsumsi, telah dirangkum spesial oleh tim Ngovee, informasi kesehatan terpercaya.

Makanan Sehat yang Mengandung Omega-3

Omega-3 merupakan salah satu pilihan lemak sehat yang bisa menurunkan risiko terganggunya ritme jantung. Makanan yang memiliki kandungan omega-3 ini seperti rempah-rempah. Anda dapat menggunakan rempah-rempah untuk menyedapkan berbagai masakan sebagai pengganti garam. Rempah-rempah dapat membuat masakan lebih kaya rasa namun tanpa memberikan efek buruk. Selain itu penambahan bumbu tanpa garam menjadi cara lezat agar jantung tetap sehat.

Kedua, salmon. Salmon menjadi makanan terbaik menjaga kesehatan jantung karena kandungan omega-3nya yang begitu besar. Omega-3 merupakan lemak sehat yang bisa mengurangi risiko gangguan ritme jantung serta menurunkan tekanan darah. Omega-3 juga bisa mencegah peradangan dan menurunkan trigliserida.

Ketiga, tuna. Memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan salmon, tuna juga bisa menjadi pilihan terbaik. Tuna mempunyai kandungan omega-3 yang kadarnya lebih banyak bila dibandingkan dengan tuna lain. Untuk metode pemasakan, Anda dapat memanggang daging tuna dengan lemon. Selain makanan di atas, makanan yang mengandung omega-3 lainnya seperti sarden, ikan herring dan mackerel.

Buah-buahan Penguat Jantung Makanan Sehat

Selain makanan yang memiliki kandungan omega-3, ada pula buah-buahan yang dapat Anda konsumsi sebagai penguat jantung, berikut beberapa pilihan makanannya:

1. Apel

Buah yang memiliki rasa manis ini dipercaya dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal tersebut disebabkan karena kandungan serat larut yang berada di dalamnya. Serat larut merupakan jenis serat yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, tak hanya itu. Apel juga memiliki kandungan polifenol yang mempunyai sifat antioksidan. 

2. Pisang

Pisang sangat baik untuk kesehatan jantung karena adanya kandungan kalium yang berada di dalamnya. Kalium bisa mengontrol tekanan darah serta mengurangi ketegangan pembuluh darah. Anda bisa mengkonsumsi satu buah pisang setiap hari, satu buah pisang telah memenuhi 9% rekomendasi asupan harian kalium. 

3. Jeruk

Jeruk merupakan buah menyegarkan yang memiliki kandungan banyak air. Buah kiwi nyatanya memiliki begitu banyak manfaat seperti memperkuat kekebalan tubuh, menurunkan kadar kolesterol dan memelihara kesehatan jantung. Jeruk juga memiliki kandungan kalium, vitamin C, kolin dan serat. Seluruh komponen tersebut begitu menyehatkan bagi kesehatan jantung. Contohnya kalium dapat menghindarkan jantung dari kondisi ketidaknormalan detak jantung.

4. Kiwi 

Buah kiwi memiliki kandungan kalium yang begitu tinggi. bahkan dalam 1 buah kiwi memiliki kandungan kalium hingga 215 gram, atau 5 persen kebutuhan kalium harian bagi orang dewasa.

5. Pepaya

Pepaya merupakan buah yang kaya dengan kandungan serat serta kalium yang bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung. Oleh sebab itu, ketika Anda sedang mencari buah untuk menyehatkan jantung, jangan melupakan buah ini. 

Daftar Makanan Sehat dengan Kandungan Lemak Tak Jenuh

Makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh memang harus dijauhi demi menjaga kesehatan jantung, namun makanan yang memiliki kandungan lemak tak jenuh, dapat Anda konsumsi seperti:

1. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah lemak sehat yang dibuat dari buah zaitun. Minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang sangat sehat bagi kesehatan jantung. Bahkan minyak zaitun dapat melindungi pembuluh darah. Untuk penggunaannya, Anda dapat menggunakan minyak zaitun sebagai pengganti mentega. 

2. Almond

Almond bisa membantu untuk menurunkan kolesterol jahat, almond memiliki kandungan serat, sterol, serta lemak baik bagi kesehatan jantung. 

3. Kenari

Tahukah Anda, kenari dapat melindungi arteri jantung serta peradangan. Bahkan kenari penuh dengan kandungan lemak sehat, dan serat. Anda dapat mengkonsumsi sedikit kenari setiap hari.

Daftar Makanan Sehat yang Kaya dengan Kandungan Protein

Pilihan makanan sehat lain untuk menguatkan jantung adalah makanan-makanan yang kaya protein seperti:

1. Tahu

Tahu menjadi makanan sehat yang sangat mudah ditemukan. Di dalam tahu, Anda bisa memperoleh kandungan protein yang begitu besar. Tak hanya itu, tahu juga kaya kandungan serat. Tahu juga bisa menyerap rempah yang digunakan untuk memasak. Cara sehat untuk mengolah tahu bisa dilakukan dengan memanggangnya, atau menambahkan tahu di dalam sup. 

2. Edamame

Mungkin, Anda sering melihat kacang edamame sebagai makanan pembuka di restoran. Edamame dalam bahasa Jepang memiliki arti kedelai. Protein yang berada di dalam kacang edamame dapat menurunkan kadar kolesterol. 

3. Ubi jalar

Anda dapat menggunakan ubi jalar sebagai pengganti kentang. Ubi jalar memiliki indeks glikemik rendah, selain itu ubi jalar juga tak menyebabkan lonjakan kenaikan gula darah dengan pesat. Makanan ini mempunyai vitamin A, serat serta lycopene.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Ini Daftar Makanan Rendah Gula Bagi Penderita Diabetes
Buah Apa yang Sebaiknya Dihindari Pasien Diabetes?
Yuk Mengenal Sayur Pengendali Gula Darah Paling Ampuh
7 Cara Tetap Hidup Sehat Meski Di Rumah Aja
Efek Bahaya Alkohol Pada Imunitas Tubuh Dan Cara Mengatasinya
Kandungan Minyak Kutus Kutus Bermanfaat untuk Kesehatan
Jenis Makanan Pemicu Alzheimer Yang Perlu Kamu Ketahui

Biasakan untuk mengkonsumsi makanan sehat yang dapat berfungsi untuk menguatkan jantung tersebut. Hadirkan makanan sehat ini di meja makan setiap hari. 

Itulah daftar makanan sehat untuk penguat jantung. Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store