Daftar Makanan Terbaik untuk Kesehatan Rambut

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Memiliki rambut yang sehat dan berkilau akan membuat setiap orang merasa percaya diri. Namun, sampo dan kondisioner saja tidak cukup untuk mendapatkan rambut yang luar biasa tersebut. Pilihlah shampo terbaik yang sesuai jenis rambut Anda, apakah itu normal, kering, atau berminyak. Terlepas dari itu, kunci dari rambut kepala yang sehat sebenarnya terletak pada makanan yang Anda konsumsi. Sebab, nutrisi yang baik menjadi fondasi tubuh yang sehat, termasuk rambut Anda. Apa saja makanan penyubur rambut yang baik untuk kesehatan rambut?

Menurut Kelvin Halim, tim nutrisionis Jovee, “Beberapa vitamin dan mineral memiliki fungsi yang baik untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Makanan bersumber vitamin B, vitamin C, vitamin A, zinc, dan protein menjaga kesehatan tubuh dan mencegah kerusakan rambut. Kerusakan rambut dapat disebabkan dari underweight dan kekurangan gizi makro seperti protein, maupun mikro seperti vitamin B. Omega 3 juga menjaga kesehatan dan sebum pada tubuh.

Makanan tinggi vitamin B, vitamin C, vitamin E, zinc, dan protein sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan kulit.”

Berikut ini kami rekomendasikan 10 makanan penyubur rambut terbaik untuk kesehatan rambut yang Anda inginkan.

Salmon

Ingin tahu bagaimana cara mendapatkan rambut yang sehat? Menginginkan rambut yang sehat berarti Anda harus mendapatkan asupan protein dan asam lemak omega 3 yang cukup. Salmon adalah sumber protein sekaligus asam lemak omega 3 yang baik bagi kesehatan kulit kepala. Defisiensi omega 3 dapat menyebabkan kulit kepala kering dan rambut menjadi kusam. Bagi vegetarian, bisa mendapatkan lemak omega 3 nabati dari satu atau dua sendok makan biji rami.

Sayuran Hijau

Ya, bayam dan sayuran hijau lainnya seperti kangkung merupakan sumber vitamin A dan C yang sangat baik untuk kesehatan rambut Anda. Sayuran hijau mampu membantu folikel rambut menghasilkan zat berminyak yang disebut sebum. Sebum ini dapat bertindak sebagai kondisioner rambut alami. Pastikan memasukkan sayuran hijau gelap dalam menu diet rambut sehat Anda.

Kacang Polong

Polong-polongan seperti kacang polong dan lentil merupakan sumber protein, zat besi, seng, dan biotin. Meskipun jarang terjadi, defisiensi biotin dapat menyebabkan rambut rapuh. Polong-polongan ini adalah makanan sehat bagi kulit dan rambut.

Biji Kacang

Tips mendapatkan rambut sehat lainnya adalah dengan mengonsumsi lebih banyak biji kacang. Sebab, kekurangan biji kacang ini bisa menyebabkan rambut rontok. Sehingga, kacang cocok untuk makanan rambut rontok parah. Makanan ini juga merupakan sumber seng yang bagus. Mulai dari kacang kenari, kacang mete, pecan, dan kacang almond merupakan sumber seng yang baik untuk rambut sehat. Kacang kenari juga mengandung asam alfa linoleat dan asam lemak omega 3 yang dapat bertindak sebagai kondisioner rambut alami. Begitu Pula kacang brazil yang mengandung selenium yang membantu menjaga kesehatan kulit kepala.

Daging Unggas

Rambut sehat harus didukung oleh asupan protein yang banyak. Sebab, protein yang tidak memadai akan menyebabkan rambut lemah atau rapuh dan hilangnya warna rambut. Tidak hanya dari tumbuhan, Anda juga bisa mendapatkan protein yang berkualitas dari daging unggas, seperti ayam dan kalkun.

Telur

Telur adalah sumber protein, biotin, dan vitamin B12 yang bagus dan nutrisi tepat untuk rambut yang sehat. Bisa dikatakan bahwa telur merupakan salah satu makanan terbaik bagi kesehatan rambut.

Gandum Utuh

Biji-bijian sehat dapat membantu Anda mendapatkan rambut yang sehat. Roti gandum utuh dan sereal gandum olahan menyediakan vitamin B, seng, dan zat besi yang baik untuk kesehatan tubuh dan rambut Anda. Jika Anda masih penasaran tentang bagaimana cara menjaga rambut tetap sehat, solusinya makanlah lebih banyak biji-bijian.

Tiram

Tiram dan seng merupakan salah satu makanan yang mendukung rambut Anda tetap sehat. Tiram dikenal sebagai afrodisiak, tetapi juga baik untuk rambut Anda karena kandungan sengnya. Seng merupakan antioksidan yang kuat dan membantu memperbarui serta memperbaiki sel-sel dari kerusakan. Tidak suka tiram? Selain tiram, Anda tetap bisa mendapatkan khasiat seng dari sumber makanan lain seperti biji-bijian utuh, kacang-kacangan, daging sapi, dan domba. Makanlah lebih banyak makanan tersebut guna pertumbuhan rambut yang sehat.

Produk Susu Rendah Lemak

Tidak sembarangan susu, konsumsilah jenis susu yang rendah lemak dan kaya kalsium untuk mendapatkan rambut sehat. Kalsium merupakan mineral penting untuk pertumbuhan rambut dan banyak ditemukan pada produk susu rendah lemak seperti susu skim dan yoghurt. Produk ini juga mengandung whey dan kasein yang merupakan sumber protein.  Tambahkan pula biji rami bubuk atau kenari pada yoghurt sebagai nutrisi asam lemak omega 3 dan seng. 

Wortel

Bagaimana cara menumbuhkan rambut yang sehat dan panjang? Caranya dengan mengonsumsi makanan yang kaya vitamin A, seperti wortel. Wortel sudah dikenal baik untuk menjaga penglihatan yang sehat dan sumber vitamin A yang baik untuk kesehatan kulit kepala.

Waspadai Konsumsi Suplemen Sembarangan

Anda pasti sering menemukan produk suplemen makanan yang mengklaim mampu menebalkan rambut atau membuatnya tumbuh lebih cepat. Berhati-hatilah dan jangan mudah percaya. Jika Anda benar-benar ingin memiliki rambut sehat, penuhilah nutrisi yang dibutuhkan untuk rambut sehat dari gizi yang seimbang. Pada beberapa kasus, kelebihan nutrisi tertentu, seperti vitamin A sering dikaitkan dengan kerontokan rambut.

Ilustrasi Rambut Sehat dan Vitamin Rambut

Oleh, karena itu, pelajari dengan seksama dan lihat setiap kandungan vitamin serta dosisnya. Konsumsi vitamin yang tepat dapat membantu pertumbuhan rambut. Jika Anda ragu, anda bisa berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan rambut yang sehat.

Kepala rambut yang sehat berasal dari asupan gizi yang seimbang. Makanlah berbagai makanan seperti protein tanpa lemak, buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Ingin tahu tips dan trik seputar kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee melalui Google Play Store maupun App Store untuk mendapatkan rekomendasi suplemen. Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee