Daftar Makanan Untuk Penderita Kanker Paru

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Kanker paru merupakan salah satu jenis kanker yang termasuk dalam kategori berbahaya, bahkan bisa mengancam jiwa. Tidak sedikit kasus dari kanker paru-paru yang tak menunjukkan gejala yang mengejutkan di masa awal pembentukan sel kanker. Kebanyakan pengidap mengetahui dirinya memiliki kanker paru-paru saat sudah masuk stadium 3 atau bahkan lebih.

Oleh sebab itu, penyakit kanker paru-paru tidak mudah disembuhkan karena sel kanker sudah menyebar di berbagai organ tubuh lain. Sebenarnya, penyebab dari penyakit kanker paru-paru ini cukup banyak. Namun, penyebab utama dari kanker paru-paru adalah paparan asap rokok, entah perokok aktif maupun perokok pasif yang disertai dengan polusi.

Salah satu upaya untuk mengobati kanker paru-paru tak hanya mengikuti berbagai macam prosedur pengobatan yang disarankan, namun juga mengkonsumsi berbagai makanan yang sehat agar bisa meminimalisir penyakit kanker paru-paru tak semakin parah. 

Lebih-lebih dengan kondisi kesehatan yang kurang baik, biasanya penderita kanker paru-paru mempunyai keterbatasan untuk memilih menu makanan, agar kebutuhan nutrisi penderita tetap terjaga.

Makanan untuk Penderita Kanker Paru

Berikut beberapa rekomendasi makanan untuk penderita kanker paru-paru agar dapat mempercepat dan memperlancar proses pengobatan, dirangkum spesial oleh Ngovee, sumber informasi kesehatan terpercaya, antara lain:

1. Makanan Tinggi Energi dan Protein

Penderita kanker pada umumnya akan mengalami penurunan berat badan yang drastis karena peningkatan metabolisme sel kanker serta dari pengobatan kemoterapi yang dapat menurunkan nafsu makan dan indra pengecap yang menurun fungsinya sehingga penderita enggan makan. 

Sehingga, penderita kanker perlu mengonsumsi makanan tinggi protein dan energi untuk mencapai berat badan ideal dan menggantikan kehilangan otot dan lemak akibat penurunan berat badan berlebih. Protein juga berfungsi untuk mempercepat proses penyembuhan dan proteksi tubuh bagi penderita kanker. 

Namun, tetap perhatikan jenis makanan dengan menghindari makanan yang digoreng atau dibakar namun memilih makanan yang sehat seperti daging tanpa lemak yang ditumis, telur, atau lauk nabati seperti sapo tahu, tahu kukus, dan tempe bacem.

2. Berbagai macam sayuran

Makanan pertama yang sangat dianjurkan untuk penderita kanker paru-paru adalah sayuran hijau seperti buncis, brokoli, bayam, wortel dan yang lainnya. Makanan-makanan dipercaya sebagai pencegah penyakit kanker paru-paru agar tidak menjadi semakin parah. Pastikan Anda mengkonsumsinya secara rutin.

Untuk menghindari rasa bosan karena mengkonsumsi sayuran, Anda dapat mengkonsumsi sayuran yang berbeda setiap harinya, selain itu pastikan mengolahnya dengan cara yang sehat.

3. Biji-bijian serta kacang-kacangan

Biji-bijian dan kacang-kacangan sangat bagus untuk dikonsumsi karena memiliki kandungan asam lemak omega-3 untuk membantu tubuh melawan penyakit serta menjaga kesehatan paru-paru, sehingga sel kanker tidak bisa berkembang lebih cepat.

4. Buah delima

Buah delima memiliki kandungan antioksidan yang cukup banyak yang dapat menurunkan risiko kerusakan sel tubuh akibat sel kanker. Tak hanya itu, nutrisi yang berada di dalam buah delima juga begitu banyak sehingga dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh bagi penderita kanker paru-paru yang berada dalam tahap penyembuhan. 

5. Buah sirsak

Buah sirsak memiliki cukup banyak kandungan antioksidan serta senyawa aktif yang dipercaya dapat menetralkan serta mengecilkan perkembangan sel kanker paru-paru/ daun buah sirsak sangat berguna untuk melawan kanker paru-paru. Pengonsumsiannya dilakukan dengan cara merebus daun kemudian meminum airnya. 

6. Buah manggis 

Bukan hanya buah sirsak, buah manggis ternyata dapat menghambat pertumbuhan serta perkembangan sel kanker. Anda tak hanya dapat menggunakan daging buahnya namun juga kulitnya,. Kulit buah manggis sering dipergunakan sebagai obat herbal mengatasi kanker paru-paru. Buah manggis memiliki kandungan senyawa xanthone yang dapat melawan tanda kanker.

7. Buah Apel

Makanan untuk penderita kanker paru selanjutnya adalah buah apel. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Presisi Oncology, para peneliti menemukan bahwa senyawa dalam kunyit, apel dan anggur yang dikombinasikan memiliki kekuatan untuk mengecilkan tumor kanker prostat.

Hal ini dikarenakan apel mengandung senyawa antikanker yang ampuh yang dikenal sebagai asam ursolat di kulitnya.

8. Brokoli

Brokoli adalah pembangkit tenaga anti kanker. Brokoli mengandung vitamin A, B2, B6, C, K, folat, mangan, kalium, magnesium, yang semuanya diperlukan untuk menjaga agar sistem kekebalan tubuh Anda tetap kuat dan sehat dan untuk melawan kanker. Brokoli mengandung sulfuropana dan indoles, yang juga memberinya sifat anti kanker yang ampuh.

9. Kubis

Senyawa yang terbentuk selama metabolisme sayuran silangan, termasuk kubis, telah ditemukan dalam studi Imunitas mampu menghentikan pembentukan tumor kanker. Menurut para peneliti, itu karena sayuran ini memicu zat dalam tubuh yang dikenal sebagai reseptor aril hidrokarbon (AHR) yang melindungi usus dari peradangan, yang sering menjadi pelopor timbulnya kanker.

10. Kedelai dan Olahannya

Kedelai adalah sumber makanan yang bisa mengurangi risiko berkembangnya kanker payudara. Kamu bisa menjumpainya pada susu kedelai, tahu, tempe, dan lain-lain. Produk nabati tersebut kaya akan protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan rendah karbohidrat. 

Namun yang paling penting, kedelai mengandung antioksidan yang dikenal sebagai isoflavon. Dilansir dari Medical News Today, penelitian di 2017 menunjukkan bahwa isoflavon erat kaitannya dengan penurunan angka kematian karena semua jenis penyakit. 

Tips Menyediakan Makanan Bagi Penderita Kanker Paru-paru

Biasanya, di awal masa kemunculan kanker paru-paru, penderita biasanya mengalami gejala seperti mual, muntah, menurunnya nafsu makan, kesulitan menelan makanan dan nyeri tenggorokan. Agar penderita tetap nyaman mengkonsumsi berbagai makanan, berikut tips yang bisa diikuti:

  • Dalam mengkonsumsi makanan, lebih baik makan sedikit namun teratur, dibandingkan makan dalam porsi besar namun jarang,
  • Beri protein serta makanan yang padat dan tinggi kalori, sehingga semakin mempercepat proses penyembuhan, seperti daging tanpa lemak, makanan tumis/rebus/kukus, dsb., dan menghindari konsumsi gula, garam, minyak berlebih
  • Hindari makanan yang digoreng atau dibakar dengan api langsung, walau membutuhkan banyak kalori dan protein, tetap mengolah makanan dengan sedikit minyak/lemak,
  • Beri makanan yang lunak dan lembut sehingga tidak membuat iritasi tenggorokan menjadi semakin parah,
  • Hindari memberi makanan yang memiliki rasa asam, contohnya seperti buah jeruk dan tomat, selain itu hindari memberikan makanan pedas,
  • Hindari memberikan makanan yang mempunyai tekstur kasar serta berujung tajam seperti biskuit, kerupuk, dan sayuran yang memiliki tekstur keras,
  • Minum air putih, namun hindari menggunakan air putih untuk menelan makanan, karena saat menggunakan air putih untuk menelan makanan, risiko tersedak dan menyebabkan iritasi tenggorokan menjadi semakin besar. 

Agar semakin memudahkan Anda untuk mengatur jumlah kalori yang harus dikonsumsi, tak ada salahnya untuk melakukan konsultasi dengan ahli gizi, selain itu sebelum melakukan pengobatan seperti kemoterapi, tak ada salahnya mengkonsumsi kentang tumbuk, daging empuk, sup dan berbagai makanan yang bergizi, jangan lupa cukupi tubuh dengan mengkonsumsi air putih. Pastikan berat badan sudah ideal dan asupan makan yang optimal sebelum melakukan kemoterapi.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Makanan yang Berfungsi untuk Mencegah Kanker
Daftar 5 Makanan Sehat Pencegah Kanker
Yuk Coba Minuman Penurun Darah Tinggi Ini Biar Lebih Sehat!
Tips Makan Sehat bagi Penderita Darah Tinggi
Inilah Daftar Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Patut Dihindari
Catat, Inilah Buah untuk Mencegah Penyakit Jantung yang Baik Dikonsumsi
Daftar Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung Anda

Pemberian makanan sehat sebelum melakukan kemoterapi harus dilakukan karena penderita kanker paru-paru yang menjalani kemoterapi biasanya kehilangan nafsu makan serta timbul rasa mual sehingga menyebabkan penderita enggan makan, padahal tubuh tetap memerlukan asupan nutrisi agar semakin mempercepat pemulihan. Beri makanan yang tidak menyengat dan mudah dicerna.

Selain itu, tidak disarankan pemberian makanan dengan cara dibakar, karena terdapat senyawa berbahaya yang berada dalam lemak daging panggang atau daging bakar. Lemak yang terbentuk dalam temperatur tinggi serta waktu pemanggangan yang lama dapat meningkatkan risiko kanker.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store