Ini Daftar Makanan Rendah Gula Bagi Penderita Diabetes

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Diabetes atau yang bisa disebut sebagai gula darah tinggi adalah salah satu jenis penyakit yang banyak mengintai. Biasanya, diabetes ini dapat disebabkan karena pola hidup yang kurang sehat. Walau sekarang pun juga sudah ada makanan rendah gula yang bisa dikonsumsi, namun masih ada beberapa orang yang sering mengabaikan hal ini sehingga bisa berisiko terkena diabetes.

Sebelum itu, diabetes sendiri terjadi akibat tidak terkendalinya kadar gula darah atau glukosa yang ada di dalam tubuh Anda. Bagi Anda yang belum tahu, kadar gula yang ada di dalam darah ini dikendalikan oleh hormon yang bernama insulin. Hormon insulin ini diproduksi oleh pankreas yang merupakan salah satu organ dengan letak berada di belakang lambung Anda. 

Apabila Anda merupakan penderita diabetes, maka pankreas ini tidak mampu lagi untuk memproduksi hormon insulin yang sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Tanpa adanya insulin yang cukup, maka bisa membuat sel-sel dalam tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi untuk tubuh.

Hal inilah yang nantinya akan membuat penumpukkan gula darah di dalam tubuh sehingga dapat menyebabkan yang namanya diabetes. Apabila hal ini sudah terjadi, maka penderita diabetes pun wajib mengonsumsi makanan rendah gula agar tidak menaikan tekanan gula darah di dalam tubuhnya. Selain itu penderita juga perlu mengatur pola makan Anda setiap harinya.

Apa Saja Makanan yang Rendah Kandungan Gula?

Perlu Anda ketahui, ada banyak makanan yang mengandung gula sangat rendah sehingga aman jika dikonsumsi oleh penderita diabetes. Apalagi, penderita diabetes juga tidak boleh makan sembarangan karena hal itu bisa berpotensi menyebabkan naiknya kadar gula darah di dalam tubuh. Bila hal ini terus terjadi maka dapat menyebabkan komplikasi penyakit yang berbahaya.

1. Ikan

Makanan rendah gula yang pertama adalah ikan yang kaya akan kandungan omega 3. Terlebih lagi, kandungan protein baik yang tinggi di dalam ikan juga menjadikan ikan sebagai salah satu makanan penurun gula darah berlebih yang ada di dalam tubuh Anda dengan efektif. Ikan pun juga sangat mudah untuk Anda dapatkan dimana saja dan kapan saja.

Bahkan, kandungan protein yang tinggi pada ikan bisa membuat perut Anda kenyang lebih lama, sehingga Anda pun tidak perlu lagi mengonsumsi makanan lain yang mungkin bisa menaikkan gula darah Anda.  Pilih juga ikan yang kaya akan kandungan lemak omega 3 seperti salmon, tuna dan ikan kembung yang sangat ampuh untuk mengontrol tekanan gula darah di tubuh Anda.

2. Bawang Putih

Selanjutnya ada bawang putih yang biasa dikenal sebagai bumbu dapur, tapi juga bisa menjadi alternatif makanan rendah gula untuk Anda. Anda bisa mengonsumsi bawang putih sebelum makan besar atau makan nasi.

Namun, apabila Anda memiliki alergi terhadap bawang maka bisa untuk menghindari mengonsumsi bawang putih ini. Anda bisa mengonsumsinya langsung setelah dikupas atau dimakan mentah begitu saja. Tapi jika Anda tidak doyan mengonsumsi bawang putih ini secara mentah, maka bisa memilih suplemen kesehatan yang terbuat dari bahan dasar bawang putih.

3. Kacang 

Kacang bisa menjadi pilihan makanan rendah gula bagi Anda para penderita diabetes yang tentunya aman untuk dikonsumsi kapan saja dan dimana saja. Pasalnya, kacang ini kaya akan kandungan serat dan protein. Selain itu, kacang juga mengandung karbohidrat kompleks yang cukup tinggi serta memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak menaikan gula darah.

Tak hanya sampai disitu saja, tapi kacang juga diperkaya dengan kandungan magnesium. Kandungan magnesium dalam kacang ini juga turut berperan aktif untuk menjaga kadar gula darah agar tetap stabil. Kacang bisa menjadi camilan bagi penderita diabetes yang terbaik. Ada banyak kacang yang bisa dikonsumsi seperti kacang kenari, mete, almond dan lainnya.

4. Sayur Hijau

Sayur hijau bisa menjadi alternatif makanan rendah gula berikutnya yang bisa Anda konsumsi. Pasalnya, banyak sayur hijau yang memiliki indeks glikemik rendah. Sehingga, Anda pun tak perlu khawatir bila mengonsumsi sayur hijau karena dijamin tidak akan membuat kadar gula darah Anda menjadi tinggi dan bahkan bisa menstabilkan tekanan gula darah dalam tubuh. 

Jadi, mulai sekarang pastikan untuk menambahkan sayuran hijau seperti brokoli, bayam, sawi hingga kubis ke dalam menu makanan Anda setiap hari. Dengan menjadikan semua sayur ini menjadi hidangan salad sayur yang dicampur minyak zaitun dijamin akan sangat ampuh dan aman dikonsumsi bagi penderita diabetes.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Buah Apa yang Sebaiknya Dihindari Pasien Diabetes?
Yuk Mengenal Sayur Pengendali Gula Darah Paling Ampuh
7 Cara Tetap Hidup Sehat Meski Di Rumah Aja
Efek Bahaya Alkohol Pada Imunitas Tubuh Dan Cara Mengatasinya
Kandungan Minyak Kutus Kutus Bermanfaat untuk Kesehatan
Jenis Makanan Pemicu Alzheimer Yang Perlu Kamu Ketahui
Tips Agar Tangan Tidak Sering Menyentuh Wajah
Kacamata Anti Radiasi: Penggunaan, Keunggulan, dan Kelemahan

Pastikan juga Anda mulai mengatur pola makanan agar tekanan gula darah di dalam tubuh tidak meningkat. Usahakan makan teratur tiga kali sehari dan perbanyak makan sayur dan buah untuk membantu mengontrol gula darah di tubuh. Selain itu jangan lupa untuk berolahraga.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Anda juga bisa mengetahui info kesehatan terpercaya dengan mendaftarkan email anda di Ngovee.