Jenis Oatmeal Untuk Diet

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Oatmeal adalah makanan pengganti dari nasi yang digunakan untuk program diet. Namun perlu kamu ketahui bahwa dengan hanya menggunakan oatmeal sebagai makanan pengganti sangat kecil kemungkinannya untuk menurunkan berat badan. Yang perlu kamu lakukan adalah memilih jenis oatmeal yang bagus untuk diet dan mengurangi jumlah kalori yang kamu konsumsi setiap harinya.

Oatmeal Untuk Diet

Ada beberapa jenis oatmeal yang cocok untuk program diet:

  • Steel Cut Oat

Jenis yang pertama adalah steel cut oat. Steel cut oat dibuat dengan cara dipotong. Perlu kamu ketahui bahwa dalam mengkonsumsi steel cut oat kamu membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama daripada mengonsumsi jenis oat lain. Jenis oat ini juga memiliki tekstur yang unik dengan rasa nutty.

  • Rolled Oat

Jenis yang kedua adalah rolled oat. Rolled oat dihasilkan dari pecahan biji gandum yang dibersihkan, dikupas bersih, dan diolah dengan cara dikukus.  Jenis oat ini bentuknya pipih dan memiliki tekstur yang cukup lunak. Rolled oat sengaja dipipihkan dengan tujuan untuk membuat kandungan minyak di dalamnya menjadi lebih stabil sehingga bisa lebih tahan lama.

  • Oatmeal Instan

Jenis yang ketiga adalah oatmeal instan. Oatmeal instan merupakan jenis oatmeal yang paling mudah untuk ditemukan. Ada berbagai macam produk oatmeal instan yang dijual di supermarket sehingga kita bisa dengan mudah mendapatkannya. Jenis oatmeal ini dibuat melalui berbagai proses pengolahan sehingga menghasilkan oatmeal yang mudah disajikan.

  • Quick Cook Oats

Jenis oatmeal yang bagus untuk diet yang terakhir adalah quick cook oats. Jenis oatmeal ini adalah yang paling cepat dalam segi penyajiannya. Kamu hanya perlu merebus quick cook oats dalam waktu 5 menit saja untuk mengkonsumsinya. Jenis oatmeal ini dibuat melalui berbagai proses pengolahan sehingga menghasilkan oatmeal yang bisa disajikan dalam waktu yang cepat.

Manfaat Dari Oatmeal Diet

Ada beberapa manfaat dari oatmeal diet:

  • Mengatasi Sembelit

Manfaat yang pertama adalah mengatasi sembelit. Oatmeal memiliki kandungan serat alami yang mampu melancarkan pencernaan. Maka dari itu, apabila kamu mengkonsumsi oatmeal maka nantinya pencernaan kamu akan menjadi lebih lancar dan sembelit bisa diatasi secara perlahan.

  • Mencukupi Kebutuhan Vitamin Harian

Manfaat yang kedua adalah mencukupi kebutuhan vitamin harian. Oatmeal yang digunakan untuk diet memiliki beberapa vitamin yang berguna untuk tubuh. Vitamin di dalam oatmeal yang paling banyak adalah vitamin B kompleks. Jadi, apabila kamu mengonsumsi oatmeal setiap hari maka nantinya kebutuhan vitamin harian kamu juga akan terpenuhi.

  • Mencukupi Kebutuhan Mineral Harian

Manfaat yang ketiga adalah mencukupi kebutuhan mineral harian. Oatmeal yang digunakan untuk diet memiliki beberapa mineral yang berguna untuk tubuh. Mineral di dalam oatmeal yang paling banyak adalah zat besi dan fosfor. Jadi, apabila kamu mengonsumsi oatmeal setiap hari maka nantinya kebutuhan mineral harian kamu juga akan terpenuhi.

  • Membantu Menurunkan Berat Badan

Manfaat yang keempat adalah membantu menurunkan berat badan. Jenis oatmeal yang bagus untuk diet akan membuat kamu merasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Dengan begitu nafsu makanmu akan lebih terkendali dan secara otomatis makanan yang masuk ke dalam tubuh akan lebih sedikit.

Ingin mendapat tips menarik seputar gaya hidup sehat? Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh aplikasi Jovee untuk melihat rekomendasi suplemen yang sesuai kebutuhan personal Anda. Dapatkan vitamin terbaik dan terlengkap, dari A sampai Z(inc) hanya di Jovee.