Kandungan Dalam Daging Merah

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Daging merah merupakan salah satu makanan yang memang sangat digemari oleh orang karena rasanya yang sangatlah nikmat. Kandungan yang ada di dalamnya juga cukup banyak, sehingga membuat makanan ini menjadi makanan yang cukup sehat dan bermanfaat bagi tubuh kita.

Akan tetapi tentu tidak selamanya daging merah menghadirkan manfaat, bisa jadi ada risiko yang terkandung dari makanan tersebut. Mari bersama kita pelajari lebih lanjut soal kandungan yang terdapat dalam daging merah.

Kandungan Daging Merah

Daging merah memiliki kandungan protein hewani yang merupakan salah satu protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Selain ini itu daging merah juga mengandung mineral dan vitamin yang sangat baik bagi tubuh seperti Zinc dan juga Omega 3.

Terbukti bahwa memang ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dari mengonsumsi daging yang berwarna merah ini. Namun tentu harus tetap dikonsumsi dengan takaran yang terukur untuk menjaga keseimbangan agar tubuh tetap sehat.

Manfaat Daging Merah

Dikarenakan jenis daging yang satu ini memiliki kandungan vitamin, mineral dan juga protein yang tinggi, maka hidangan makanan daging ini memang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Ada beberapa manfaat yang membuat makanan ini sangat perlu untuk dikonsumsi dalam beberapa kondisi tertentu.

Kebanyakan orang mungkin hanya sekadar tahu memakannya saja, akan tetapi tidak mengetahui secara persis manfaat dari daging yang dimakannya tersebut. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa manfaat dari daging merah.

1.     Menjadi Sumber Protein

Manfaat yang pertama adalah daging merah dapat dijadikan sebagai sumber protein yang merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh tubuh. Kita bisa memenuhi segala kebutuhan protein setiap hari ketika kita mengonsumsi daging dengan warna merah ini. Kandungan protein ini sangatlah baik untuk pertumbuhan otot agar otot dapat menjadi lebih kuat dan juga lebih sehat.

2.     Membantu Pertumbuhan

Manfaat yang kedua adalah berpengaruh pada pertumbuhan tubuh kita, terutama sangat baik untuk anak-anak dalam masa pertumbuhannya. Kandungan protein yang baik pada daging merah ini dapat membantu pertumbuhan anak-anak menjadi lebih maksimal. Konsumsi daging merah juga membuat tumbuh kembang anak menjadi lebih sehat.

Risiko Daging Warna Merah

Meskipun ada banyak kandungan baik yang ada dalam daging ini, tetap saja ada risiko yang berbahaya apabila orang mengonsumsi terlalu banyak. Ketika konsumsi daging ini tidak diatur, maka dapat menimbulkan beberapa penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh. Selain itu, kandungan lemak di daging dengan warna merah ini sangatlah tinggi sehingga bisa meningkatkan kolesterol dalam tubuh.

Kandungan yang terdapat dalam daging ini juga dapat membuat tekanan darah dalam tubuh meningkat dan hal itu tentu sangat berbahaya. Jika tidak dikonsumsi dengan teratur, maka kemungkinan tekanan darah meningkat itu pasti ada. Apabila kondisi ini diteruskan, risiko terkena penyakit jantung pun akan muncul. Itulah beberapa risiko yang dapat diakibatkan oleh daging merah.

Daging berwarna merah itu sangat baik, namun apabila dikonsumsi terlalu banyak maka dapat menimbulkan masalah. 

Jangan sampai ketinggalan tren dan informasi kesehatan terbaru. Simak selengkapnya hanya di Ngovee. Unduh juga aplikasi Jovee melalui Play Store dan App Store untuk mendapatkan rekomendasi vitamin personal terbaik dan terlengkap, dari A sampai Z(inc).