Kenali 5 Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.
Ketumbar adalah salah satu rempah-rempah yang digunakan sebagai bumbu dapur. Tidak hanya sebagai bumbu dalam masakan, ternyata manfaat ketumbar bagi kesehatan juga sangat penting untuk diketahui. Air rebusan ketumbar dapat digunakan sebagai salah satu minuman herbal yang bermanfaat, tentu saja perlu dikonsumsi dengan jumlah yang sesuai agar tidak menimbulkan efek samping.

Kandungan Dalam Ketumbar

Tanaman ketumbar dengan nama asli coriandrum sativum adalah tanaman jenis rempah-rempah yang cukup populer. Ketumbar memiliki bentuk bulat kecil-kecil hampir serupa dengan lada. Aroma khas dari ketumbar berasal dari komponen kimia yang disebut dengan Lonalool, serta komponen pendukung lainnya seperti Geraniol, Camphor dan juga Geranil Asetat.

5 Manfaat Air Rebusan Ketumbar Bagi Kesehatan Tubuh

Banyak yang belum mengetahui penggunaan lain ketumbar selain sebagai bumbu masakan. Air rebusan ketumbar dapat dijadikan minuman herbal dengan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat dari ketumbar yang perlu Anda ketahui:

1. Mencegah dan Mengatasi Infeksi Bakteri

Ketumbar memiliki sifat antibakteri dan antijamur sehingga dapat mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Air rebusan dari ketumbar dipercaya dapat mengobati penyakit konjungtivis apabila dikonsumsi secara teratur.

2. Mengobati Gangguan Pencernaan

Manfaat ketumbar bagi kesehatan yang paling banyak digunakan adalah untuk mengatasi gangguan pencernaan. Masalah pencernaan seperti mual, perut kembut, nyeri perut hingga sembelit dapat diobati dengan meminum air rebusan ketumbar. Ketumbar juga dapat membantu mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh Irritable Bowel Syndrome (IBS).

3. Mencegah Penyakit Gula Darah (Diabetes)

Ketumbar mampu menjaga kandungan gula dalam darah tetap stabil dikarenakan biji ketumbar dapat membantu merangsang produksi insulin. Insulin berguna untuk mencegah terjadinya penumpukan gula dalam darah sehingga mencegah penyakit gula darah tinggi atau diabetes.

Meski dipercaya mampu membantu mengurangi kadar gula dalam darah, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda. Agar mencegah terjadinya efek samping akibat konsumsi air rebusan ketumbar secara berlebihan.

Editor Pick :

Cara Mengelola Stres Kerja Biar Tetap Produktif
Menghilangkan Gangguan Cemas Berlebihan? Ini Solusinya
Immunity Booster: Vitamin Untuk Mencegah Corona
Inilah Daftar Makanan Pantangan bagi Penderita Darah Tinggi

4. Ketumbar Bermanfaat untuk Mencegah Peradangan

Menurut penelitian, biji ketumbar memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk mencegah peradangan. Antioksidan dapat membantu tubuh melawan efek radikal bebas, sehingga mampu mencegah terjadinya peradangan akibat efek dari radikal bebas.

5. Meredakan Batuk dan Pilek

Tidak hanya memiliki kandungan antioksidan yang baik, ternyata ketumbar juga memiliki kandungan vitamin C. Kandungan vitamin C yang terdapat dalam air rebusan ketumbar bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh sehingga dapat melawan virus dan bakteri.

Tidak hanya kandungan vitamin C, namun aroma serta rasa yang khas dari air rebusan ketumbar dapat membantu meredakan gejala flu seperti batuk dan pilek. Bila dikonsumsi secara rutin dan dalam dosis yang tepat, air rebusan ketumbar dapat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh untuk mencegah berbagai virus penyakit.

Efek Samping Konsumsi Ketumbar Berlebih

Selain manfaat ketumbar untuk kesehatan, perlu Anda ketahui juga efek samping yang mungkin timbul dari mengonsumsi air rebusan ketumbar seperti reaksi alergi, serta penurunan kadar gula secara drastis. Oleh sebab itu, Anda perlu berhati-hati sebelum mengonsumsi ketumbar sebagai obat herbal dan tanyakan kepada dokter terlebih dahulu.

Ketumbar yang dikonsumsi sebagai minuman herbal tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil dan menyusui. Begitu juga dengan orang yang memiliki alergi terhadap ketumbar, sebaiknya hindari mengonsumsi air rebusan ketumbar sebagai minuman herbal.

Ingin mendapatkan informasi kesehatan terpercaya? Unduh aplikasi Ngovee melalui Google Playstore maupun Appstore.