Ketahui Sumber Nutrisi Kalsium dan Fungsinya bagi Tubuh

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Kalsium merupakan salah satu mineral yang diperlukan tubuh untuk menjalankan berbagai fungsinya. Meskipun tergolong mikromolekul, asupan nutrisi ini harus dipenuhi setiap hari. Jika tidak, tubuh akan kekurangan nutrisi kalsium dan menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 

Biasanya, sumber nutrisi kalsium diperoleh dari makanan tertentu. Jadi, dengan rutin mengkonsumsi makanan tersebut, kebutuhan kalsium dapat terpenuhi setiap hari. 

Nah, sebelum mengetahui sumber makanan apa saja yang kaya akan kalsium, simak peran kalsium bagi tubuh berikut ini.

Manfaat Nutrisi Kalsium Bagi Kesehatan

Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Salah satu manfaat utama dari nutrisi kalsium adalah membantu pertumbuhan tulang dan gigi
Salah satu manfaat utama dari nutrisi kalsium adalah membantu pertumbuhan tulang dan gigi

Bicara soal kalsium, maka pembahasannya tidak bisa dilepaskan dari kesehatan tulang dan gigi. Wajar saja, jumlah kalsium dalam tubuh sangat melimpah dan totalnya disimpan dalam tulang maupun gigi. Dengan kata lain, mineral ini komponen utama dari tulang dan gigi. Akan tetapi, kalsium tidak hanya dibutuhkan saat masa pertumbuhan, terutama tulang dan gigi terbentuk. Melainkan, diperlukan untuk memelihara tulang dan gigi supaya dapat bekerja sesuai fungsinya.

Menurut Kelvin Halim, nutrisionis Jovee, “Selain itu, kalsium berfungsi sebagai komponen pembentuk tulang, di mana nutrisi kalsium berfungsi dalam pemadatan tulang. Kurangnya kalsium dapat menyebabkan osteoporosis di usia tua atau bahkan osteoporosis dini, lebih cepat dari usia seharusnya.”

Mengatasi Gejala PMS

Asupan kalsium yang cukup dapat membantu wanita mengurangi ketidaknyamanan saat PMS
Asupan kalsium yang cukup dapat membantu wanita mengurangi ketidaknyamanan saat PMS

Dampak lain dari kekurangan kalsium dapat memicu gejala PMS atau premenstrual syndrome. Penelitian pun membuktikan kebenaran fakta tersebut bahwa rendahnya kadar kalsium dan vitamin D menyebabkan kalsium bereaksi negatif terhadap hormon estrogen dan progesteron. Akibatnya, muncul gejala PMS, seperti nyeri payudara, perut, sendi, tulang, perut kembung, dan masih banyak lagi.

Untuk mengurangi gejala PMS, dianjurkan mengonsumsi kalsium dan vitamin D dalam dosis tinggi. Terkait hal tersebut, dokter menyarankan dosis nutrisi kalsium yang dikonsumsi sebanyak 1000 mg sedangkan dosis vitamin D sebanyak 1000-2000 IU.

Kontraksi Otot dapat Dibantu dengan Asupan Nutrisi Kalsium

Selain baik untuk tulang, juga berperan dalam membantu relaksasi pada otot
Selain baik untuk tulang, kalsium juga berperan dalam membantu relaksasi pada otot

Manfaat nutrisi kalsium selanjutnya berperan dalam kontraksi otot, termasuk otot jantung. Jadi, ketika saraf merangsang otot, kalsium akan dilepaskan. Kemudian, kalsium akan membantu protein supaya otot berkontraksi. Setelah kalsium dipompa keluar dari otot, otot akan rileks kembali.

Pembekuan Darah

Sangat dibutuhkan dalam proses pembekuan darah
Nutrisi kalsium sangat dibutuhkan dalam proses pembekuan darah

Fungsi kalsium  selanjutnya erat kaitannya dengan proses pembekuan darah. Perlu Anda tahu, ada 13 faktor koagulasi yang terlibat dalam pembekuan darah. Faktor koagulasi sendiri merupakan sejumlah protein yang berperan dalam penggumpalan atau pembekuan darah. Nah, kalsium termasuk dalam salah satu dari 13 faktor koagulasi tersebut. Apabila defisiensi nutrisi kalsium, dapat dipastikan menyebabkan proses pembekuan darah menjadi terganggu.

Nutrisi Kalsium yang Tepat dapat Menurunkan Resiko Obesitas

Obesitas atau kelebihan berat badan dialami oleh sebagian besar orang. Kondisi ini menyebabkan berbagai penyakit kronis. Salah satu upaya pencegahannya dengan mengonsumsi makanan dengan kalsium cukup. Menurut beberapa penelitian, mengonsumsi makanan yang cukup kalsium membantu tubuh mempertahankan berat badannya, sehingga menurunkan risiko obesitas. Penelitian lain pun menunjukkan bahwa peran nutrisi kalsium dapat diperoleh melalui susu.

Makanan Yang Mengandung Nutrisi Kalsium

Mengingat pentingnya peran kalsium bagi tubuh diatas, Anda perlu memenuhi kebutuhan asupannya setiap hari melalui makanan berikut.

Sarden

Salah satu makanan sumber nutrisi kalsium terdapat dalam sarden. Mengapa? Alasannya, tulang yang terdapat dalam sarden dapat Anda makan, sehingga menjadikannya kaya akan kalsium. Oleh karena itu, jika Anda sedang makan sarden, lebih baik jangan singkirkan tulangnya ya. Diperkirakan dalaman 60 gram sarden kaleng terdapat kalsium sebanyak 240 mg.

Ikan Teri

Selain sarden, kandungan kalsium tinggi lainnya terdapat pada ikan teri. Sama halnya dengan sarden, kandungan kalsium tersebut terletak pada bagian tulangnya. Oleh karena itu, dianjurkan untuk menyantap ikan teri secara langsung untuk mendapatkan asupan kalsiumnya setiap hari.

Telur Mengandung Nutrisi Kalsium yang Cukup Tinggi

Beruntung, asupan nutrisi kalsium sangat mudah diperoleh melalui makanan sehari-hari, salah satunya telur. Anda bisa memakannya langsung atau diolah terlebih dulu menjadi hidangan lain. Tidak hanya kaya kalsium, telur merupakan sumber protein tinggi yang diperlukan tubuh. dalam satu butir telur berukuran 50 gram, setidaknya terdapat kalsium sebanyak 27 mg.

Brokoli 

Sayuran juga termasuk sumber makanan yang kaya akan kandungan nutrisi kalsium, salah satunya brokoli. Selain kalsium, sayuran hijau satu ini juga termasuk sumber vitamin C yang baik. Diperkirakan, dalam 120 gram brokoli mentah, terdapat 112 mg kalsium.

Bayam

Sumber kalsium selanjutnya yaitu bayam. Setengah gelas bayam berukuran 125 ml, terdapat kalsium sekitar 130 mg. Nutrisi lain yang terkandung dalam bayam diantaranya zat besi, vitamin C, vitamin A, dan masih banyak lagi.

Jeruk

Mungkin, selama ini Anda mengira mengonsumsi jeruk akan memenuhi kebutuhan vitamin C saja. Padahal, lebih dari itu, jeruk termasuk sumber kalsium yang tinggi. Dalam 150 gram jeruk, terdapat 60 mg kalsium. Jika tidak menyukai jeruk, Anda bisa mengonsumsi pilihan buah yang kaya akan nutrisi kalsium lain seperti pisang, apel, dan raisin atau anggur kering.

Kacang Almond

Hampir setiap orang menyukai kacang almond karena rasanya yang nikmat. Namun, tahukah Anda bahwa kacang almond juga kaya nutrisi? Tidak hanya sumber kalsium, rupanya kacang almond juga kaya akan protein, vitamin E, serta kalium. Ada juga jenis lemak baik yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Dalam 30 gram kacang almond, terdapat kalsium sejumlah 75 mg.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Manfaat Kalsium Untuk Tulang & Gigi
Komposisi Vitamin yang Diperlukan untuk Menjaga Stamina Tubuh
Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Sistem Imun Tubuh
Kenali Makanan Tinggi Vitamin yang Baik untuk Tubuh
Kenali Macam-Macam Vitamin Tubuh dan Sumber Nutrisinya
Vitamin Ibu Hamil yang Bagus, Apa Saja Rekomendasinya?

Sangat mudah bukan cara perolehan sumber nutrisi kalsium dari makanan di atas? Maka dari itu, pastikan untuk mengonsumsinya setiap hari supaya tubuh tetap sehat. Penuhi kebutuhan kalsium bersama Jovee.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mengetahui rekomendasi vitamin harianmu, anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store