Makanan yang Berfungsi untuk Mencegah Kanker

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Kanker merupakan kondisi tubuh seseorang dengan sel yang tumbuh secara tidak terkendali hingga menjadi ganas. Sel ganas pada tubuh ini kemudian secara perlahan merusak tubuh hingga membuat tubuh pasien menjadi tidak dapat berfungsi. Penyakit kanker sendiri bisa timbul di berbagai bagian tubuh. 

Kanker payudara adalah salah satu kanker yang paling banyak dialami oleh kaum hawa. Sementara kanker juga bisa timbul pada bagian tubuh lainnya termasuk organ pencernaan hingga kanker kulit. 

Makanan yang Memiliki Kemampuan Sebagai Pencegah Kanker

Meski obat yang dapat bekerja efektif 100% menangkal kanker belum ada, namun penelitian membuktikan bahwa beberapa jenis makanan ternyata memiliki kemampuan sebagai pencegah kanker. Berikut adalah beberapa jenis makanannya, dirangkum khusus oleh tim Ngovee, sumber informasi kesehatan terpercaya.

  • Teh Hijau

Selain memiliki ciri khas sebagai minuman herbal bagi wanita yang tengah diet, teh hijau ternyata memiliki manfaat lain yang tak kalah menakjubkan. Di dalam segelas teh hijau terdapat kandungan senyawa epigallocatechin gallate serta katekin yang mampu menurunkan kecepatan perkembangan sel kanker pada perut dan paru-paru. 

  • Jahe

Di dalam rempah jahe terkandung senyawa aktif yang berfungsi sebagai obat antikanker. Kemampuannya yang menakjubkan ini menjadikan jahe salah satu herbal yang dilirik sebagai pencegah kanker. 

  • Cokelat Hitam

Kandungan kakao di dalam cokelat hitam hingga sebesar 70% memiliki kemampuan dalam menurunkan pertumbuhan sel kanker. Di dalam biji kakao terdapat kandungan katekin dan antioksidan polifenol untuk menurunkan risiko stroke, kanker hingga penyakit jantung. 

  • Bawang Putih

Selain memiliki manfaat sebagai pelengkap pada bumbu masakan, bawang putih juga bermanfaat untuk membunuh sel kanker yang berkembang di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan di dalam bawang putih terdapat zat aktif allicin yang memang bekerja secara aktif dalam membunuh radikal bebas dan zat perusak dalam tubuh.  

  • Kunyit

Di dalam kunyit terdapat zat aktif curcumin yang bekerja sebagai antiradang dan antioksidan sehingga dapat menjaga sel-sel tubuh rusak dan berpotensi meningkatkan risiko kanker. Senyawa curcumin ini akan bekerja menyerang enzim yang terdapat di dalam radikal bebas. Hanya saja, walau khasiat sebagai antioksidan dan antiinflamasi sudah dikenal, kemampuan kunyit sebagai obat antikanker masih harus diteliti lebih lanjut. 

Metode Pengobatan Medis untuk Pasien Kanker

Selain melakukan pencegahan dengan mengkonsumsi makanan ataupun herbal yang dapat membunuh sel kanker, bagi mereka yang telah menderita kanker ganas, pengobatan medis tentu menjadi hal tak terelakkan. Dokter akan menyarankan beberapa jenis pengobatan yang disesuaikan dengan tingkat keganasan kanker dan juga kondisi tubuh pasien. 

  • Imunoterapi

Manfaat dari perlakuan imunoterapi adalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh dalam melawan serangan sel kanker. Dalam prosedurnya, tubuh akan disuntikkan zat kekebalan tubuh buatan yang mirip protein imun. Pada metode imunoterapi kanker, maka yang disuntikkan adalah vaksin kanker, antibodi monoklonal serta terapi sel T. Efek samping dari perlakuan imunoterapi yakni mual, demam, sakit kepala dan muntah. 

  • Terapi Hormon

Pada kasus kanker payudara maupun prostat, maka terapi yang paling sering diberikan adalah terapi hormon. Cara kerja terapi hormon yakni mengecilkan ukuran dari sel tumor sebelum dilakukannya terapi radiasi ataupun operasi. Selain itu, terapi hormon berfungsi untuk menurunkan risiko kembali aktifnya sel kanker. 

  • Terapi Target

Untuk menghambat kecepatan pertumbuhan sel kanker pada tubuh, maka akan dilakukan terapi target. Terapi target dilakukan dengan memberikan senyawa ataupun obat-obatan ke dalam tubuh untuk merusak sel kanker. Tujuan pemberian senyawa ini adalah agar sel sehat di sekitar kanker tidak ikut rusak. 

  • Kemoterapi

Kemoterapi yakni pemberian senyawa kimia ke dalam tubuh agar pertumbuhan sel kanker bisa terhenti. Selain itu, kemoterapi juga akan bekerja merusak sel kanker yang ada di dalam tubuh. Sayangnya, kemoterapi memiliki efek negatif berupa tubuh terasa nyeri, kerontokan pada rambut, mual, nafsu makan menurun dan sebagainya. 

Pola Hidup Sehat dalam Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker Pada Tubuh

Riset dari WHO menunjukkan bahwa sebanyak 30 hingga 50 persen kasus penyakit kanker seluruh dunia sebenarnya dapat dicegah. Kunci utama dalam mencegah kanker adalah mencegah pertumbuhan sel kanker adalah penerapan hidup sehat seperti berikut:

  • Tidak Mengkonsumsi Alkohol

Kanker yang paling banyak disebabkan oleh alkohol adalah kanker hati, rongga mulut, payudara, laring, faring dan juga kerongkongan. Jauhi konsumsi alkohol karena memang memiliki dampak buruk bagi tubuh. 

  • Berolahraga

Lakukan olahraga secara teratur agar tubuh tidak mengalami obesitas. Riset menunjukkan kelebihan berat badan meningkatkan risiko kanker. 

  • Berhenti Merokok

Rokok terbukti menjadi faktor terbesar timbulnya kanker yang menyebabkan kematian. Terdapat setidaknya 7000 zat kimia di dalam tembakau dengan 250 di antaranya berbahaya. Bahkan 50 zat di antara bahan kimia tersebut diketahui bisa menimbulkan kanker. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Daftar 5 Makanan Sehat Pencegah Kanker
Yuk Coba Minuman Penurun Darah Tinggi Ini Biar Lebih Sehat!
Tips Makan Sehat bagi Penderita Darah Tinggi
Inilah Daftar Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Patut Dihindari
Catat, Inilah Buah untuk Mencegah Penyakit Jantung yang Baik Dikonsumsi
Daftar Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung Anda
Daftar Makanan Sehat untuk Menguatkan Jantung

Itulah beberapa makanan yang dapat mencegah kanker. Untuk menurunkan risiko terjadinya kanker sebenarnya bisa dilakukan dengan menjalani gaya hidup sehat dan mengkonsumsi makanan pencegah kanker. Pola hidup sehat sangat penting karena merupakan kunci dari keberhasilan pencegahan kanker.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store