Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Tubuh

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.
Jagung merupakan salah satu makanan yang mungkin banyak ditemui di Indonesia dan banyak sekali dikonsumsi oleh masyarakat. Tapi mungkin tidak banyak orang yang tahu manfaat jagung itu apa saja bagi tubuh, tahunya ya hanya makan saja tanpa tahu manfaatnya.

Padahal memang jagung itu memiliki manfaat yang cukup besar bagi tubuh, sehingga sebenarnya mengonsumsinya secara rutin pun baik. Nah berikut ini kami akan jelaskan beberapa manfaat yang bisa kita rasakan dari mengonsumsi jagung.

Nutrisi Pada Jagung

Jagung itu memiliki kandungan nutrisi yang cukup banyak yang sebenarnya sangat baik bagi tubuh kita untuk berkegiatan. Kandungan kalori yang ada pada jagung itu kisaran 80 sampai dengan 100 kalori dan itu berkisar 100 biji pada satu buah jagung.

Nutrisi yang terkandung pada jagung itu ada serat, ada protein, dan juga karbohidrat kompleks yang dibutuhkan oleh tubuh. Ada banyak vitamin dan juga mineral yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja, selain itu ada antioksidan yang sangat dibutuhkan tubuh.

Beberapa Manfaat Dari Jagung

Nah untuk jagung sendiri dengan kandungan yang sudah kami jelaskan sebelumnya, maka jelas akan memiliki banyak sekali manfaat. Akan tetapi mungkin memang benar kalau orang itu sendiri tidak begitu memahami apa sebenarnya manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh.

Sebenarnya manfaatnya itu ada banyak, selama kita mengonsumsinya dengan baik dan juga benar caranya ya. Nah berikut beberapa manfaat bila kita mengonsumsi jagung tersebut yang akan bisa kita dapatkan.

1. Melancarkan Saluran Pencernaan

Salah satu nutrisi yang ada pada jagung itu adalah serat, dimana kita tahu ini sangat bermanfaat untuk pencernaan kita. Dimana dengan kandungan serat yang cukup di dalam tubuh akan membuat pencernaan tubuh kita akan jadi jauh lebih lancar. Dan sebenarnya kesehatan tubuh itu salah satunya terpengaruh oleh sistem pencernaan yang ada di dalam tubuh kita. Jadi kalau pencernaan tubuh kita baik, maka tubuh kita pun akan jauh lebih sehat.

2. Mengendalikan Tekanan Darah

Manfaat jagung yang kedua adalah untuk mengendalikan tekanan darah kita, jadi mengonsumsi jagung itu memang perlu. Kandungan kalium dan juga magnesium yang ada pada jagung itu memang bisa membuat tekanan darah pada tubuh lebih stabil. Sehingga jelas kita itu akan bisa mengendalikan tekanan darah dengan baik bila mengonsumsi jagung dengan takaran yang pas.

Editor Pick :

7 Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

Bahaya Minuman Kemasan dan Makanan Kemasan Bagi Kesehatan

Kenali Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Mental

Cara Mudah Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Ala Dokter Gigi

3. Menangkal Radikal Bebas

Jagung juga memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi dan juga memiliki antioksidan yang juga cukup tinggi. Sehingga dengan mengonsumsi jagung itu akan bisa menangkal radikal bebas dengan sangat efektif sekali dan bisa menjaga tubuh lebih sehat. Jadi ya kita itu bisa menggunakan jagung ini sebagai salah satu alat menangkal radikal bebas.

Cara Konsumsi Yang Baik

Bila ingin mengonsumsi jagung itu harus tahu bagaimana cara untuk mengonsumsi jagung yang baik untuk mendapat manfaat yang maksimal. Pertama-tama kita harus memastikan kalau jagung itu sudah cukup bersih, sehingga tidak ada bakteri jahat yang masuk ke tubuh. Untuk mendapat manfaat yang baik, kalian harus memasaknya sampai matang ya. Meski manfaat jagung itu baik, akan tetapi untuk penderita diabetes itu harus dibatasi ya.

Untuk kalian yang menginginkan info kesehatan yang lebih lengkap seperti misalnya informasi jagung ini, bisa mengunjungi Ngovee. Di sana ada banyak sekali informasi yang bisa kita dapatkan dan kita bisa mendapatkan manfaat dari informasi itu.