Mengenal Kayu Manis Beserta Kandungannya Yang Berkhasiat

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.
Bagi masyarakat, umumnya sangat familiar dengan bahan makanan satu ini. Ya, kayu manis adalah salah satu rempah yang banyak digunakan tidak hanya untuk makanan, namun juga minuman. Hal tersebut karena kandungan kayu manis yang bermanfaat bagi kesehatan dan memelihara kehangatan tubuh.

Kayu manis merupakan pohon yang berjenis rempah. Adapun rempah kayu manis ini kategorinya memiliki aroma yang cenderung manis dan tak jarang juga pedas. Maka tak heran kayu manis ini sering dijadikan campuran untuk bahan makanan atau minuman, guna memberikan rasa manis maupun pedas pada sebuah hidangan.

Kayu manis tercatat sebagai salah satu bumbu makanan yang usianya sangat tua. Hal tersebut tercatat dalam beberapa kitab perjanjian lama, yang menceritakan tentang bumbu kayu manis ini yang telah digunakan sejak zaman Mesir kuno, yakni sekitar 3000 tahun lalu.

Bagi masyarakat modern seperti sekarang ini, kayu manis sering dijadikan suplemen yang dipadukan dengan bahan berkhasiat lainnya seperti madu, yang mana banyak digunakan untuk mengobati penyakit dalam tubuh seperti perut kembung, radang sendi dan jantung.

Kandungan Nutrisi Kayu Manis

Dari data yang diperoleh melalui Dinas Pertanian Amerika Serikat, pada satu sendok teh kayu manis dalam bentuk bubuk, atau yang takarannya sekitar 2,6 gram, kandungannya yakni:

  • Karbohidrat sebesar 2,1 gram
  • Kalori sebesar 6,42 kkal
  • Magnesium sebesar 1,56 mg
  • Kalium sebesar 11,2 mg
  • Kalsium sebesar 26,1 mg
  • Fosfor sebesar 1,66 mg
  • Zat besi sebesar 0,21 mg
  • Vitamin A sebesar 0,39

Kelebihan dari kayu manis yakni bumbu rempah satu ini tidak memiliki kandungan gula, lemak ataupun kolesterol. Malah sebaliknya, kandungan kayu manis tersebut kaya akan antioksidan seperti beta karoten, kolin, alfa karoten, likopen, beta cryptoxanthin dan zeaxanthin. Dimana hampir semua senyawa dari antioksidan tersebut berperan secara efektif dalam rangka menangkal radikal bebas yang berpotensi mengancam kesehatan tubuh.

Manfaat Konsumsi Kayu Manis

Setelah mengetahui kandungan kayu manis yang kaya akan nutrisi dan antioksidan tersebut, tak heran jika konsumsi kayu manis secara rutin dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan tubuh. Apa saja manfaat dari konsumsi kayu manis tersebut? Simak informasinya di bawah ini.

  • Membantu menurunkan kadar kolesterol

Tubuh yang memiliki kadar kolesterol tinggi sangatlah berbahaya dan dapat mengancam kesehatan. Hal ini karena kolesterol yang tinggi berdampak pada terjadinya penyumbatan yang ada di pembuluh darah. Konsumsi kayu manis secara rutin dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Kayu manis dapat meningkatkan kadar kolesterol baik di tubuh.

  • Melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh

Bila terjadi penggumpalan darah pada tubuh, hal tersebut mampu menimbulkan efek samping yang membahayakan seperti halnya gangguan pada pencernaan serta rasa sakit yang dirasakan di sekujur tubuh. Konsumsi kayu manis secara rutin diyakini dapat melancarkan sirkulasi darah dan menghindarkan dari timbulnya gumpalan darah pada tubuh.

  • Tinggi antioksidan

Seperti yang telah dijelaskan di awal, kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Hal tersebut dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, dimana dapat mencegah dari ancaman radikal bebas, mencegah stres serta dapat mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Antioksidan yang tinggi juga menjaga tubuh agar tidak mudah terinfeksi penyakit.

Nah, demikian tadi informasi yang berkenaan dengan kandungan kayu manis serta manfaat yang diperoleh dengan konsumsi rutin kayu manis.

Kini tersedia aplikasi Ngovee yang dapat diunduh secara gratis Google Play Store maupun App Store untuk memenuhi kebutuhan suplemen harian anda. Pastikan ketahui informasi kesehatan di Ngovee.