Mengenal Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S.Gz. 

Temulawak memang sudah terkenal sejak jaman dahulu sebagai salah satu tanaman obat yang efektif untuk kesehatan. Manfaat temulawak untuk kesehatan sangat banyak dan sudah terbukti dari generasi ke generasi. 

Sayangnya orang di jaman sekarang tidak banyak yang tahu apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari mengonsumsi temulawak ini. Padahal ada beberapa penyakit yang cukup efektif penyembuhannya dengan menggunakan temulawak. Selengkapnya, mari kita pelajari bersama-sama mengenai manfaatnya dari temulawak.

Kandungan Temulawak

Ada beberapa senyawa kimia yang terkandung di dalam temulawak. Banyaknya senyawa kimia tersebut yang membuatnya memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Beberapa di antara kandungannya adalah minyak atsiri, Kamfer, Glikosida, Xanthorizol dan lain-lain. Ini membuat kandungan dari temulawak itu memang memberikan banyak sekali manfaat bagi tubuh dan bisa memberikan kesehatan bagi yang mengonsumsinya.

Manfaat Temulawak

Nah untuk manfaat temulawak, ada yang sudah teruji dan ada yang masih butuh penelitian lebih lanjut. Seperti sebut saja soal anti kanker, di mana efek untuk menghadapi penyakit kanker ini masih butuh penelitian lebih lanjut.

Karena efektivitasnya temulawak untuk mencegah kanker masih perlu diuji lebih dalam, berikut kami akan berikan informasi soal apa saja manfaat yang bisa kita didapatkan dari temulawak ini.

1.     Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat yang memang jelas terlihat dari temulawak adalah bisa memperlancar sistem pencernaan tubuh. Intinya kandungan di dalam temulawak itu bisa menyehatkan organ tubuh dan melancarkan pencernaan dan membuat tubuh sehat.

Kandungan di temulawak akan merangsang produksi empedu sehingga bisa meningkatkan fungsi pencernaan dan juga menyehatkan organ pencernaan. Itulah salah satu manfaat temulawak untuk kesehatan yang memang sudah sering dimanfaatkan dari jaman dahulu sebagai jamu.

2.     Membantu Mengurangi Peradangan

Manfaat yang kedua adalah untuk mengurangi peradangan yang terjadi pada otot maupun sendi, terutama sendi lutut. Pada pengidap Osteoarthritis, temulawak bisa sedikit mengurangi rasa nyeri dan membantu mengurangi peradangan yang terjadi.

Hal ini karena temulawak itu menjadi seperti Ibuprofen yang bisa membantu mengatasi peradangan yang terjadi. Jadi konsumsi temulawak ini akan sangat membantu untuk pengidap penyakit tersebut dan juga peradangan yang lainnya yang mungkin dialami oleh tubuh kita.

3.     Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat yang ketiga adalah bisa juga dipakai untuk meningkatkan nafsu makan untuk anak-anak yang mungkin tidak nafsu makan. Sebab di dalam temulawak, ada kandungan Curcuma yang bisa meningkatkan nafsu makan dengan sangat signifikan. Namun tentunya harus dengan dosis yang tepat, karena kalau terlalu banyak pun akan bisa menyebabkan masalah bagi tubuh juga.

Cara Konsumsi Temulawak

Cara mengonsumsi temulawak pun beragam. Ada yang dengan cara direbus dengan menggunakan air dan diminum airnya. Namun ada juga yang memilih menggunakan ekstraknya saja karena dinilai lebih mudah dan juga simpel.

Bagaimanapun cara konsumsinya, harus dilakukan dengan perhitungan yang pas. Apabila terlalu banyak dan konsumsi temulawak untuk jangka waktu lama, bisa memicu masalah pada lambung. Jadi perlu diatur supaya dapat manfaat temulawak untuk kesehatan yang maksimal.

Sebenarnya konsumsi temulawak itu tidak harus dari bahan temulawak langsung, bisa juga dengan vitamin yang mengandung temulawak. 

Ingin tahu lebih lagi seputar manfaat kesehatan lainnya? Simak selengkapnya di Ngovee. Download juga aplikasi Jovee untuk mendapatkan vitamin dan suplemen personal, hanya di Play Store dan App Store. Temukan vitamin terbaik dan terlengkap, dari A sampai Z(inc), di Jovee.