Susu Rendah Lemak Dengan Beragam Manfaat Untuk Diet

Susu rendah lemak tak hanya baik dalam menunjang penurunan berat seseorang. Lebih dari itu, susu yang biasa dikonsumsi untuk diet ini punya beragam manfaat lainnya untuk kesehatan. Susu ini memiliki kandungan lemak sebanyak 1-2 persen. Namun, terdapat juga susu yang tidak ada kandungan lemak sama sekali yaitu seperti susu skim dan sejenisnya.

Susu rendah lemak tersebut jika kandungan lemaknya sebanyak 1 persen, biasanya memiliki kurang lebih 127 kalori, lemak jenuh sebanyak 2 gram, dan kolesterol sebanyak 13 miligram di dalamnya. Sedangkan susu dengan kandungan lemaknya 2 persen, maka mempunyai 139 kalori, 4 gr lemak jenuh, serta 22 mg kolesterol yang terdapat di dalamnya.

Beberapa Manfaat Kesehatan Mengkonsumsi Susu Rendah Lemak

Jika bisa memilih, maka susu skim memang merupakan susu yang tepat untuk diet. Karena bukan hanya tak terdapat lemak saja, susu skim rendah kolesterol juga. Dalam satu gelas susu skim, terkandung hanya 5 gr kolesterol tanpa ada lemak jenuh. Selama ini, jenis susu rendah lemak merupakan minuman yang masuk dalam kategori pantang dikonsumsi oleh mereka yang diet, karena bisa menggemukkan badan.

Faktanya, susu ini mengandung unsur vitamin D. Vitamin tersebut yang dibutuhkan agar bisa membantu untuk diet. Bukan hanya membantu diet seseorang saja, berikut ini manfaat susu tersebut yang bisa kamu rasakan.

Minuman tepat untuk berolahraga

Jenis susu ini baik dikonsumsi seusai berolahraga untuk bisa menjaga tubuh tetap terhidrasi. Saat kita membakar kalori dan lemak ketika berolahraga, konsumsi susu ini bisa memberikan nutrisi lengkap yang diperlukan oleh tubuh. Tidak hanya itu, susu rendah lemak untuk diet juga bisa membantu tubuh untuk membentuk otot. 

Mampu mengontrol kondisi tekanan darah di dalam tubuh

Ada kandungan protein dan kalsium di dalam susu yang bermanfaat membantu menurunkan tekanan darah yang cenderung tinggi. Supaya mendapatkan manfaat satu ini, maka kamu bisa mengonsumsi susu rendah lemak secara rutin. Dengan begitu, maka kesehatan jantung kamu bisa terjaga serta terhindar dari adanya risiko terkena stroke.

Menambah kekuatan pada tulang

Jenis susu yang rendah lemak ini kaya akan ragam kandungan yang baik untuk tubuh, salah satu kandungan penting yaitu adalah kalsium. Dengan segelas susu tersebut, maka terkandung 299 mg kalsium yang bisa memenuhi kebutuhan kalsium harian tubuh hingga 30 persen. Sehingga bisa membantu tubuh Anda memiliki tulang yang padat. Dikarenakan kandungan lemak yang rendah, kalsium di dalam susu yang rendah lemak bisa diserap baik.

Menyehatkan sistem pencernaan

Dengan minum segelas saja, maka dapat membantu kerja usus agar lebih optimal. Usus bekerja dengan lebih baik karena kandungan nutrisi dalam susu yang bisa mencegah seseorang memiliki masalah pencernaan. seperti sembelit atau diare.

Perlu kita ketahui juga bahwa susu yang rendah lemak seperti susu skim sangat baik dikonsumsi bagi pengidap kolesterol tinggi. Seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi, diwajibkan membatasi asupan kolesterol, setidaknya menjadi kurang 200 mg tiap harinya.

Dengan konsumsi susu rendah lemak untuk diet tersebut, tubuh bisa tetap mendapatkan asupan kalsium, kalium dan vitamin D. Sehingga tanpa perlu takut kolesterol di dalam tubuh bisa melonjak naik.

Baca lebih banyak tips dan trik seputar kesehatan di sini. Dapatkan vitamin terbaik hanya melalui Ngovee.