Yuk Coba Minuman Penurun Darah Tinggi Ini Biar Lebih Sehat!

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Hipertensi atau tekanan darah tinggi sering disebut sebagai silent killer karena dapat secara tiba-tiba membunuh seseorang yang menderitanya. Bagaimana tidak, gejala hipertensi hampir tidak terlihat dan seseorang bisa mengalami hipertensi diwaktu yang tidak terduga-duga. Bahkan, tekanan darah tinggi ini mampu memicu berbagai penyakit komplikasi yang lebih serius. 

Oleh karena itu, bagi Anda yang menderita hipertensi sebaiknya selalu rutin minum obat dan mengonsumsi makanan sehat. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa membuat minuman alami yang rasanya enak, namun juga ampuh menurunkan tekanan darah sekaligus. Paket lengkap bukan? 

Normalnya, tekanan darah seseorang antara 140/90 mmHg. Jika lebih dari itu, maka dapat dikategorikan memiliki tekanan darah tinggi. Ada beberapa hal yang dapat memperburuk kesehatan penderita tekanan darah tinggi yaitu pola makan yang tidak sehat, durasi bekerja yang panjang, dan stres. Pada level yang tidak parah, hipertensi tidak akan memberikan bad effect. Namun, jika tidak ditangani dengan baik, juga akan berakibat fatal seperti serangan jantung dan stroke. Jadi, bagi penderita hipertensi, upayakan untuk selalu memperhatikan pola makan yang seimbang dengan memasukkan buah dan sayur supaya menurunkan tekanan darah. 

Minuman Penurun Darah Tinggi

Para pakar kesehatan pun menambahkan jika penderita hipertensi harus menghindari makanan dengan kandungan sodium tinggi dan memperbanyak konsumsi potassium. Tidak hanya makanan, minuman penunjang juga sangat dianjurkan. Berikut ini adalah beberapa minuman penurun darah tinggi yang dapat membantu Anda, spesial dirangkum oleh tim Ngovee, sumber informasi kesehatan terpercaya.

Jus Delima

Minuman penurun tekanan darah pertama yang bisa Anda coba adalah jus delima. Ya, jus delima mengandung vitamin penting dan potassium yang mampu melancarkan sirkulasi darah. Tidak hanya itu, buah delima juga dikenal mampu melawan dan meminimalisir ACE, sebuah enzim pengonversi angiotensin yang menyempitkan pembuluh darah. 

Fakta ini sesuai dengan hasil penelitian yang menyatakan bahwa mengonsumsi jus delima dapat memperbaiki tekanan darah sistolik seseorang. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa orang yang menderita hipertensi dan mengonsumsi 150 ml jus delima setiap hari selama dua minggu, akan mengalami penurunan tekanan darah secara signifikan.

Selain itu, delima juga memiliki mineral dan vitamin yang baik untuk menjaga tubuh dan sebagai zat antiinflamasi, sehingga dapat mencegah penderita hipertensi dari penyakit lainnya yang disebabkan oleh hipertensi seperti stroke.

Jus Jeruk

Minuman selanjutnya yaitu jus jeruk. Tahukah Anda, buah jeruk mengandung potasium yang sangat tinggi. Jadi, kandungan makanan yang tidak baik bagi penderita tekanan darah tinggi, dapat dinetralkan dengan mengonsumsi jus jeruk secara rutin. Ada juga kandungan folat dan bioflavonoid citrus alami yang membantu menurunkan tekanan darah, meningkatkan metabolisme tubuh, dan membantu memelihara kesehatan jantung. Vitamin C pada jeruk juga dapat mencegah inflamasi dan memperbaiki sel pelindung pada pembuluh darah yang rusak karena tekanan darah tinggi yang merusaknya.

Susu 

Semua orang pasti sudah tahu bahwa susu mengandung nutrisi lengkap yang baik bagi tubuh. Ya, dalam segelas susu, terdapat fosfor, potasium, dan kalsium yang baik bagi kesehatan tekanan darah seseorang. Ditambah lagi, susu juga mengandung vitamin D yang mampu meningkatkan kesehatan jantung dan mengontrol aliran darah. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan oleh British Journal of Nutrient pun menyatakan bahwa mengonsumsi susu atau produk olahan susu tinggi lemak atau rendah lemak mampu menurunkan tekanan darah. Namun, tetap saja asupan susu yang baik bagi penderita hipertensi ialah susu dengan rendah lemak.

Teh Hibiscus 

Alternatif minuman lainnya yang bisa Anda masukkan dalam menu harian adalah teh hibiscus. Mengonsumsi secangkir teh hibiscus mampu menurunkan tekanan darah seseorang, terutama saat sedang melonjak drastis. Hal ini juga dikemukakan oleh Journal of Nutrition, dimana peneliti menyatakan  bahwa teh hibiscus mengandung antosianin dan antioksidan yang membantu darah menahan kerusakan yang mengakibatkan penyempitan. Ada banyak teh herbal di pasaran yang mengandung hibiscus. Jadi, Anda tidak perlu kesulitan menemukannya.

Salah satu ciri teh hibiscus ini adalah warna yang kemerahan saat diseduh dan memberikan rasa asam (tart). Penelitian serupa lainnya juga mendapatkan hasil yang sama. Intinya, peneliti menganjurkan bagi penderita hipertensi untuk mengonsumsi 3 cangkir teh hibiscus setiap hari. Biar hasilnya lebih maksimal, diamkan teh ini selama 6 menit terlebih dulu usai diseduh, sebelum akhirnya diminum.

Jus Buah Bit

Tahukah Anda, buah bit dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini sesuai dengan hasil penelitian yang menemukan adanya penurunan tekanan darah sistolik, enam jam setelah mengonsumsi buah ini. Dalam buah ini mengandung potasium dan nitrat yang tinggi dan berperan penting dalam menurunkan tekanan darah. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau mengolahnya jadi jus buah bit.

Jus Alpukat

Alpukat termasuk dalam buah dengan sumber lemak baik bagi tubuh. Tidak hanya itu saja, alpukat juga dapat menjadi buah penurun darah tinggi seseorang. Didalamnya, terdapat potassium, serat, antioksidan, folat, vitamin B6, vitamin C, asam pantotenat, dan vitamin K yang baik bagi tubuh.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Tips Makan Sehat bagi Penderita Darah Tinggi
Inilah Daftar Makanan Penyebab Darah Tinggi yang Patut Dihindari
Catat, Inilah Buah untuk Mencegah Penyakit Jantung yang Baik Dikonsumsi
Daftar Makanan Sehat untuk Jantung dan Lambung Anda
Daftar Makanan Sehat untuk Menguatkan Jantung
Ini Daftar Makanan Rendah Gula Bagi Penderita Diabetes
Buah Apa yang Sebaiknya Dihindari Pasien Diabetes?
Yuk Mengenal Sayur Pengendali Gula Darah Paling Ampuh

Minuman Herbal Penurun Darah Tinggi

Jahe

Jahe adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan banyak digunakan sebagai bahan baku dalam pengobatan alternatif. Kegunaan jahe bagi kesehatan yaitu dapat meningkatkan kesehatan jantung termasuk sirkulasi darah, menstabilkan kadar kolesterol, dan teknanan darah. Kombinasinya minuman herbal Anda dengan menerapkan pola hidup sehat dan berolahraga secara rutin. Anda bisa merebus jahe dengan air secukupnya dan nikmati selagi hangat.

Kayu Manis

Selain aromanya yang wangi, kayu manis juga bermanfaat untuk menstabilkan tekanan darah. Sejak dahulu, kayu manis sudah menjadi pilihan banyak orang untuk mengatasi berbagai permasalahan jantung termasuk terkanan darah tinggi.


Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store