Yuk Mengenal Sayur Pengendali Gula Darah Paling Ampuh

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang kini menjadi momok bagi semua orang. Bukan tanpa alasan, diabetes ini sendiri tergolong ke dalam penyakit yang mematikan karena bisa membuat penderitanya mengalami komplikasi berbagai penyakit lain. Akibat dari komplikasi ini, tentu akan berimbas pada menurunnya daya tahan dan kesehatan tubuh.

Namun, Anda pun bisa mengatasi diabetes ini dengan sayur yang dapat membantu mengendalikan gula darah yang bisa Anda konsumsi. Ada banyak jenis sayur yang bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah diabetes. Namun, sebelum Anda mengetahui lebih lanjut seputar sayur yang bisa dimanfaatkan untuk membantu merawat diabetes, Anda pun juga wajib tahu tentang diabetes itu apa terlebih dahulu.

Apa Itu Diabetes?

Bagi Anda yang belum tahu, diabetes sendiri tergolong dalam penyakit kronis yang biasanya ditandai dengan ciri khusus berupa tinggi atau naiknya kadar gula darah atau glukosa di dalam tubuh. Glukosa ini merupakan salah satu sumber energi utama bagi sel tubuh setiap orang dan keberadaannya ini bisa dikatakan sangat penting untuk tubuh.

Apabila glukosa yang ada di dalam darah Anda menumpuk maka bisa menyebabkan diabetes ini. Penumpukan glukosa ini akibat dari glukosa yang tidak diserap oleh sel tubuh dengan baik sehingga dapat menimbulkan berbagai masalah pada organ tubuh. Jika diabetes Anda tidak terkontrol dengan baik, maka dapat timbul berbagai komplikasi penyakit yang lainnya.

Untuk mengatasi masalah diabetes ini memang dapat diselesaikan dengan mengonsumsi sayur penurun diabetes sebagai solusi alternatifnya. Bukan tanpa alasan, pasalnya ada beberapa jenis sayuran yang memiliki kandungan dapat menurunkan kadar gula darah, sekaligus juga menstabilkan tekanan gula darah yang ada di tubuh Anda dengan sangat efektif.

Apa Saja Sayur yang Bisa Membantu Mengendalikan Gula Darah Bagi Para Penderita Diabetes?

Sayur pengendali gula darah bagi penderita diabetes pertama yang dapat Anda coba adalah pare. Yap, sayur dengan rasa pahit ini memang cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Terlebih, pare memang diyakini bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan. Anda pun dapat dengan mudah menjumpai pare ini dimana saja dan biasanya pare sering diolah dengan cara direbus atau ditumis.

Namun perlu Anda ketahui, ternyata kandungan yang ada di dalam pare seperti karoten dan momocidin memiliki kemampuan yang aktif untuk membuat tubuh dapat menurunkan kadar gula darah. Selain itu, bagi penderita diabetes jika mengonsumsi pare juga dapat membantu menurunkan tekanan gula darah sekaligus menstabilkannya.

Selanjutnya, timun juga bisa menjadi sayur pengendali gula darah yang bisa Anda konsumsi. Pasalnya, timun ini termasuk ke dalam sayuran yang memiliki indeks glikemik cukup rendah. Dengan demikian, timun pun sangat cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Terlebih timun juga mengandung beberapa senyawa dan vitamin yang aktif.

Beberapa kandungan di dalam timun ini seperti vitamin C, beta karoten, mangan dan flavonoid yang  berperan sebagai antioksidan untuk tubuh. Banyaknya kandungan ini dapat melawan radikal bebas yang bisa merusak sel di dalam tubuh terutama pankreas. Bila pankreas Anda sehat, maka tekanan darah di tubuh Anda pun dapat dikendalikan dengan mudah.

Berikutnya ada brokoli. Perlu Anda ketahui, di dalam brokoli terkandung sebuah zat yang bernama sulforaphane. Zat atau senyawa ini dipercaya bisa membantu tubuh Anda untuk mengendalikan kadar gula darah dan juga dapat melindungi pembuluh darah dari  berbagai risiko terkena penyakit berbahaya serta penyumbatan pembuluh darah yang berbahaya untuk tubuh.

Tak hanya itu, senyawa dalam brokoli ini juga bisa membantu untuk mencegah sel kanker dan tumor tidak masuk ke tubuh Anda. Dengan demikian, bagi Anda yang memiliki masalah diabetes bisa mengonsumsi brokoli sebagai sayur penurun diabetes dengan mengolahnya menjadi makanan. Namun, alangkah lebih baik jika brokoli Anda olah dengan cara dikukus saja.

Apabila Anda hendak mencari sayur pengendali gula darah yang memiliki harga murah, maka terong bisa menjadi pilihan. Bahkan, terong ini dapat Anda masak bersama dengan kulitnya sekaligus. Terong pun ternyata juga memiliki kandungan antioksidan yang bernama anthocyanin yang sangat tinggi dan dapat bermanfaat untuk kesehatan tubuh Anda.

Kandungan antioksidan ini bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan sel pankreas Anda yang memiliki peran penting dalam memproduksi kadar hormon insulin di dalam tubuh. Dengan produksi insulin yang terjaga ini, maka Anda pun niscaya dapat terhindar dari diabetes. Untuk penderita diabetes pun juga dapat menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh agar menjadi lebih stabil.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
7 Cara Tetap Hidup Sehat Meski Di Rumah Aja
Efek Bahaya Alkohol Pada Imunitas Tubuh Dan Cara Mengatasinya
Kandungan Minyak Kutus Kutus Bermanfaat untuk Kesehatan
Jenis Makanan Pemicu Alzheimer Yang Perlu Kamu Ketahui
Tips Agar Tangan Tidak Sering Menyentuh Wajah
Kacamata Anti Radiasi: Penggunaan, Keunggulan, dan Kelemahan

Itu tadi beberapa rekomendasi sayur penurun diabetes yang bisa Anda coba konsumsi. Pastinya, semua sayur itu sangat mudah untuk Anda jumpai kapan saja dan dimana saja serta harganya pun terjangkau. Tapi, Anda tetap direkomendasikan untuk mengolah sayur-sayur itu dengan cara direbus atau dikukus agar kandungannya tidak hilang dan tetap sehat untuk Anda konsumsi.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.

Anda juga bisa mengetahui info kesehatan terpercaya dengan mendaftarkan email anda di Ngovee.