4 Februari, Hari Kanker Sedunia : Sejarah dan Tema Hari Kanker 2021

Tanggal 4 Februari diperingati sebagai hari kanker dunia. Setiap tahunnya tema yang diangkat dalam memperingati hari kanker dunia selalu berbeda namun dengan tujuan yang sama yaitu mencegah kematian dengan meningkatkan kesadaran, pengetahuan, dan pendidikan tentang kanker, serta menekan pemerintah dan individu di seluruh dunia untuk mengambil tindakan melawan kanker. 

Kesadaran terhadap kanker merupakan hal yang yang penting dimiliki di abad 21. Meskipun faktor-faktor yang seharusnya dapat berkontribusi pada penurunan penyakit seperti perkembangan dan kemajuan dalam ilmu kedokteran, diagnosis, dan pengobatan kanker, jumlah kasus kanker baru yang didiagnosis setiap tahun secara global terus meningkat.

Perlu diketahui bahwa jenis kanker dibedakan menjadi tiga kelompok, yaitu pra kanker, tumor jinak, dan tumor ganas. Pra kanker (atau premaligna) menggambarkan kondisi yang melibatkan sel-sel abnormal yang mungkin (atau kemungkinan besar) berkembang menjadi kanker.

Tumor jinak tidak bersifat kanker dan jarang mengancam kehidupan. Tumor jenis ini memiliki kecenderungan pertumbuhan yang lambat dan tidak menyebar ke bagian lain dari tubuh. Tumor jinak biasanya terdiri dari sel-sel yang sangat mirip dengan sel normal atau sehat. Sel-sel tumor jinak hanya akan menimbulkan masalah jika tumbuh sangat besar, menjadi tidak nyaman atau menekan organ lain – misalnya tumor otak di dalam tengkorak.

Pertumbuhan tumor ganas lebih cepat jika dibandingkan dengan pertumbuhan tumor jinak. Selain itu, tumor ganas memiliki kemampuan untuk menyebar dan menghancurkan jaringan di sekitarnya. Sel tumor ganas dapat melakukan proses metastasis, yaitu menyebar ke bagian tubuh lainnya setelah terlepas dari tumor utama (primer). Setelah menyerang jaringan sehat di situs baru, mereka terus membelah dan tumbuh. Situs sekunder ini dikenal sebagai metastasis dan kondisinya disebut sebagai kanker metastasis.


Latar Belakang Hari Kanker Sedunia

Peringatan hari kanker sedunia dimulai di tahun 2000 pada KTT Dunia Melawan Kanker pertama kalinya diselenggarakan dan bertempat di Paris. Pada pertemuan ini, para pemimpin lembaga dari berbagai kalangan, termasuk pemerintah dan organisasi kanker dari seluruh dunia menandatangani Piagam Paris Melawan Kanker, sebuah dokumen yang berisi 10 artikel yang menguraikan komitmen kerja sama global untuk meningkatkan kualitas hidup pasien kanker dan investasi berkelanjutan dalam dan kemajuan penelitian, pencegahan, dan pengobatan kanker. 

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), jika kasus kanker terus meningkat pada tingkat yang dilaporkan, jumlah kematian di seluruh dunia akibat kanker akan meningkat menjadi lebih dari 16,3 juta pada tahun 2040. Namun, WHO juga menyampaikan sebanyak 40 persen kematian akibat kanker dapat dicegah. Maka dari itu, meningkatkan kesadaran terhadap pencegahan kanker telah menjadi tujuan utama dari banyak organisasi kanker dan kesehatan di seluruh dunia, dan Hari Kanker Dunia hadir untuk mewakili penegasan kembali tahunan akan pentingnya tujuan ini.

hari kanker sedunia, latar belakang hari kanker sedunia
Peringatan hari kanker sedunia dimulai di tahun 2000 pada KTT Dunia Melawan Kanker pertama kalinya diselenggarakan dan bertempat di Paris.

Ada sebuah organisasi internasional yang didedikasikan untuk meningkatkan kesadaran kanker global, yaitu The International Union Against Cancer (UICC) yang bertugas untuk meningkatkan kesadaran kanker secara global dan mendukung WHO serta organisasi internasional lainnya. 

Hari Kanker Sedunia berfungsi sebagai titik peluncuran resmi untuk deklarasi tema baru dan peluncuran publikasi untuk kampanye yang terkait Kanker Dunia UICC. 

Hal ini berfungsi sepanjang tahun dan berupaya untuk meningkatkan kesadaran kanker dengan membentuk kemitraan dengan lembaga kesehatan dan kanker dan dengan mengusulkan kegiatan pendidikan dan membuat pengumuman layanan masyarakat. Untuk memperingati hari kanker sedunia, banyak institusi kesehatan dan pusat kanker menyediakan berbagai publikasi pendidikan dan materi tentang kanker dan pencegahan kanker di situs Web mereka.

Editorial Pick :

Makanan yang Berfungsi untuk Mencegah Kanker

Daftar Makanan Untuk Penderita Kanker Paru

Tips Makan Sehat bagi Penderita Darah Tinggi
Daftar Makanan Sehat untuk Menguatkan Jantung

Hari Kanker Sedunia 2021

Di tahun 2021, tema yang dipilih slogan yang digalakkan adalah “Together, all our actions matter” yang merupakan pengingat akan kekuatan kerja sama dan aksi kolektif yang abadi. Ketika kita memilih untuk bersatu, kita dapat mencapai apa yang kita semua inginkan yaitu dunia yang lebih sehat, lebih cerah tanpa kanker. Bersama-sama, semua tindakan kita akan memberi perubahan baik. 

Pemilihan tema ini adalah bentuk keseriusan yang lebih lagi dalam pencegahan kanker dan pengembangan dari tema sebelumnya di tahun 2020 yaitu “ I am and I will”. Tema ini  memiliki makna setiap tindakan yang dilakukan oleh seseorang dapat memberi dampak bagi orang sekitar, lingkungan, komunitas, dan kota tempat tinggal. Setiap orang dapat berkontribusi dan menjadi bagian dalam mencegah kanker dan mengurangi dampak yang terjadi akibat kanker. 

Kondisi pandemi Covid-19 yang dihadapi dunia saat ini, menjadikan Hari Kanker Sedunia 2021 didedikasikan untuk keberanian dan pencapaian orang yang hidup dengan kanker dan keluarganya, serta para perawat, dokter, peneliti, relawan, advokat, dan pihak lain yang terlibat pada perawatan para pasien. UICC dan anggotanya akan menyoroti kisah mereka, perjuangan mereka dan keberhasilan mereka, dan menunjukkan tanggapan inovatif dari organisasi kanker di seluruh dunia terhadap pandemi sambil terus berupaya mempertahankan kemajuan dalam perawatan kanker. 

Pandemi telah menunjukkan bagaimana individu, organisasi, dan pemerintah bersatu dalam tujuan bersama untuk menghasilkan efek yang besar. Hari Kanker sedunia ini juga akan melibatkan orang-orang dari negara-negara di seluruh dunia dalam upaya kolektif untuk memastikan bahwa suara kanker didengar dengan keras dan jelas dan untuk menunjukkan bahwa bersama-sama tindakan kita penting.

Dengan lebih waspada dan mengenali perubahan pada tubuh, kita lebih bisa melakukan pencegahan terjadinya kanker. Perhatikan gaya hidup dan asupan makanan Anda agar selalu sehat. Pastikan Anda mendapatkan informasi dan tips kesehatan dari sumber yang terpercaya. 

Temukan informasi kesehatan terpercaya lainnya hanya di Jovee. Download aplikasinya juga untuk mendapatkan suplemen dan vitamin personal dalam kemasan praktis. Kamu juga bisa mengetahui vitamin terbaik lewat konsultasi gratis dengan nutrisionis Jovee. 

Penulis: Filza Intan

References : 

World Cancer Day

UICC. World Cancer Day 2021

Britannica. World Cancer Day

Wells JM. Cancer burden, finance and, health‐care systems. Lancet Oncol. 2021; 22(1): 13‐ 14.

Bourque J‐M, Tittenbrun Z, Hohman K, et al. Why cancer control is fundamental during a pandemic. Int J Cancer. 2021