9 Penyakit yang Banyak Diderita Kaum Ibu
Dr. Fala Adinda

Menjaga kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh semua orang. Baik pria maupun wanita, harus waspada terhadap beberapa penyakit yang dapat mengintai kapan saja jika sistem imun Anda menurun. Khususnya bagi wanita sendiri, ada 10 penyakit yang banyak diderita kaum ibu pada umumnya dan patut untuk diwaspadai.

Walaupun dalam sebuah studi Jurnal Kesehatan Amerika menyebut bahwa wanita memiliki sistem imun yang lebih baik dibanding pria, tapi tetap saja jika kesehatan tidak dijaga Anda pun dapat jatuh sakit. Apalagi, penyakit-penyakit yang mengintai para ibu pun juga siap menyerang Anda jika hal ini terjadi dan tentu akan membuat Anda kesusahan saat beraktivitas.

Penyakit Yang Sering Dialami Wanita dan Kaum Ibu

Seperti yang sudah disinggung, terdapat 10 penyakit yang banyak diderita kaum ibu. Penyakit ini pun tidak bisa dianggap sepele karena bisa memicu bahaya terutama bagi kesehatan tubuh Anda. Maka dari itu, Anda pun wajib tahu seputar penyakit apa saja yang dapat menyerang Anda sebagai kaum ibu agar dapat menghindarinya.

1. Lupus

Penyakit pertama yang harus kaum ibu waspadai adalah Lupus. Bagi Anda yang belum tahu, lupus merupakan jenis penyakit autoimun yang bisa menyerang siapa saja tanpa kenal usia dan gender. Jurnal Women’s Health melaporkan bahwa ternyata penderita dari penyakit ini adalah wanita dan persentase jumlah penderita jika dibanding pria bisa mencapai 90% banyaknya.

Gejala dari penyakit lupus biasanya bervariasi dan cukup sulit untuk dideteksi. Maka dari itu, sebaiknya Anda para ibu untuk bisa melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter, apabila mengalami nyeri otot, sakit di bagian sendi, muncul ruam pada wajah, mudah lelah, hingga nyeri dada yang berlangsung cukup lama. Bisa jadi gejala tersebut adalah gejala dari lupus ini.

2. Osteoarthritis

Penyakit kedua yang perlu Anda tahu adalah Osteoarthritis atau radang sendi. Melihat dari data Jurnal Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat, menyebut bahwa wanita yang berusia di atas 50 tahun lebih berisiko untuk mengalami osteoarthritis atau radang sendi ini. Namun, ibu yang berusia dibawah itu pun juga bisa mengalami radang sendi.

3. Depresi

Berikutnya yang masuk ke dalam daftar 10 penyakit yang banyak diderita kaum ibu adalah depresi. Seperti yang Anda ketahui, wanita khususnya ibu rumah tangga sendiri rentan mengalami yang namanya stres. Jika stres ini terjadi secara berlebihan, maka bisa memicu terjadinya depresi pada ibu dan cukup mengganggu aktivitas harian.

4. Stroke 

Tak hanya itu, stroke pun juga bisa mengincar Anda kaum ibu. Dari data American Heart Association (AHA) serta American Stroke Association (ASA), tercatat bahwa jumlah wanita yang terserang penyakit stroke justru jauh lebih banyak daripada pria, yakni sebesar 55.000 kasus dan rata-rata yang mengalami store adalah ibu yang berusia diatas 30 tahun.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Tips Menjadi Ibu Sehat
Cara Menghitung Usia Kehamilan
8 Fakta dan Mitos Tentang Ibu Hamil

5. Penyakit Saluran Kemih 

Kelima adalah penyakit saluran kemih. Wanita memiliki risiko terkena penyakit saluran kemih yang jauh lebih tinggi daripada pria. Selain itu, penyakit berikutnya yang juga dapat mengintai adalah penyakit pada bagian alat vital wanita yang sensitif apalagi terhadap bakteri dan juga virus yang berbahaya.

6. Tiroid

Tiroid masuk ke dalam jajaran 10 penyakit yang banyak menyerang ibu apalagi saat berada di usia 30 tahun ke atas. Bahkan, wanita memiliki risiko yang jauh lebih besar untuk mengalami masalah tiroid ini. Salah satu jenis penyakit tiroid yang paling umum adalah hipotiroid, yang merupakan ketidakmampuan tiroid menghasilkan hormon untuk mengatur metabolisme tubuh.

7. Tulang Punggung

Penyakit selanjutnya yang patut diwaspadai adalah masalah pada tulang punggung dan tulang belakang. Bukan tanpa alasan, wanita khususnya ibu rentan terkena penyakit radang sendi atau tulang apalagi di bagian punggung. Jika hal ini terjadi, dapat memicu terjadinya penyakit saraf punggung ganda seperti lumpuh hingga kebutaan.

8. Kanker Payudara

Penyakit terakhir adalah kanker payudara yang sering menyerang wanita. Kanker payudara ini biasanya ditandai dengan munculnya benjolan pada bagian payudara.

9. Multiple sclerosis

Penyakit ini menyerang bagian sistem saraf pusat,, khususnya pada saraf tulang belakang, otak, dan saraf mata. Gejalanya penderita sering mengalami gangguan keseimbangan tubuh, maupun gangguan penglihatan.

“Sebagai seorang Ibu memang dituntut untuk selalu sehat demi keluarga yang sehat pula. Tapi ada beberapa penyakit yang memiliki kecenderungan dialami oleh para Ibu. Penting untuk mengetahui jenis penyakit, cara pencegahan juga penanganannya. Para Ibu pada khususnya diwajibkan untuk selalu aware dengan tubuhnya sendiri, dan juga selalu menjaga kesehatannya. Karena kesehatan Ibu, adalah kunci dari rumah yang juga sehat.”

dr. Fala Adinda, tim dokter Jovee.

Tentu Anda pun tak ingin penyakit ini terjadi, maka dari itu Anda bisa mengonsumsi suplemen setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Jovee dapat memberikan produk suplemen rekomendasi terbaik untuk Anda. Pasalnya, Jovee ini adalah suplemen yang terbuat dari bahan alami dan cocok dikonsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh Anda terutama para ibu.

Anda bisa mendapatkan suplemen terbaik dari Jovee ini dengan mendownload aplikasi Jovee pada HP Anda. Nantinya, Jovee akan membantu mendapatkan suplemen yang Anda butuhkan sesuai dengan kondisi fisik Anda. Harga yang ditawarkan pun murah untuk satu paket suplemennya. Segera dapatkan suplemen Jovee untuk investasi kesehatan Anda.

Untuk informasi kesehatan lainnya, simak selengkapnya hanya di Ngovee.

Diedit oleh: Aileen Velishya