Apa Saja Penyebab Sakit Ulu Hati?

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Apakah kalian pernah merasakan sakit di bagian tengah atas perut? Bisa jadi kalian itu mengalami sakit ulu hati loh. Penyebab sakit ulu hati ini sebenarnya bisa bermacam-macam sekali, ada beberapa penyebab dari munculnya sakit tersebut.

Kita perlu mengenali beberapa penyebab dari sakit ini agar supaya kita bisa mengatasinya dengan baik tentunya. Karena itulah pada kesempatan kali ini kami akan mencoba memberikan informasi soal beberapa penyebab yang mungkin memicu sakit pada ulu hati.

Penyebab Ulu Hati Sakit

Masalah sakit di ulu hati ini memang sebenarnya tidak bisa disepelekan ya, karena bisa jadi penyebabnya itu adalah penyakit berbahaya. Jadi kalian harus perhatikan dengan baik beberapa gejalanya yang mungkin akan menunjukkan penyebab dari ulu hati Anda yang sakit.

Dan kalau sudah diketahui apa yang menjadi penyebabnya, maka kita akan bisa mengobatinya dengan lebih cepat dan hasilnya lebih efektif. Berikut ini beberapa penyebab dari sakitnya ulu hati yang mungkin kalian alami.

1. Tukak Lambung

Salah satu penyebab dari ulu hati Anda yang sakit itu adalah karena tukak lambung yang terjadi pada tubuh kalian. Tukak lambung itu adalah luka yang terbuka pada bagian dinding lambung, ini biasanya terjadi akibat zat asam dalam lambung. Ini bisa terjadi akibat dari infeksi bakteri dan atau juga akibat dari penggunaan beberapa obat-obatan yang tidak tepat.

2. Pankreatitis

Pankreatitis ini terjadi ketika terjadi peradangan pada organ pankreas yang mana itu sebenarnya sangatlah berbahaya. Karena pankreas sendiri merupakan organ yang menghasilkan hormon yang bisa mencerna makanan dan juga memproses gula.

Biasanya bila terjadi peradangan pada pankreas ini memang akan memunculkan adanya ulu hati yang sangat sakit. Sakitnya bisa menyebar ke beberapa daerah juga seperti perut terutama setelah selesai makan.

3. Penyakit Kantong Empedu

Salah satu penyebab sakit ulu hati itu adalah karena penyakit pada kantong empedu, dimana ini adalah organ yang mencerna lemak. Kantong empedu inilah yang menyimpan cairan yang dipakai untuk memproses ataupun mencerna lemak dalam tubuh.

Pada saat kantong empedu bermasalah maka akan muncul rasa sakit yang teramat sangat pada daerah perut. Dan mungkin akan muncul sakit yang sangat juga pada area ulu hati, dan penyakit ini menjadi salah satu penyebabnya.

Gejala

Untuk gejala pada sakit ulu hati sendiri memang berbeda-beda tergantung dari penyebab penyakit yang membuat ulu hati sakit. Namun kebanyakan gejala yang bisa dirasakan adalah sakit ataupun kram pada perut yang membuat kita tidak bisa berkegiatan lebih leluasa.

Selain itu ada penurunan nafsu makan juga dan diiringi dengan penurunan berat badan yang sangatlah signifikan. Memang jarang terjadi akan tetapi ada kemungkinan akan terjadi muntah darah ataupun tinja berdarah.

Cara Mengatasi

Ada beberapa cara mengatasi beberapa penyebab dari sakitnya ulu hati ini, salah satunya adalah mengonsumsi antasida. Dengan antasida, maka bisa menurunkan asam lambung dan bisa sedikit meredakan rasa sakitnya.

Selain itu atur pola makan, karena dengan begitu maka beberapa penyebab tersebut bisa sedikit teratasi. Hindari mengonsumsi obat seperti aspirin dan sejenisnya yang mungkin menjadi penyebab sakit ulu hati yang kalian derita itu.

“Bila rasa sakit tidak mereda bisa konsultasi ke dokter untuk dicari tahu penyebabnya dan diterapi sesuai penyebabnya” kata dr. Irma, tim dokter Jovee dan Lifepack.

Penjelasan mengenai berbagai macam penyakit itu memang diperlukan, supaya kita bisa menangani penyakit tersebut sedini mungkin. Info kesehatan seperti itu bisa kalian dapatkan pada situs Ngovee, jadi kalian bisa mengunjungi situs itu. Untuk konsultasi dokter, tebus obat online, kunjungi Lifepack.