Beberapa Penyebab Tumit Sakit

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Salah satu penyakit yang sering dialami oleh orang namun tidak terlalu dihiraukan adalah nyeri pada tumit atau sakit pada tumit. Padahal penyebab tumit sakit itu sendiri sangatlah beragam, bisa saja satu masalah yang sederhana atau bisa juga karena penyakit berbahaya.

Perlu diingat kalau itu adalah penyakit yang berbahaya, maka kalian itu harus mengetahuinya sedini mungkin untuk bisa mengatasinya. Nah jadi sebenarnya kita perlu tahu apa saja sih penyebabnya.

Penyebab Sakit Tumit

Sebenarnya sih kebanyakan sakit pada tumit itu diakibatkan oleh pergerakan kita sehari-hari yang mungkin kurang tepat. Sebenarnya adanya jaringan yang mengalami cedera yang biasanya membuat tumit itu akan terasa nyeri ataupun juga sakit yang luar biasa. Dan memang ada beberapa kondisi cedera pada jaringan tumit yang jadi penyebab.

Nah berikut ini kami akan jelaskan beberapa kondisi yang menyebabkan tumit menjadi sakit.

1. Memar Pada Lemak Kulit

Ini menjadi salah satu kondisi cedera yang menyebabkan tumit terasa sakit, dimana ini terjadi kalau menginjak benda keras. Pada saat kita menginjak benda yang keras seperti batu, maka bantalan lemak yang ada di tumit itu akan memar. Hal tersebut tentu saja akan membuat tumit jadi terasa sangat sakit.

2. Plantar Fasciitis

Ini merupakan salah satu kondisi dimana ligamen atau penghubung antar tulang (plantas fascia) yang ada di bawah kaki mengalami peradangan. Hal ini biasanya terjadi ketika kita terlalu sering melompat ataupun terlalu sering berlari sehingga menyebabkan ligamen/jaringan penghubung /plantar fascia mengalami peradangan. Itu akan menyebabkan tumit kita akan terasa sedikit sakit.

“Selain itu faktor lain mengalami plantar fasciitis adalah:  kegemukan, usia 40-60 th, cara jalan tertentu, pekerjaan yang mengharuskan banyak berdiri/berjalan, menggunakan sepatu yang kurang mensupport/cushion” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee dan Lifepack.

Jika sakit masih terasa, Anda bisa mengunjungi website Lifepack. Di Lifepack, Anda bisa konsultasi dokter gratis, beli obat bebas hingga tebus obat resep.

3. Bursitis

Bursitis itu adalah salah satu kondisi dimana kantong sendi yang ada di sekitar tumit itu mengalami peradangan yang hebat. Biasanya kondisi ini akan menjadi penyebab tumit sakit yang kebanyakan orang alami.

4. Pengapuran Tumit

Kondisi berikutnya yang memang bisa menyebabkan tumit itu merasa sakit adalah pengapuran yang terjadi pada tumit. Sebenarnya ini terjadi karena peradangan di ligamen yang memang sering sekali terjadi dan terjadi berulang-ulang dan menyebabkan pengapuran.

5. Achilles Tendinitis

Kondisi berikutnya yang juga bisa memicu terjadinya sakit pada tumit yang sangat luar biasa adalah peradangan pada urat besar. Peradangan ini terjadi pada urat besar yang ada di belakang pergelangan kaki, itu menghubungkan otot betis dengan tulang tumit.

Gejala Sakit Tumit

Biasanya kalau tumit terasa sakit itu dominan akan berada pada telapak kaki saja, akan tetapi bisa saja menyebar ke titik yang lainnya juga. Kondisi yang cukup parah mungkin akan menyebabkan sakit pada saat berjalan, berdiri ataupun juga pada saat mengangkat kaki.

Biasanya juga akan terlihat tumit akan bengkak, dan itu biasanya memang sudah salah satu gejala penyakit yang cukup serius. Kalau sakit bertambah parah, maka disarankan untuk diperiksakan ke dokter.

Cara Mengatasi

Biasanya untuk mengatasi tumit sakit bisa dipijat secara perlahan atau mungkin bisa direndam menggunakan air panas. Ini akan memberikan efek rileks pada otot, namun tentunya cara mengatasinya harus dilihat dari penyebabnya itu apa.

Karena salah penanganan akan membuat sakit akan bertambah semakin parah, jadi harus tahu dulu penyebabnya itu apa. Dari tahu penyebab tumit sakit maka bisa dilakukan penanganan yang tepat.

Kalau kalian ingin lebih banyak mendapatkan info kesehatan seperti masalah sakit tumit ini, kalian bisa mendatangi Ngovee.