Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Untuk Mencegah Corona
Falla Adinda, dr

Hingga Maret 2020, virus corona sudah menyerang lebih dari 192 negara. Virus corona atau Covid-19 telah menyebar hingga ke Indonesia. Begitu luasnya virus corona menyebar, WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia menetapkan virus corona sebagai sebuah pandemi. Tentu hal ini membuat masyarakat Indonesia menjadi gusar dan cemas dan mencari cara untuk mencegah corona yang mematikan ini.

Menurut penelitian, virus corona menyerang sistem pernafasan dan begitu mudah menular melalui kontak secara langsung. Lebih-lebih bagi mereka yang mempunyai imunitas rendah, kemungkinan akan terinfeksi virus corona menjadi semakin tinggi. Oleh sebab itu, untuk setiap orang sudah seharusnya menjaga dan menguatkan imunitas. Berikut tim Ngovee akan memberikan tips menjaga daya tahan tubuh untuk mencegah corona.

Tips Meningkatkan Imun Tubuh Agar Dapat Mencegah Corona

Imunitas tubuh harus dikuatkan agar dapat mencegah penularan dari virus corona. Sebenarnya, tanpa kita sadari, ada begitu banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh. Berikut ini ada beberapa cara yang telah dirangkum oleh tim Ngovee dan dapat Anda lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh, antara lain:

1. Rajin untuk mencuci tangan

Sangat penting untuk menjaga kebersihan diri dengan cara mencuci tangan menggunakan sabun serta air mengalir. Pencucian tangan ini bahkan bukan hanya dilakukan sekali dua kali, namun hingga beberapa kali. Bila sedang menempuh perjalanan jauh, dan tidak banyak tempat cuci tangan, Anda dapat menyimpan hand sanitizer.

Usahakan mencuci tangan secara rutin sesudah memegang benda, ketika hendak makan, mengolah makanan serta bersentuhan dengan berbagai fasilitas umum. Bahkan, setelah memegang hewan peliharaan, Anda juga harus mencuci tangan. Bila Anda berpergian di tempat umum, seperti tempat makan, kantor dan yang lainnya, segera mandi dan mencuci baju yang digunakan untuk keluar rumah.

2. Jaga asupan makanan Anda dengan baik

Bila sebelumnya Anda sering makan sembarangan dengan porsi yang tidak pernah dihitung, lebih baik mulai dari sekarang, atur asupan makanan dengan cermat. Hal ini harus dilakukan agar gizi yang berada di dalam tubuh dapat bekerja untuk menghasilkan imun secara optimal. 

Anda dapat menghitung asupan makanan sehari-hari setiap satu piring makan. Untuk makanan pokok, Anda bisa mengkonsumsi hingga 30 persen, sedangkan untuk lauk pauk sebesar 20 persen, untuk sayuran sebesar 30 persen, sisanya sebesar 20 persen adalah buah-buahan untuk sumber vitamin.

3. Selalu makan makanan yang mengandung gizi tinggi

Mengkonsumsi makanan bergizi begitu penting untuk membentuk imunitas tubuh agar tetap kuat. Dengan mengkonsumsi gizi yang baik, sistem kekebalan tubuh menjadi kuat sehingga dapat memberi perlindungan ekstra untuk tubuh dari berbagai macam penyakit.

Ada beberapa bahan makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Untuk kandungan protein seperti susu full cream, telur bebek, kerang, udang, daging kambing. Sedangkan untuk kandungan vitamin A seperti hati sapi, minyak ikan, kuning telur, mentega, bayam serta ubi jalar. Untuk kandungan vitamin C bisa Anda peroleh dari makanan seperti brokoli, jeruk, lemon, pepaya serta strawberry.

4. Mulai menjaga jarak dengan orang lain

Social distancing atau jaga jarak dengan orang lain harus dilakukan. Cara seperti ini menjadi bagian untuk menjaga imun tubuh. Kita tak pernah mengetahui, apakah orang yang ada di sekitar kita sedang sehat atau sakit. Pastikan untuk menjaga jarak dari orang lain hingga 1 meter. Bila di sekitar Anda, ada orang yang flu, lebih baik segera menghindar.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Immunity Booster: Vitamin Yang Bagus Untuk Mencegah Corona
Kenali Suplemen Penambah Daya Tahan Tubuh Untuk Mencegah Corona
Empon-Empon Cegah Corona? Ramuan Tradisional Untuk Cegah Covid19

5. Makan secara teratur

Apakah Anda jarang makan dengan teratur? Bila demikian, usahakan mulai dari sekarang mengubah kebiasaan yang kurang baik tersebut. Dengan pola makan tak teratur, hal ini akan memberi kesempatan pada virus untuk hinggap, dan akhirnya berujung pada penyakit. Anda dapat menerapkan pola makan secara teratur seperti sarapan pukul 6 pagi, makan siang pukul 12 siang, dan makan malam pukul 18 malam. 

6. Jauhi makanan cepat saji

Mengkonsumsi jajanan cepat saji seperti minuman bersoda, burger, chiki dan lain-lain tentu saja sangat nikmat. Namun, hal yang harus diketahui, minuman ini akan memunculkan penyakit baru. Akan lebih baik bila mulai dari sekarang, biasakan diri mengganti jajanan atau camilan dengan buah atau menu makanan ringan yang diolah sendiri. Camilan yang diolah sendiri akan lebih higienis.

7. Lakukan olahraga dengan rutin

Mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi seimbang saja tak cukup. Agar dapat menyeimbangkan kesehatan tubuh, lebih baik Anda melakukan olahraga dengan rutin. Anda dapat melakukan olahraga di pagi hari, seminggu 3 kali. Olahraga yang dilakukan bisa dengan peregangan tubuh.

Jangan Lupa Suplemen Tambahan

Selain berbagai macam cara di atas, Anda juga dapat menyiapkan vitamin tambahan. Konsumsi suplemen tambahan bisa dilakukan untuk mencegah corona jika dalam beberapa hari Anda jarang mengkonsumsi buah dan sayur. Dengan demikian, nutrisi bagi tubuh akan terpenuhi. 

Namun, jangan sembarangan mengkonsumsi suplemen ya. Anda dapat mengkonsumsi suplemen dari Jovee. Ada berbagai macam suplemen yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda di Jovee. 

Diedit oleh: Aileen Velishya