Stres Karena Covid-19 ? Atasi Dengan Tips Ini
Dr. Fala Adinda

Adanya wabah covid 19 mengkhawatirkan seluruh dunia. Bayangkan, setiap hari jumlah korban terus bertambah. Wajar rasanya jika merasa stres karena covid-19 dan gelisah akan hal tersebut. Namun jangan khawatir, selama kita bisa menjaga daya tahan tubuh serta kebersihan, maka virus tidak akan mudah mengancam.

Penting untuk diketahui, bahwa stres justru dapat membuat virus mudah untuk menghinggapi tubuh. Dengan demikian, sebisa mungkin untuk tetap tenang ketika menghadapi wabah covid-19. Emosi yang stabil dan terkontrol dapat membuat tenang pikiran. 

Untuk itulah, pentingnya agar selalu tetap tenang. Kewaspadaan memang harus ditingkatkan, namun sebaiknya untuk tetap tenang jauh dibutuhkan. Dengan demikian, pikiran yang tenang dapat membuat daya tahan tubuh akan tetap terjaga. 

Seberapa Bahaya Covid-19 Bagi Kita? 

Covid-19 merupakan virus yang dapat menyerang saluran pernafasan, Melemahkannya dan bahkan bisa menyebabkan kematian, apabila virus sudah menyerang paru – paru. Dengan demikian, dapat menyebabkan kondisi gagal nafas. 

Penyakit ini dapat menular dengan cepat. Untuk itu, pemerintah menghimbau kepada seluruh masyarakat luas agar tetap tinggal di rumah, untuk memutuskan mata rantai penularan virus tersebut. Kondisi tersebut tentunya membuat sebagian orang merasa stres. 

Kondisi tersebut memang cukup membuat resah masyarakat. Namun jangan terlalu khawatir berlebihan, karena hal tersebut dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Rasa panik dan khawatir yang berlebihan, justru dapat membuat virus tersebut mudah masuk. 

Tips Agar Tetap Tenang Hadapi Stres Karena Covid-19 

Kondisi demikian tentunya tidak hanya meresahkan tetapi juga dapat menimbulkan stres. Padahal stres yang berlebihan itu tidak baik bagi daya tahan tubuh. Hal tersebut justru dapat membuat virus semakin berkembang dalam tubuh. Untuk itu pelajari tips berikut ini agar tetap tenang menghadapi covid-9. 

1. Berolahraga 

Berolahraga efektif untuk mengurangi stres. Disamping dapat meningkatkan daya tahan tubuh, olahraga dapat menghasilkan hormon kortisol, yang dapat mengurangi tingkat stres. Dengan demikian, berolahraga merupakan salah satu cara untuk tetap tenang menghadapi covid-19. 

2. Makan Makanan Yang Bergizi 

Memakan makanan yang bergizi sangat baik bagi tubuh, selain itu makanan yang bergizi dapat mencukupi nutrisi untuk tubuh. Dengan demikian, makanan yang bergizi dapat mengurangi tingkat stres pada tubuh. Hal tersebut dikarenakan, nutrisi otak terjaga, sehingga dapat mengurangi tingkat stres. 

3. Mendengarkan Musik 

Mendengarkan musik dapat membuat pikiran menjadi tenang. Oleh sebab itu, pilihlah beberapa musik favorit pada podcast atau smartphon. Dengan demikian, kita bisa mengurangi tingkat stres terhadap wabah yang terjadi. 

4. Melakukan Kegiatan Favorit 

Jika seorang yang menyukai hobi menggambar, membaca, maupun menulis maka saat ini adalah saat yang tepat untuk menyalurkan hobi tersebut. Melakukan kegiatan yang menyenangkan dapat meningkatkan hormon endorpin, yang dapat membuat lebih bahagia,dan mengurangi stres. 

5. Tidak Merokok 

Merokok memang dapat menenangkan pikiran, namun hanya sesaat. Tingkat stres yang dihasilkan setelah tidak merokok akan meningkat dua kali lipat. Dengan demikian, saat situasi seperti ini sebaiknya untuk tidak merokok agar tingkat stres tidak lebih tinggi. 

6. Mendekatkan Diri Kepada Agama

Agama merupakan jalan terbaik untuk mengurangi tingkat stres. Untuk itu, lebih mendekatkan diri kepada agama saat situasi seperti saat ini merupakan langkah yang tepat. Peran agama dan perintah pada kitabnya dapat membuat hati lebih tenang. Dengan demikian, saat ini merupakan saat yang tepat untuk lebih mendekatkan diri kepada agama. 

7. Saling Memberi Dukungan 

Setiap orang tentunya akan panik ketika wabah tersebut menyerang. Oleh sebab itu, ajaklah seluruh anggota keluarga agar dapat saling memberikan dukungan. Dengan demikian,dapat menciptakan perasaan merasa dilindungi, yang akan membuat kita merasa nyaman. 

8.Tidur Yang Cukup 

Kurang tidur dapat membuat tubuh lebih lelah. Dengan demikian, kita akan mudah untuk terkena stres. Oleh sebab itu, usahakan untuk tidur yang cukup agar ketika wabah terjadi di sekitar, bisa tetap tenang. Emosi lebih terkontrol dan stabil. 

9. Hindari Berita Hoax 

Banyaknya pemberitaan tentang covid 19, justru dapat meresahkan bahkan bisa menambah stres. Padahal berita tersebut belum tentu kebenarannya. Oleh sebab itu, sebisa mungkin untuk menghindari berita hoax tersebut, yang justru dapat membuat kepanikan. Pastikan kebenarannya, jangan biarkan diri merasa stres berlebihan. 

10. Melakukan Kegiatan Secara Online Dan Virtual

Pandemi covid-19 mengharuskan setiap warga negara nya untuk tetap tinggal di rumah. Hal tersebut tentu saja dapat menambah tingkat stres semakin meningkat. Untungnya, kita hidup di zaman teknologi yang serba canggih. Berusahalah untuk mengalihkan kegiatan secara online. 

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Tanya Jawab Tentang Virus Corona
Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh Untuk Mencegah Corona
Kenali Suplemen Penambah Daya Tahan Tubuh Untuk Mencegah Corona
Empon-Empon Cegah Corona? Ramuan Tradisional Untuk Cegah Covid19
Coronavirus: 7 Fakta dan Mitos Mengenai Covid19
Seberapa Pentingnya Social Distancing Dalam Melawan Coronavirus

Itulah beberapa tips untuk mengatasi stres karena covid-19. Semoga bisa bermanfaat supaya kita tetap tenang saat menghadapi pandemi ini. Tetap tenang dibutuhkan pada kondisi saat ini untuk menjaga kondisi psikologi dan tingkat stres tetap stabil. Sehingga emosi dan tingkat stres tetap terjaga, yang dapat membuat daya tahan tubuh tetap terjaga.

Ingin mengetahui info kesehatan terpercaya? Daftarkan email anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat anda, unduh aplikasi Jovee. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store