Buah Apa yang Sebaiknya Dihindari Pasien Diabetes?

Ditinjau oleh: Kelvin Halim, S. Gz.

Diabetes adalah penyakit dimana seseorang memiliki kadar gula darah yang tinggi. Akibatnya, penderita diabetes pun tidak bisa mengonsumsi makanan manis atau yang mengandung gula berlebih. Apabila mengonsumsi makanan ini, tentu akan menaikan kadar gula darah sehingga diabetes pun kambuh dan jika semakin parah akan memicu komplikasi terhadap penyakit lain.

Bahkan, penderita diabetes pun juga tidak bisa mengonsumsi semua buah. Pasalnya, ada beberapa buah yang dihindari penderita diabetes karena buah itu mengandung gula yang tinggi. Maka dari itu, bagi Anda yang punya diabetes pun harus sangat selektif ketika hendak mengonsumsi buah. Tak hanya itu, berbagai makanan lain pun juga harus Anda perhatikan.

Memang buah mengandung banyak vitamin dan manfaat. Tapi, buah juga memiliki gula yang tinggi. Bahkan, buah yang dihindari penderita diabetes ini juga kebanyakan merupakan buah yang cukup umum dikonsumsi dan dijumpai. Buah dengan rasa manis tersebut perlu Anda batasi tingkat konsumsinya agar tidak menimbulkan akibat yang merugikan untuk tubuh Anda.

Buah yang bisa dihindari bagi penderita diabetes ialah buah dengan indeks glikemik tinggi. Indeks glikemik merupakan kemampuan dan kecepatan suatu makanan dapat meningkatkan gula darah sesaat setelah dimakan. Indeks glikemik yang rendah dan baik untuk diabetisi ialah 0-55, sedangkan indeks di atas 55 sudah masuk kategori sedang atau tinggi.

Buah Yang Harus Dihindari Penderita Diabetes

Di bawah ini daftar beberapa buah-buahan yang sebaiknya tidak dikonsumsi pasien diabetes.

1. Anggur

Buah pertama yang wajib Anda batasi tingkat konsumsi yang pertama bagi penderita diabetes adalah anggur. Secara umum, anggur memang kaya akan kandungan serat, vitamin dan beragam nutrisi lain yang penting untuk tubuh. Namun perlu Anda ketahui, anggur juga mengandung kadar gula yang sangat tinggi terlebih anggur ungu yang biasa dikonsumsi oleh banyak orang.

Dengan demikian, anggur menjadi salah satu buah yang dihindari penderita diabetes saat ini. Apalagi, jika ditakar tiga ons anggur saja bisa mengandung sebanyak 15 gram karbohidrat dan bisa meningkatkan kadar gula di dalam darah sehingga akan memicu naiknya kadar gula darah jika Anda mengonsumsi anggur ini apalagi dalam jumlah yang berlebihan.

2. Mangga

Berikutnya ada mangga yang wajib untuk dihindari para penderita diabetes. Pasalnya, dalam satu buah mangga utuh saja dapat memiliki kandungan sebanyak 30 gram karbohidrat dan 26 gram gula dimana kandungan ini tergolong dapat meningkatkan gula darah Anda. Terlebih mangga juga memiliki rasa sangat manis sehingga akan membuat siapapun tergoda untuk memakannya.

Lalu, bila mangga sudah memiliki tekstur yang lunak, maka indeks glikemik pun akan semakin tinggi. Otomatis, hal ini pun akan meningkatkan laju gula darah di dalam tubuh Anda. Dengan mengonsumsi banyak buah mangga ini, akan menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Maka tak heran, mangga masuk ke dalam daftar buah yang harus dihindari penderita diabetes.

3. Pisang

Siapa yang kenal dengan pisang? Semua orang pasti sudah mengenal pisang. Bahkan, pisang adalah salah satu buah yang mudah untuk dijumpai dan harganya pun juga murah sehingga banyak orang yang mengonsumsi pisang setiap hari. Namun, sayangnya pisang ini tak baik untuk dikonsumsi bagi Anda penderita diabetes dan harus dibatasi tingkat konsumsinya.

Hal ini karena pada setengah cangkir pisang saja sudah memiliki kandungan 15 gram karbohidrat dimana kandungan ini dapat meningkatkan naiknya kadar gula darah. Belum lagi, tingkat nilai indeks glikemik pada pisang pun juga cukup tinggi, yaitu antara 46 – 70. Maka dari itu, Anda para penderita diabetes pun harus menghindari pisang apalagi pisang yang sudah sangat matang.

4. Semangka

Buah yang dihindari penderita diabetes yang selanjutnya ada semangka. Bagi Anda yang belum tahu, semangka sendiri memang mengandung banyak air yang mencapai 95% dan memiliki serat yang cenderung sedikit serta rendah kalori. Terlebih, semangka juga kaya akan berbagai kandungan vitamin yang sangat baik untuk tubuh.

Meski demikian, semangka merupakan salah satu buah yang wajib untuk dihindari oleh para penderita diabetes. Pasalnya, semangka ini memiliki nilai indeks glikemik yang tinggi bahkan melebihi pisang, yaitu mencapai angka 72. Pada setengah takaran saji semangka ini saja, sudah bisa mengandung lima gram karbohidrat yang berpotensi memicu naiknya gula darah.

5. Nanas

Nanas juga masuk ke dalam jajaran buah yang dihindari penderita diabetes. Walau nanas sangat cocok untuk menu diet menurunkan berat badan, tapi nanas memiliki nilai indeks glikemik yang tergolong cukup tinggi. Dalam semangkuk kecil nanas, bisa memiliki kandungan hingga lebih dari 20 gram karbohidrat. Jadi, bagi penderita diabetes ada baiknya untuk menghindari nanas.

Kemudian, bila makin tebal dan lebar ukuran dari buah nanas tersebut, maka semakin banyak pula karbohidrat yang terkandung di dalam nanas. Namun, apabila Anda memang menyukai nanas, maka bisa untuk mencoba mengiris nanas ini kecil-kecil lalu dipadukan dengan makanan lain yang kaya akan kandungan protein agar gula darah Anda tidak naik.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Yuk Mengenal Sayur Pengendali Gula Darah Paling Ampuh
7 Cara Tetap Hidup Sehat Meski Di Rumah Aja
Efek Bahaya Alkohol Pada Imunitas Tubuh Dan Cara Mengatasinya
Kandungan Minyak Kutus Kutus Bermanfaat untuk Kesehatan
Jenis Makanan Pemicu Alzheimer Yang Perlu Kamu Ketahui
Tips Agar Tangan Tidak Sering Menyentuh Wajah
Kacamata Anti Radiasi: Penggunaan, Keunggulan, dan Kelemahan

Dengan Anda memperhatikan berbagai buah yang dihindari penderita diabetes ini, maka gula darah di tubuh Anda pun dijamin tidak akan mudah naik. Namun tetap atur pola makan Anda dan perbanyak olahraga agar gula darah tetap stabil.

Ingin berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai kesehatan? Unduh aplikasi Lifepack. Tebus resep obat, bebas antri. Tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.Anda juga bisa mengetahui info kesehatan terpercaya dengan mendaftarkan email anda di Ngovee.