Mempelajari Hiperglikemia Adalah Apa?

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia 

Sudahkah kamu tahu apa itu hiperglikemia? Jadi, hiperglikemia adalah salah satu kondisi di mana kadar gula di dalam tubuh kita itu meningkat dengan sangat tinggi. Kondisi ini juga dapat memicu berbagai kondisi kesehatan lainnya. Oleh karena itu mari kita pelajari mengenai penyakit hiperglikemia itu apa untuk bisa dikenali penyakitnya.

Penyebab Penyakit Hiperglikemia

Hal pertama yang harus kamu ketahui dengan baik adalah terkait apa saja penyebab dari penyakit ini. Apabila sudah tahu penyebabnya, maka kamu mungkin akan bisa mencegah terkena penyakit ini.

Mengetahui penyebab hiperglikemia adalah hal yang sangat penting agar dapat dilakukan pencegahan dengan baik. Ada banyak sekali faktor yang menjadi penyebab hiperglikemia yang cukup signifikan.

Penyebab yang paling utama adalah karena adanya gangguan kestabilan gula darah pada tubuh yakni dari proses produksi dan fungsi insulin. Nah, hal tersebut bisa terjadi karena banyak hal, pertama mungkin dari sisi genetik atau juga dari sisi gaya hidup.

Akan tetapi memang kebanyakan hal itu terjadi karena gaya hidup yang kurang baik dan juga kurang sehat. Mulai dari pola makan sampai kurangnya olahraga itu dapat menjadi salah satu penyebab orang bisa terkena penyakit hiperglikemia.

Gejala Penyakit Hiperglikemia

Setelah sudah tahu penyebabnya, kamu juga harus tahu soal gejala dari penyakit ini yang menjadi salah satu hal yang sangat penting. 

Apabila penyakit ini diketahui dengan lebih cepat, maka kamu pun akan bisa mengatasinya dengan lebih cepat dan bisa sembuh. Untuk gejalanya sendiri mungkin memang tidak terlalu terlihat cukup jelas apalagi pada penderita diabetes.

Sebenarnya ada beberapa gejala yang bisa dilihat, akan tetapi memang baru akan terlihat apabila kadar gula darah sudah cukup tinggi. Namun pada beberapa penderita diabetes, meskipun gula darah sudah cukup tinggi, gejalanya tidak akan terlalu terlihat dengan jelas.

Beberapa gejala yang mungkin muncul adalah sering buang air kecil lebih dari biasanya dan rasa haus meningkat. Selain itu gejala hiperglikemia adalah muncul rasa kelelahan yang tidak wajar.

Cara Mengatasi Hiperglikemia

Ada banyak cara untuk mengatasi kondisi ini, salah satu caranya adalah dengan mengubah pola hidup untuk lebih sehat. Jadi mulai jaga makan dan jika perlu kamu dapat menghitung kalori dan juga kadar gula yang akan dikonsumsi pada dalam satu hari. Selain itu, rajin ataupun rutin berolahraga juga adalah salah satu cara yang paling penting untuk menurunkan kadar gula darah dan mengatasi hiperglikemia.

Cara yang kedua adalah dengan mengonsumsi  obat. Kamu bisa menggunakan obat suntik ataupun obat tablet. Biasanya obat yang harus dikonsumsi adalah insulin yang mungkin akan bisa menurunkan kadar gula di dalam darah. Jadi cara tercepat untuk mengatasi hiperglikemia adalah  dengan mengonsumsi obat insulin.

Dokter Jovee, dr. Irma Lidia menambahkan bahwa gula darah tinggi atau hiperglikemia yang sering/berkepanjangan dapat menyebabkan kerusakan pada saraf, pembuluh darah, dan organ tubuh. Jika kamu menderita diabetes usahakanlah untuk selalu melakukan kontrol, minum obat secara teratur, dan ikuti anjuran dokter.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email Anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat Anda, unduh juga aplikasi Jovee. Tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan vitamin personal, dari A ke Z(inc), hanya di Jovee.