Eczema – Penyebab, Gejala Dan Cara Mengatasi

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Penyakit kulit merupakan salah satu permasalahan yang sering kali dijumpai pada balita. Hal ini dikarenakan aktivitas si kecil yang sangat aktif bermain, baik itu di dalam maupun di luar ruangan. Tak heran, risiko terkena penyakit kulit menjadi lebih besar, salah satunya eczema.

Eczema adalah salah satu gangguan kulit yang menyebabkan kulit menjadi berwarna kemerahan dan disertai rasa gatal sehingga tidak jarang menimbulkan iritasi pada saat digaruk terlalu berlebihan. Eczema ini juga sering disebut dengan eksim atau juga dermatitis. Penyakit ini tidak termasuk kategori penyakit kulit yang berat.

Guna mengetahui informasi lebih lanjut seputar penyakit eczema ini, berikut akan dijelaskan penyebab, gejala serta cara mengatasinya dengan mudah. Langsung saja ikuti penjelasannya di bawah ini.

Penyebab Eczema

Seperti yang diketahui, bahwa eczema adalah penyakit yang menyerang bagian kulit manusia, sehingga penyebab yang menimbulkan tidak jauh dari kontak dengan kulit. Beberapa ahli menyebutkan bahwa penyakit kulit eczema ini bisa terjadi karena adanya riwayat penderita alergi kulit pada lingkup keluarganya.

Selain itu, eczema juga dapat disebabkan oleh beberapa hal lain seperti cuaca yang tidak menentu yang mana memiliki pengaruh pada kulit. Selain itu, makanan juga dapat berpengaruh pada eczema yang terjadi pada kulit. Tak jarang, bahan pakaian yang dikenakan bila tidak cocok dikenakan dengan kulit dapat menyebabkan timbulnya eczema.

Gejala Penyakit Eczema

Meskipun setiap penderita merasakan gejala yang berbeda, namun bagi sebagian penderita penyakit kulit eczema ini, umumnya diketahui beberapa gejala yang dapat timbul seiring dengan kemunculan penyakit ini pada kulit manusia. Beberapa gejala penyakit eczema yang cukup sering dijumpai diantaranya:

  • Kulit yang cenderung kering dan juga bersisik, biasanya hal tersebut dijumpai pada area kulit kepala, pelipis, tangan maupun kaki
  • Kemunculan ruam yang menonjol dan terkadang mengeluarkan cairan. Hal tersebut cukup banyak dijumpai di area belakang leher, lutut hingga ke bagian tangan seperti siku
  • Kulit yang pecah dan terkelupas, tak jarang dapat mengeluarkan darah

Gejala pada balita dan dewasa mengalami perbedaan, dimana pada balita cukup banyak dijumpai di area pelipis maupun bagian tangan kaki. Sedangkan bagi orang dewasa banyak dijumpai daerah leher hingga ke tangan.

Cara Mengatasi Penyakit Eczema

Setelah mengetahui penyebab dan gejala dari penyakit eczema, maka alangkah baiknya untuk mencegah sebelum penyakit tersebut menjangkit anggota keluarga. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah dari terpaparnya eczema pada kulit diantaranya:

· Jaga kelembapan

Kulit yang sehat ialah kulit yang kelembapannya terjaga dengan baik. Oleh karena itu, perlu menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan lotion pelembap khusus kulit supaya tidak mudah terkena penyakit eczema.

· Hindari menggaruk pakaian berbahan wol

Pada saat menggunakan pakaian yang berbahan wol, usahakan untuk tidak menggaruk karena hal tersebut dapat menyebabkan iritasi dan penyakit eczema pada kulit

· Hindari makanan penyebab alergi

Makanan juga menjadi salah satu penyebab dari eczema, untuk itu perlu memilah-milah makanan yang cocok untuk kulit dan tidak menimbulkan iritasi atau alergi pada kulit.

Itulah tadi sekilas informasi dari penyakit eczema, dimana eczema adalah penyakit kulit yang bisa menyerang siapa saja karena faktor kebersihan dari kulit. Selalu jaga kesehatan kulit dengan baik.

“Tidak ada obat yang dapat menyembuhkan eksim/eczema dan ruam tidak akan hilang begitu saja jika tidak ditangani. Bagi kebanyakan orang, eksim merupakan kondisi kronis yang membutuhkan penghindaran pemicu untuk membantu mencegah kambuh.” kata dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee.

Kini telah tersedia aplikasi Ngovee yang dapat diunduh Google Play Store maupun App Store untuk memenuhi kebutuhan suplemen harian Anda. Pastikan info kesehatan hanya di Ngovee.