Hari Kanker Sedunia: Radikal Bebas, Penyebab Kanker?

Hari kanker sedunia diperingati pada hari ini, tanggal 4 Februari. Momen ini dapat kita gunakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit kanker. Tahukah kamu di tahun 2018, 10 juta orang meninggal karena kanker? Tak heran jika kanker menjadi salah satu penyebab kematian tertinggi di dunia.

Di Indonesia sendiri angka prevalensi kanker masih terbilang cukup tinggi. Data dari Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2018 mencatat terjadi peningkatan dari tahun 2013 sampai tahun 2018. Dari 1,4 persen per 1.000 penduduk sampai ke 1,8 persen per 1.000 penduduk.

Untuk hari kanker sedunia tahun ini, tema yang diangkat adalah “I Am dan I Will”. Artinya setiap orang didukung untuk punya kapasitas dan berperan dalam mencegah kanker. Entah siapapun kamu, apa pekerjaan yang kamu lakukan, kamu bisa melawan kanker dengan cara bergabung pada organisasi tertentu, mempelajari kanker, menyumbang, mengadakan kegiatan, mendukung para penderita kanker, dan menyebarkan kesadaran penting tentang kanker.

Pada artikel ini, tim redaksi Ngovee akan membahas beberapa hal yang kamu ketahui mengenai kanker dan radikal bebas.

Mengenal Kanker

Kanker adalah kondisi yang menyebabkan adanya pertumbuhan sel yang tidak normal dan tidak terkendali. Kanker bisa berawal dari tumor. Tumor yang tumbuh dengan ganas dapat menyebar ke jaringan di sekitarnya hingga memperparah kondisi dan berubah menjadi kanker.

Penyebab Kanker

Terdapat beberapa faktor risiko penyebab kanker, salah satunya adalah genetik atau  keturunan. Penyebab lain kanker adalah zat karsinogenik. Senyawa ini adalah senyawa yang menyebabkan kanker, dan bisa muncul dalam bentuk zat kimia, virus, obat-obatan hingga radiasi. Pada umumnya kanker disebabkan oleh karsinogen. Beberapa zat karsinogen adalah aflatoksin, arsenik, benzol, benzidine, ethanol, hingga virus-virus seperti virus HIV, HPV, Hep-B dan Hep-C. Campuran karsinogen dari minuman alkohol, atau produk tembakau juga menjadi penyebab kanker.

Terdapat beberapa faktor eksternal yang dapat menyebabkan seseorang menderita kanker, salah satunya adalah faktor lingkungan dan gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup tidak sehat seperti merokok, kurang tidur, kurang olahraga, dan makan tidak sehat dapat membuat kualitas kesehatan menurun dan menyebabkan kanker.

Radikal bebas yang didapat dari merokok, polusi udara dan pola makan tidak sehat juga berperan penting. Sedangkan paparan lingkungan yang merupakan kombinasi dari zat karsinogen seperti paparan asam sulfat, karet, besi dan baja di lingkungan kerja dapat menyebabkan kanker.  Ketika tubuh terpapar zat karsinogen dan radikal bebas secara terus menerus, sel kanker dapat menjadi aktif.


Di Indonesia sendiri terdapat beberapa kanker dengan penderita terbanyak, yaitu kanker payudara, kanker serviks, kanker paru-paru, kanker usus besar dan kanker hati. Kanker payudara memiliki lebih dari 58 ribu kasus, dan kanker serviks memiliki lebih dari 32 ribu kasus. Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, angka kematiannya mencapai 17 orang per 100 ribu penduduk.

Mengenal Radikal Bebas

Radikal bebas adalah atom yang tidak stabil yang dapat merusak sel pada tubuh manusia. Hal ini terjadi karena radikal bebas mencari atom lain atau molekul lain untuk bergabung, sehingga menyebabkan stres oksidatif. Stres oksidatif dapat merusak sel tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit termasuk kanker.

Penyebab Radikal Bebas

Walaupun radikal bebas diproduksi secara alami di tubuh, pola hidup yang tidak sehat dapat menyebabkan jumlah radikal bebas yang ada meningkat, salah satunya adalah:

  • Terpapar zat beracun seperti pestisida dan polusi udara
  • Merokok
  • Alkohol
  • Makanan yang digoreng

Semakin tua seseorang, semakin menurun pulalah kemampuan tubuhnya dalam melawan radikal bebas. Hasilnya adalah bertambahnya jumlah radikal bebas yang menyebabkan stres oksidatif. Sehingga semakin rusaklah sel dalam tubuh, yang mulai meningkatkan resiko munculnya berbagai penyakit.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Mengenal Bahaya Coronavirus, Gejala dan Pencegahannya
8 Fakta Tentang Pneumonia Yang Harus Kamu Tahu
Bahaya Tuberculosis (TBC) Bagi Kesehatan

Penyakit Yang Disebabkan Radikal Bebas

Studi menunjukkan tingginya radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit:

  • kanker
  • artherosklerosis
  • alzheimer
  • parkinson
  • demensia
  • penyakit jantung
  • arthritis
  • autoimun
  • katarak
  • penurunan elastisitas kulit
  • rambut rontok
  • diabetes

Cara Mencegah Kanker

Terdapat beberapa cara untuk mencegah kanker, salah satunya adalah dengan mengubah gaya hidup. Pengubahan gaya hidup ini untuk melawan radikal bebas yang ada:

  • Jangan merokok. Merokok dapat menyebabkan berbagai macam kanker seperti kanker paru, kanker mulut, kanker tenggorokan, pankreas, hingga ginjal. Menghindari rokok ataupun menghentikan penggunaannya dapat menjadi cara kamu mencegah kanker
  • Mengikuti pola makan sehat. Pola makan sehat dapat menurunkan resiko kamu terkena kanker. Caranya adalah konsumsi lebih banyak buah dan sayur, menjaga berat badan supaya tidak berlebihan, mengurangi konsumsi alkohol dan makanan yang diproses secara instan.
  • Aktif berolahraga. Cara menjaga berat badan supaya tetap ideal adalah dengan berolahraga secara aktif. Dengan begitu kamu bisa menurunkan resiko kanker payudara dan kanker usus. Usahakan berolahraga 30 menit per hari atau 150 menit per minggu.
  • Hindari terpapar sinar matahari secara berlebihan. Kanker kulit adalah salah satu kanker yang banyak menyerang orang yang tinggal di negara dengan banyak sinar matahari. 

Cara Melawan Radikal Bebas

Salah satu cara melawan radikal bebas adalah dengan antioksidan. Antioksidan adalah zat yang dapat memperkecil atau mencegah efek dari radikal bebas. Makanan yang mengandung vitamin C, vitamin E, glutation dan betakaroten dapat melawan radikal bebas.

Sumber makanan yang mengandung banyak antioksidan adalah buah-buahan beri, jeruk, wortel dan kacang-kacangan.

Konsumsi suplemen dan vitamin yang mengandung antioksidan dapat menangkal radikal bebas. Vitamin dengan kandungan antioksidan yang tinggi seperti Vitamin C, Echinacea dan Astaxanthin dapat membantu kamu untuk selalu hidup sehat

Temukan suplemen dan vitamin untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu hanya di Jovee

Download Jovee di Playstore dan Appstore sekarang.

Referensi: 

World Health Organization

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas)

Worldcancerday.org

Kementerian Kesehatan Indonesia

Ditulis oleh: Aileen Velishya