9 Langkah Mencegah Penyakit Hipertensi
Dr. Fala Adinda

Penyakit hipertensi merupakan gangguan tekanan darah yang ditkamui dengan tekanan darah melebihi ambang batas normal. Patut diketahui bahwa tekanan darah normal adalah berkisar 100-120 mmHg dan 70 sampai 90 mmHg. Namun, mereka dengan tekanan darah tinggi atau hipertensi akan memiliki tekanan darah tinggi yang lebih dari itu. 

Penyakit hipertensi merupakan kondisi yang tidak dapat diabaikan begitu saja. Pasalnya, kondisi ini sangat memungkinkan menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Gagal jantung menjadi salah satu masalah yang ditimbulkan oleh hipertensi karena jantung dipaksa untuk memompa darah lebih kuat. Mengetahui cara pencegahan hipertensi menjadi salah satu cara terbaik agar tubuh tidak pernah terkena hipertensi.

Penyebab Seseorang Terkena Penyakit Hipertensi

Meski penyebab pasti seseorang terkena hipertensi belum diketahui secara pasti pada setiap orang, namun beberapa kondisi dapat memicu munculnya gangguan tekanan darah satu ini. Kondisi kesehatan seperti gangguan ginjal hingga gangguan pernapasan ketika tidur diduga menjadi salah satu peningkat faktor risiko hipertensi. 

Selain itu, ibu hamil sangat mungkin mengalami hipertensi karena jantung didorong untuk memompa darah lebih cepat. Orang-orang yang kecanduan alkohol dan juga narkoba sangat rentan terkena hipertensi. Faktor genetik juga diduga memiliki peran terhadap peningkatan risiko darah tinggi. 

Langkah Sehat untuk Mencegah Penyakit Hipertensi

Untuk dapat mencegah hipertensi sebenarnya ada beberapa pola hidup yang bisa kamu jalani mulai dari sekarang.

1. Mengonsumsi Bawang Putih

Bawang putih memiliki kemampuan yang sangat baik terhadap pelebaran pembuluh darah. Zat aktif allicin di dalam bawang putih memiliki peran dalam melemaskan pembuluh darah sehingga peredaran darah semakin lancar. Tatkala peredaran darah semakin lancar maka risiko tekanan darah tinggi pun menurun. kamu dapat memasukkan bawang putih dalam menu masakan sehari-hari.

2. Tidak Merokok

Rokok mengandung ribuan zat-zat beracun yang memiliki efek negatif bagi tubuh. Salah satu efek negatif dari zat-zat beracun dalam rokok adalah merangsang penyempitan arteri. Tatkala pembuluh darah arteri menyempit, maka risiko seseorang terkena stroke dan serangan jantung pun meningkat. Oleh karena itu sangat disarankan untuk berhenti merokok agar tubuh terhindar dari hipertensi. 

3. Mengkonsumsi Jamu Jahe

Minuman herbal jamu yang dibuat dari campuran jahe memiliki khasiat yang sangat baik untuk penderita hipertensi. Rempah-rempah jahe memiliki manfaat untuk mengontrol tekanan darah dalam tubuh sehingga tekanan darah akan bekerja normal. Jahe bekerja dengan cara mengendurkan otot pembuluh darah hingga memperbaiki sirkulasi darah di tubuh. Oleh karena itu konsumsi minuman jahe dalam bentuk wedang jahe atau jamu sangat disarankan bagi kamu yang memiliki risiko darah tinggi.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Obat Hipertensi: Mengobati dan Mencegah
Penyakit Hipertensi: Kenali Komplikasinya
7 Gaya Hidup Tidak Sehat Penyebab Diabetes Melitus

4. Rajin Berolahraga

Selain memperhatikan asupan makanan, salah satu cara terbaik untuk mencegah hipertensi adalah dengan menjalani gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat termasuk dengan cara rajin berolahraga. Berolahraga secara rutin akan melatih kemampuan jantung dalam memompa darah ke seluruh tubuh.

5. Mengonsumsi Ikan

Ikan terutama salmon dan tuna merupakan sumber terbaik omega 3 untuk tubuh kamu. Asam lemak omega 3 sendiri merupakan asam lemak yang memiliki khasiat untuk menurunkan tekanan darah. Meskipun efek penurunan tekanan darah dari asam lemak omega 3 tidak terlalu besar, namun bagi mereka yang ingin melakukan pencegahan sangat disarankan mengkonsumsi makanan sehat dari laut ini untuk mencegah hipertensi.

6. Mengurangi Konsumsi Garam

Garam yang dikonsumsi dalam jumlah berlebih memiliki efek terhadap peningkatan tekanan darah di tubuh. Garam yang termasuk di sini bukan hanya garam dapur yang ditambahkan dalam makanan, namun juga garam natrium di dalam makanan instan termasuk snack dan makanan kaleng. kamu disarankan untuk membatasi konsumsi garam tidak melebihi satu sendok teh untuk menghindari hipertensi.

7. Konsumsi Makanan Kaya Serat

Makanan kaya serat seperti sayur dan buah disarankan untuk membantu mencegah hipertensi. 

8. Membatasi Konsumsi Kafein

Kafein dalam jumlah berlebih berisiko meningkatkan risiko hipertensi. kamu disarankan untuk membatasi konsumsi kopi sebanyak maksimal empat cangkir saja setiap hari.

9. Menjaga Berat Badan

Seseorang dengan obesitas sangat berisiko mengalami serangan hipertensi karena jantung dipaksa bekerja sangat keras memompa darah keseluruh tubuh. Oleh karena itu jaga berat badan tubuh tetap ideal.

Itulah beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk mencegah hipertensi. Jika kamu mengidap hipertensi, segera konsultasi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan terbaik. Ingin tahu informasi kesehatan lainnya? Simak selengkapnya hanya di Ngovee.

Untuk berlangganan obat hipertensi setiap bulannya, tebus resepmu di Lifepack.

Diedit oleh: Aileen Velishya