Ini Dia Penyebab Kolesterol Tinggi Selain Makanan

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Penyakit kolesterol tinggi ternyata tak selalu berasal dari makanan. Ada banyak penyebab kolesterol tinggi selain makanan yang perlu Anda ketahui untuk bisa menghindarinya agar tubuh tetap sehat dan kadar kolesterol terjaga dengan baik. Kadar kolesterol yang normal akan sangat berperan untuk membantu organ tubuh berfungsi dengan baik.

Namun jika kadar kolesterol dalam darah tak normal maka akan beresiko pada munculnya penyakit kardiovaskular yang beresiko ringan hingga fatal seperti kematian. Untuk itu sangat penting untuk mengetahui faktor apa saja yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi dalam tubuh.

Ketahui Faktor Yang Mempengaruhi Kolesterol Tinggi Selain Makanan

Mengetahui beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan kadar kolesterol dalam tubuh menjadi tinggi berguna agar supaya kita bisa mengubah gaya hidup dan pola makan menjadi lebih sehat. Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab kolesterol tinggi selain dari faktor makanan yang dikonsumsi.

· Faktor genetik

Ketika seseorang sudah mengidap penyakit kolesterol tinggi ternyata lebih berpeluang untuk menurunkan penyakit tersebut pada keturunannya. Untuk itu perlu dilakukan cek kadar kolesterol dari sejak usia dini untuk bisa menghindari terjadinya komplikasi jantung. Sering kali gejala tak disadari atau diketahui oleh penderita sehingga berakibat pada resiko yang fatal akibatnya.

· Usia dan jenis kelamin

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat, resiko seseorang untuk mengalami peningkatan kadar kolesterol bisa terjadi ketika seorang laki-laki berusia 45 tahun. Sedangkan pada wanita, resiko tersebut akan dialami pada usia 55 tahun. Hal ini menjadi penyebab kolesterol tinggi selain makanan yang kedua.

· Kegemukan

Meningkatnya berat badan secara drastis juga bisa menjadi pertanda kadar kolesterol dalam tubuh meningkat. Kegemukan bisa terjadi ketika tubuh menerima kalori berlebih yang kemudian akan diubah menjadi lemak yang  disimpan dalam tubuh. Segera turunkan berat badan dengan cara melakukan diet sehat.

· Kurang gerak

Tubuh akan mengalami kondisi kolesterol tinggi akibat tubuh kurang banyak bergerak. Kebanyakan masyarakat di masa kini lebih banyak menghabiskan waktu dengan duduk di depan komputer, televisi dan HP. Melakukan gerakan  atau berolahraga sekitar 30 menit lamanya bisa membantu Anda untuk menurunkan kolesterol jahat serta menaikkan kadar kolesterol baik  dengan efektif. 

Lakukan Hal Berikut Agar Supaya Tubuh Bebas Kolesterol

Selain berusaha untuk menghindari beberapa jenis makanan yang menyebabkan kolesterol, Anda juga bisa melakukan beberapa hal berikut dengan tujuan memiliki tubuh yang sehat sekaligus bebas dari kolesterol yang membahayakan kesehatan. Di antaranya adalah dengan melakukan olahraga secara rutin.

Pilih saja jenis olahraga yang ringan namun bisa dilakukan secara rutin setiap harinya. Seperti senam, jogging atau bersepeda. Kemudian Anda juga bisa melakukan diet sehat untuk menurunkan berat badan berlebih dengan aman. Diet yang sehat adalah yang dilakukan dengan tetap memperhatikan kebutuhan tubuh pada normalnya.

“Idealnya, kita melakukan olahraga yang berjenis aerobik intensitas sedang minimal 30 menit sehari, minimal lima hari seminggu” tambah dr. Irma Lidia, tim dokter Jovee.

Ubah gaya hidup Anda dengan berhenti minum minuman keras dan merokok yang menjadi faktor penyebab kadar kolesterol dalam darah Anda menumpuk dalam jumlah banyak. Selain itu hindari begadang dan menjalani gaya hidup tak sehat lainnya. Itulah beberapa penyebab kolesterol tinggi selain makanan yang perlu Anda ketahui agar supaya bisa menghindarinya dengan baik. 

Penasaran tentang penyebab lainnya dari kolesterol tinggi selain dari makanan? Simak info lebih lengkapnya  hanya di Ngovee. Download aplikasi Ngovee melalui Google Play Store maupun App Store yang terdapat di ponsel android Anda. Dapatkan suplemen berkualitas terbaik hanya dari Ngovee.