Ketahui Berbagai Penyebab Perut Terasa Panas

Ditinjau oleh: dr. Denny Archiando

Mungkin sebagian besar orang pernah mengalami kondisi dimana perut terasa panas ini. Ada beragam hal yang dapat menyebabkan perut Anda tiba-tiba terasa panas. Salah satu penyebab perut terasa panas itu bisa muncul seperti pada saat Anda mengalami penyakit asam lambung atau yang dalam bahasa medis dikenal dengan Gastroesophageal Reflux Disease (GERD).

Tak hanya itu, ada juga sejumlah gejala lain seperti nyeri perut yang penyebabnya seringkali tidak diketahui secara pasti atau yang biasa dinamakan dengan dispepsia. Nyeri perut jika terjadi dalam waktu yang lama pastinya akan membuat perut Anda sangat terasa sakit dan nantinya akan timbul rasa panas yang luar biasa terutama di sekitar bagian pinggang.

Apa Saja Penyebab Perut Terasa Panas Ini?

Perut merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Pasalnya, perut ini merupakan tempat dimana sistem pencernaan tiap manusia berada. Maka dari itu, Anda harus senantiasa menjaga kondisinya supaya bisa berfungsi dengan baik dan optimal. 

Jika hal ini sudah terjadi, Anda perlu mengenali beberapa hal yang dapat menjadi penyebab dari perut terasa panas. Tak hanya itu,  Anda pun juga wajib untuk mencari tahu cara untuk menangani perut yang terasa apalagi jika terjadi secara tiba-tiba. Biasanya, perut yang terasa panas adalah salah satu gejala dari gangguan pencernaan yang dipicu oleh banyak faktor. 

Faktor penyebab perut panas yang paling sering terjadi adalah adanya refluks asam lambung. Penyakit yang juga dikenal dengan GERD tersebut adalah kondisi dimana naiknya asam lambung hingga ke kerongkongan. Refluks ini juga dapat menyebabkan terjadinya iritasi pada kerongkongan Anda, sehingga nantinya akan terasa seperti ada yang mengganjal di dada bahkan sampai membuat Anda mengalami mual dan mutah.

Faktor lain yang dapat memicu perut terasa panas adalah pola makan yang tidak teratur seperti sering mengonsumsi makanan manis, makanan pedas, makanan tinggi kafein dan juga minuman beralkohol. Kebiasaan buruk seperti merokok hingga mengalami obesitas pun juga dapat memicu terjadinya perut yang terasa panas.

Adakah Penyakit yang Memicu Perut Menjadi Panas?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dispepsia dapat membuat perut Anda terasa panas. Gejala dari penyakit ini sendiri seperti perut kembung, mual, sering bersendawa, serta rasa tidak nyaman atau terasa nyeri pada perut bagian atas. Kebiasaan pola hidup yang kurang sehat pun juga dapat menyebabkan Anda mengalami risiko terkena dispepsia yang besar.

Ilustrasi: Perut Terasa Panas

Segera periksakan diri ke dokter apabila gejala ini terus berlanjut dan Anda rasakan. Apalagi, jika gejala yang Anda rasakan ini juga disertai dengan gejala lain seperti feses yang berwarna gelap atau kehitaman, mengalami sesak napas, batuk disertai darah, serta rasa nyeri yang menjalar ke area rahang, leher atau lengan.

Berikutnya ada GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease. GERD dapat terjadi ketika cincin otot bagian paling bawah di kerongkongan tidak menutup dengan sempurna setelah makanan masuk ke dalam lambung. Akibatnya, asam lambung pun terkadang akan naik bersama dengan makanan menuju ke kerongkongan dan hal ini yang menimbulkan perut terasa panas.

Orang yang menderita GERD biasanya akan mengalami beberapa gejala seperti perut yang terasa seperti terbakar atau perih ketika sedang berbaring, lalu mengalami batuk kering yang disertai sesak nafas, merasa mudah kenyang, serta sering bersendawa dan mengalami mual lalu muntah. Terkadang, mulut penderita pun juga akan terasa asam.

Lalu ada penyakit gastritis yang dapat disebabkan oleh adanya bakteri Helicobacter pylori yang menyerang lambung Anda. Bakteri ini sendiri nantinya dapat merusak lapisan pelindung dinding lambung. Akibatnya, lambung akan mudah mengalami iritasi karena asam lambung, yang dapat memicu terjadinya peradangan. 

Menurut dr. Denny Archiando, tim dokter Jovee, “Banyak orang menganggap enteng keluhan perut yang terasa panas sehingga merasa tidak perlu diobati. Iritasi lambung yang terus menerus dan berulang akan menyebabkan komplikasi yang serius, seperti perdarahan, bahkan dapat menyebabkan kanker pada lambung.”

Bagaimana Cara Mengatasi Perut yang Terasa Panas?

Agar tidak sering mengalami perut yang terasa panas ini, ada beberapa cara mengatasi perut panas, salah satunya Anda sangat disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat. Anda bisa memulai untuk menurunkan berat badan jika dirasa mengalami kegemukan atau obesitas. Sebisa mungkin hindari merokok dan rutin berolahraga.

Usahakan pula untuk tidak mengonsumsi makanan pedas, asam, serta makanan yang berbahan dasar dari tomat, bawang, mint, kopi dan cokelat. Sebagai gantinya, Anda lebih disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lebih hambar seperti nasi merah, jagung atau biskuit. Makan dalam porsi kecil dan tidak berlebihan agar perut Anda tidak terasa panas lagi.

Hindari pula berbagai hal yang dapat membuat Anda mengalami stres yang berlebihan. Untuk membantu Anda agar menjadi lebih rileks, Anda pun bisa mencoba untuk membiasakan melakukan teknik meditasi seperti yoga atau tai chi. Keduanya cukup ampuh untuk mencegah dan mengurangi tingkat stres yang Anda rasakan.

Itulah beberapa informasi kesehatan terkait penyebab serta cara mengatasi perut terasa panas yang bisa Anda lakukan. Nah, Anda bisa pula mengonsumsi suplemen kunyit untuk membantu meredakan nyeri dan rasa panas yang dialami saat asam lambung naik. Tetapi ingatlah untuk selalu konsultasi dengan dokter atau ahli gizi sebelum mengonsumsi suplemen apapun. Tujuannya adalah mengetahui dosis yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi Anda.

Dapatkan vitamin terbaik hanya dari Jovee. Untuk mendapatkan vitamin harianmu, kunjungi Jovee Official Shop di Shopee. Anda juga bisa mengunduh aplikasi Jovee. Jovee adalah aplikasi yang dapat merekomendasikan suplemen sesuai dengan kebutuhan personal. Aplikasi Jovee tersedia melalui Google Play Store maupun App Store.