Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Bibir Bengkak Berikut Ini

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia
Bibir menjadi bengkak secara tiba-tiba? Kenali beragam penyebab bibir bengkak untuk mengetahui cara menangani yang tepat. Bibir yang membengkak secara mendadak dapat menjadi indikasi penyakit tertentu, meskipun tidak membahayakan tetapi bibir yang membengkak dapat mengganggu penampilan.

Penyebab Bibir Menjadi Bengkak

Penyebab bibir menjadi bengkak perlu diketahui dan dikenali agar dapat menentukan penanganan yang tepat. Sebelum mengetahui faktor penyebabnya, hindari mengoles obat apa pun ke bagian bibir, karena dapat beresiko pembengkakan yang semakin parah. Bibir yang menebal hingga bengkak dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti berikut ini :

  • Angioedema

Angioedema adalah kondisi dimana jaringan bawah kulit mengalami pembengkakan. Hal ini dapat dipicu oleh obat-obatan tertentu seperti antibiotic, morfin, kodein, serta NSAID. Angioedema adalah salah satu bentuk reaksi alergi pada bibir yang disebabkan oleh makanan ataupun bulu binatang tertentu. Pembengkakan bibir akibat angioedema dapat terjadi selama 24 hingga 48 jam.

  • Cedera

Cedera akibat benturan keras pada bagian bibir juga dapat menjadi faktor penyebab bibir bengkak. Hal tersebut dikarenakan adanya pendarahan internal pada bagian dalam bibir sehingga bibir menjadi bengkak. Segera lakukan pertolongan pertama pada bibir menjadi bengkak dengan mengompreskan air dingin agar rasa sakit dapat berkurang.

  • Cheilitis Glandularis

Peradangan bibir kerap menimbulkan bibir menjadi bengkak dikenal dengan nama medis yaitu chelitis glandularis. Peradangan ini diakibatkan oleh kelenjar ludah minor yang mengeluarkan saliva kental. Berdasarkan penelitian, kondisi peradangan bibir umumnya menyerang pria lebih banyak di banding wanita.

Cara Mengatasi Bibir Membengkak Secara Aman

Bibir yang membengkak sangat mengganggu penampilan sehingga perlu segera ditangani. Apabila Anda tidak memiliki waktu untuk ke dokter, maka Anda dapat melakukan beberapa cara mengatasi bibir yang membengkak secara alami seperti berikut ini:

  • Kompres es

Mengompres bibir menggunakan air es dapat mengurangi pembengkakan dan mengurangi rasa sakit. Sebaiknya gunakan alat kompres yang banyak dijual di apotek untuk menghindari paparan es secara langsung ke area kulit maupun bibir yang bengkak.

  • Oleskan lidah buaya

Anda dapat mengoleskan bibir yang bengkak menggunakan gel lidah buaya. Tanaman lidah buaya memiliki kandungan anti peradangan sehingga dapat mengurangi pembengkakan pada bibir. Sebelum digunakan lebih baik meletakkan gel lidah buaya ke dalam kulkas selama 15 menit sehingga dapat memberikan efek dingin ketika diaplikasikan pada area kulit.

  • Jaga kelembaban bibir

Bibir kering akan memperparah pembengkakan pada area bibir, oleh karena itu sebaiknya gunakan lip balm atau pelembab bibir untuk menjaga bibir tetap lembab dan terhindar dari bibir kering. Gel lidah buaya juga dapat digunakan untuk melembabkan bibir dan mencegah bibir menjadi kering.

·         Konsumsi makanan lembut

Agar bibir tidak menjadi lebih parah saat bengkak, sebaiknya konsumsi makanan yang lembut. Dokter sangat menganjurkan pasien dengan bibir bengkak untuk mengonsumsi makanan lembut seperti bubur dan oatmeal selama 2 sampai 3 hari hingga bibir kembali normal atau hingga pembengkakan pada bibir telah berkurang.

Tim dokter Jovee, dr. Irma Lidia menambahkan “Penanganan bibir bengkak sebaiknya disesuaikan dengan penyebabnya. Jika angioedema terjadi karena alergi makanan atau obat-obatan tertentu, maka segera hindari pencetus. Namun bila reaksinya alerginya berat sebaiknya segera ditangani oleh ahlinya.”

Ingin tahu informasi selengkapnya? Unduh aplikasi Ngovee melalui Google Playstore maupun Appstore dan dapatkan informasi seputar kesehatan lainnya.