Mengenal Obat Asam Urat Alami
Dr. Fala Adinda

Kadar asam urat yang tinggi memang membutuhkan pengobatan dari dokter. Tetapi, Anda bukan hanya harus mengkonsumsi obat dari dokter saja. Untuk mendukung pengobatan tersebut, terdapat beberapa obat asam urat alami yang dapat dicoba di rumah. Penyakit asam urat merupakan salah satu peradangan sendi.

Penyakit asam urat sebenarnya bisa muncul dengan tiba-tiba dan akan menyebabkan rasa nyeri dan pembengkakan sendi. Asam urat bisa menyerang sendi mana pun di dalam tubuh. tetapi, kondisi ini sering terjadi di sendi bagian ujung jari serta jari tangan. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab munculnya asam urat seperti mengkonsumsi makanan yang memiliki kadar purin tinggi seperti makanan laut, daging merah, jeroan dan gangguan metabolisme.

Bahaya Asam Urat

Jika tidak segera mendapatkan penanganan, berikut bahaya asam urat yang dapat terjadi, antara lain:

1. Tophi

Jika asam urat tidak segera diobati, nantinya akan terjadi penumpukan kristal di bawah kulit dan akhirnya membentuk benjolan kecil yang disebut dengan tophi. Dalam tophi ini biasanya terdapat cairan yang mirip dengan pasta gigi. Biasanya, tophi muncul di lengan, ibu jari, siku, jari tangan dan telinga. Saat serangan asam urat ini datang, tophi akan meradang dan terasa begitu menyakitkan.

2. Kerusakan sendi

Kerusakan sendi juga menjadi bahaya asam urat yang membayangi. Kondisi tersebut terjadi ketika asam urat di dalam darah tidak lagi bisa dikontrol, sehingga jaringan sendi menjadi rusak permanen. 

3. Batu ginjal

Penyakit batu ginjal dapat menjadi momok yang menakutkan bila asam urat dibiarkan begitu saja. ketika kadar asam urat di dalam tubuh tinggi, semakin lama akan terbentuk batu ginjal. Bila terus menerus dibiarkan, penumpukan tersebut akan mengganggu fungsi ginjal dan akhirnya menjadi penyebab gagal ginjal.

4. Diabetes

Bukan hanya kadar gula tinggi saja yang dapat menjadi penyebab diabetes, namun asam urat juga ditengarai menjadi penyebabnya. Sejumlah penelitian menyebutkan bila tingginya kadar asam urat dalam darah dapat meningkatkan risiko diabetes. 

5. Jantung koroner

Tingginya asam urat juga berkaitan erat dengan penyakit jantung koroner. Kondisi ini terjadi karena penyumbatan kristal asam urat di dalam pembuluh darah kemudian dibawa darah.

– – – – – – Editorial Pick – – – – – –
Tangkal Corona dengan Suplemen Echinacea dan Noni
Coronavirus: Cara Cuci Tangan Yang Baik dan Benar
Mencegah Coronavirus: Jenis Masker Yang Dapat Kamu Pakai

Obat Asam Urat Secara Alami

Walaupun asam urat tidak bisa disembuhkan, namun penyakit ini bisa dikendalikan, asalkan dengan penanganan yang tepat. Untuk menangani penyakit asam urat, pemberian berbagai obat bisa dijadikan sebagai pilihan. Pemberian obat tersebut bertujuan meredakan gejala serta mencegah risiko asam urat ini kambuh kembali.

Biasanya, jenis obat yang diresepkan oleh dokter ialah antiinflamasi non steroid. Tak hanya itu, dokter juga memberi obat agar bisa mengurangi kadar asam urat tinggi. Penderita penyakit asam urat juga dianjurkan memiliki pola hidup yang sehat seperti menurunkan berat badan jika terjadi obesitas dan rutin melakukan olahraga. 

Sebenarnya, selain dengan mengkonsumsi obat-obatan, ada beberapa obat alami asam urat yang bisa dijadikan sebagai pilihan, antara lain:

1. Sayur dan buah

Banyak studi menunjukkan bila sayur dan buah dengan kandungan vitamin C bisa mengurangi kadar asam urat di dalam tubuh. Biasanya, jenis buah yang direkomendasikan adalah buah kiwi, jeruk, nanas, semangka dan pepaya. Sedangkan sayuran yang direkomendasikan seperti kol, brokoli, kentang, paprika dan tomat.

2. Kopi 

Obat berikutnya adalah kopi. Meskipun hingga sekarang ini khasiat kopi masih teliti, namun kopi diketahui mempunyai kandungan mineral, kafein, dan polifenol sehingga bisa meningkatkan metabolisme purin menjadi asam urat serta meningkatkan proses pembuangan asam urat.

Hal tersebut juga bisa mencegah asam urat mengendap serta merusak tulang sendi. Oleh sebab itu, konsumsi kopi menjadi obat alami yang bisa mengurangi asam urat di dalam darah. Namun, bila Anda mempunyai riwayat maag serta penyakit asam lambung, lebih baik batasi pengonsumsiannya.

3. Jahe

Jahe menjadi tanaman yang banyak digunakan untuk menambah rasa masakan. Namun siapa yang menyangka jika jahe memiliki begitu banyak khasiat untuk mengatasi masalah kesehatan. salah satu manfaat pengkonsumsian jahe ialah obat asam urat. Jahe mempunyai kandungan anti radang, sehingga bumbu dapur ini dipercaya meringankan rasa nyeri serta rasa tidak nyaman akibat asam urat.

Untuk memanfaatkan jahe sebagai obat asam urat, Anda bisa mencampurkan sesendok jahe parut ke air hangat, kompres bagian tubuh yang mengalami asam urat menggunakan handuk atau kain yang telah direndam dengan air. Kompres selama 15 menit. Selain menggunakannya sebagai alat kompres, Anda juga dapat mengkonsumsi jahe 2 gelas per hari untuk mengurangi rasa nyeri akibat asam urat. 

4. Air putih

Tak hanya untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh, ternyata kunyit juga sangat baik untuk membuang kelebihan asam urat dalam tubuh. Dengan memperbanyak pengkonsumsian air putih, urine akan menjadi lebih banyak dan asam urat akan lebih banyak terbuang dari tubuh.

Mengatasi asam urat memang sepintas mudah, namun selain mengatasi asam urat, Anda juga harus tetap menjaga kesehatan tubuh. salah satu caranya dengan mengkonsumsi suplemen. Instal aplikasi Jovee, di sana Anda akan memperoleh rekomendasi suplemen yang sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Untuk informasi kesehatan lainnya, daftarkan email kamu di newsletter Ngovee sekarang.

Diedit oleh: Aileen Velishya