Obat Demam Yang Baik

Ditinjau oleh: dr. Irma Lidia

Demam adalah satu kondisi yang sangat sering dialami oleh banyak orang, dan sebenarnya tidak terlalu berbahaya pada suhu tertentu. Namun bila demam semakin tinggi maka diperlukan obat demam yang tepat dan baik supaya demam bisa segera turun. Demam yang terlalu tinggi sangatlah tidak baik karena dapat merusak fungsi otak terutama pada anak-anak atau bayi. Jadi penggunaan obat untuk mengobati demam sangat disarankan dalam kondisi tertentu, mari kita pelajari lebih dalam.

Penanganan Pertama Pada Demam

Jika terkena demam sebaiknya jangan terlalu terburu-buru untuk segera memberikan obat karena ada beberapa hal yang harus dilihat terlebih dahulu. Hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat jenis demam tersebut, jangan langsung memberikan obat untuk menurunkan panas ketika mulai merasa demam. Hal ini mungkin terlihat efektif, akan tetapi jika digunakan dalam jangka waktu yang lama tentu hal itu akan sangat berbahaya bagi tubuh. Oleh karena itulah kita perlu tahu apa saja penanganan pertama yang bisa dilakukan pada saat mengalami demam.

Pada saat terkena demam, kita harus pastikan berapa suhu tubuhnya. Apabila telah melebihi 40 derajat, maka mungkin harus segera diatasi untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Pada saat suhu sudah mencapai 40 derajat atau bahkan lebih, tentu obat akan sangat diperlukan karena hal ini dapat mengganggu fungsi otak dalam bekerja. Namun jika suhu belum cukup tinggi, cobalah untuk menanganinya sendiri dengan memperbanyak minum air putih. Selain itu hindari penggunaan baju berlapis agar suhu tubuh lebih cepat menurun dan tidak semakin panas.

Obat Untuk Demam

Apabila sudah diatasi sendiri tetapi demam tetap naik, maka diperlukan penggunaan obat untuk membantu penurunan panasnya. Ada beberapa obat yang bisa kita pakai untuk mengatasi demam yang bisa dibilang cukup efektif dan efisien. Namun perlu kami ingatkan bahwa penggunaan obat perlu dilihat lebih jeli mengenai demam yang dialami itu seperti apa. Berikut ini beberapa obat demam yang biasa dikonsumsi dan bisa dijadikan pilihan untuk bisa menurunkan panas pada anak.

1.     Paracetamol

Salah satu obat yang bisa menangani panas ataupun demam dan juga gejala lainnya adalah dengan obat Paracetamol. Dengan Paracetamol panas tubuh ataupun demam bisa diatasi dengan cepat dan juga beberapa gejala lain seperti pusing ataupun nyeri. Paracetamol sendiri tersedia mulai dari tablet dan juga sirup, selain itu juga tersedia untuk anak dan juga untuk dewasa. Gunakan Paracetamol anak untuk anak dan juga Paracetamol dewasa untuk dewasa, jangan asal dalam memberikan obat.

2.     Ibuprofen

Obat berikutnya yang bisa dikonsumsi juga adalah Ibuprofen. Obat ini bisa meredakan panas dan juga meredakan nyeri. Biasanya dengan obat ini kita bisa meredakan nyeri sakit gigi, sakit kepala, bahkan sampai nyeri pada saat haid. Penggunaan Ibuprofen ini sebenarnya untuk menekan zat yang bisa mengakibatkan peradangan.

3.     Aspirin

Aspirin pada dasarnya digunakan untuk meredakan panas dan juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri di dalam tubuh. Selain itu ini juga bisa mengatasi penggumpalan darah yang biasa terjadi pasca operasi, sehingga obat ini biasanya digunakan juga setelah operasi. Obat demam ini tidak cocok untuk digunakan anak-anak di bawah umur 12 tahun ya.

Apabila demam tidak hilang dengan minum obat penurun panas, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Ingin mengetahui informasi kesehatan terpercaya? Daftarkan email Anda di Ngovee. Untuk mendapatkan suplemen dan vitamin spesial buat Anda, unduh juga aplikasi Jovee. Tersedia di Google Play Store dan App Store. Dapatkan vitamin personal, dari A ke Z(inc), hanya di Jovee.